Brilio.net - Liburan adalah sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua kalangan. Bagi para mahasiswa, tentu ini adalah saat yang paling menyenangkan setelah digempur oleh tugas-tugas perkuliahan. Bepergian ke luar daerah dan menjauh dari hiruk pikuk kota adalah perlu. Terlebih bersama teman-teman seperjuangan.

Mahasiswa akhir tentu mempunyai banyak waktu untuk dapat bersenang-senang meskipun dihantui dengan target tugas akhir. Tapi, ada beberapa alasan mengapa kamu harus pergi liburan bersama teman-teman di sisa waktu perkuliahan.

1. Belajar mengatur keuangan bersama.

Liburan teman © Beragam sumber

foto: ringgitplus.com

Memasuki usia dewasa, tentu ingin belajar bagaimana mengatur keuangan. Demi tidak membebani orang tua, kamu bisa menabung dari sisa uang jajan untuk liburan. Tiga bulan tidak makan mewah kadang niat dijalani bareng teman liburan. Supaya merasakan perjuangan yang sama.

2. Membangkitkan Mood.

Liburan teman © Beragam sumber

foto: travelwithamate.com

Lulus itu harus, stres itu jangan. Berkutat pada tugas akhir demi target lulus tidak perlu mengorbankan waktu untuk bersenang-senang. Jika masih memiliki teman seperjuangan, cobalah untuk keluar sebentar dari kesibukan skripsi. Liburan akan membuatmu rileks dan membangkitkan mood untuk menuntaskan studi.

3. Mengetahui sifat asli teman.

Liburan teman © Beragam sumber

foto: pinetribe.com

Hal ini kerap terjadi di sela-sela liburan. Sesuatu yang tidak kamu ketahui sebelumnya dari temanmu tiba-tiba akan terkuak. Kegilaan hingga kebiasaan teman terlihat tanpa ada pencitraan. Kebiasaan tidur mendengkur, bangun kesiangan, hingga jarang mandi terkadang bakal kamu temui.

4. Belajar bertahan hidup.

Liburan teman © Beragam sumber

foto: frontieradriatic.com

Untuk mahasiswa rumahan, belajarlah bertahan hidup dari anak kost yang sudah biasa mengalaminya. Liburan bersama akan membuat kalian ‘susah’ bersama-sama dan belajar saling bahu membahu di antara kelebihan dan kekurangan masing-masing.

5. Mengakrabkan diri.

Liburan teman © Beragam sumber

foto: huffingtonpost.com

Liburan bersama bukan hanya soal bersenang-senang, tapi juga mengakrabkan diri. Kebiasaan asli teman bisa menjadi bahan candaan dan memunculkan kenangan di masa liburan. Berpikir ‘this is our last trip’, supaya nggak menyia-nyiakan waktu liburan bersama. Kalian nggak akan pernah tahu kapan bisa kumpul lagi buat liburan di tengah kesibukan masing-masing.

Jadi, udah siap angkat backpack bareng teman-temanmu? (mgg/dimas satria putra)