Brilio.net - Ada ungkapan "Selama manusia hidup, masalah akan terus muncul". Ungkapan tersebut mungkin mengisyaratkan bahwa setiap manusia pasti memiliki masalah. Baik masalah yang terlihat maupun tidak, kecil ataupun besar. Namun tetap saja, masalah adalah suatu keadaan yang menuntut penyelesaian. Karena itulah, ada banyak jalan yang ditempuh tiap individu untuk menyelesaikan masalahnya.

Meski demikian, dalam proses menangani masalah, kita mungkin akan dihadapkan pada kondisi yang tidak baik. Hal-hal seperti stres, depresi, atau putus asa, bisa datang kapan saja. Sebab itu, seseorang biasanya mencari cara bagaimana mendapatkan motivasi. Kata motivasi pada dasarnya berarti dorongan yang akan menyebabkan manusia melakukan hal tertentu untuk mencapai tujuannya.

Sedangkan dalam perspektif Islam, motivasi cenderung diartikan sebagai dorongan untuk berusaha dan meminta pada Allah untuk mengubah keadaannya. Seperti dalam surah Ar Rad ayat 11, "Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri"

Kadangkala kita memang membutuhkan motivasi untuk membangkitkan semangat. Membaca kutipan-kutipan berisi kata-kata motivasi islami mungkin akan sangat membantu. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/10) 40 kata-kata motivasi islami, inspirasi dan penuh makna.

Kata kata motivasi dalam Alquran

Loading...

motivasi islami istimewa

foto: pixabay.com

1. "Dan berikanlah berita gembira kepada orang orang yang sabar, yaitu yang ketika ditimpa musibah mereka mengucapkan : sungguh kita semua ini milik Allah dan sungguh kepadaNya lah kita kembali." (Al Baqarah: 155-156)

2. "Hendaknya mereka memenuhi perintahKu dan hendaklah mereka yakin kepadaKu agar selalu berada dalam kebenaran." (Al Baqarah: 186)

3. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." (Al Baqarah:216)

4. "Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya." (Al Baqarah: 286)

5. "Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (Ali Imron 139)

6. "Bersabarlah kamu dan kuatkkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu menang." (Ali Imron: 200)

7. "Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus dari rahmat Allah melainkan orang orang yang kufur." (Yusuf: 87)

8. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (Al Isyirah:5)

9. "Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu berharap." (Al Insyiroh:8)

10. "Berdoalah kepada ku pastilah aku kabulkan untukmu." (Al Mukmin: 60)

11. "Sesungguhnya Allah bebas melaksanakan kehendakNya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu menurut takarannya." (Ath Thalaq: 3)

12. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." (At Taubah: 40)

13. "Bekerjalah kamu, maka Allah dan rasulNya serta orang orang mukmin akan melihat pekerjaan mu itu dan kamu akan dikembalikan kepada Allah lalu diberitakan kepadaNya apa yang telah kamu kerjakan." (At Taubah: 105)

14. "Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepadaNya aku bertawakal." (At Taubah: 129)

15. "Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Allah dengan hati yang puas, maka masuklah ke dalam rombongan hamba hamba Ku dan kemudian masuklah ke surga Ku." (Al Fajr: 27-30)

Kata-kata motivasi dalam Hadits

motivasi islami istimewa

foto:instagram/hadits.co

16. "Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya." (HR Bukhari dan Muslim)

17. "Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan." (HR Tirmidzi)

18. "Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu." (HR Muslim)

19. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok." (HR Ibnu Asakir)

20. "Manfaatkanlah lima hal sebelum datangnya lima hal; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu." (HR Ibnu Abi Dunya)

21. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." (HR Muslim)

22. "Siapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala sebanyak yang didapat oleh yang mengerjakannya." (HR Muslim)

23. "Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu kitabullah (Alquran) dan sunah Rasulullah SAW." (HR Muslim)

24. "Orang yang paling berat cobaannya adalah para Nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya." (HR Tirmidzi)

Kata kata motivasi islami dari sahabat Nabi

motivasi islami istimewa

foto:instagram/quotes_alibinabithalib

25. "Jika kamu mengharapkan berkah dari Allah, maka bersikap baiklah kepada hamba-Nya." (Abu Bakar)

26. "Manusia tahu bahwa dirinya itu lemah, namun anehnya dia terus menerus tidak taat kepada Dia (Allah) Yang Maha Kuat." (Abu Bakar)

27. "Salah satu dosa terburuk adalah seseorang yang menganggap remeh dosanya." (Abu Bakar)

28. "Mau bersusah payah untuk menghilangkan penderitaan orang lain adalah esensi sejati dari kemurahan hati." (Abu Bakar)

29. "Jika engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu sendiri. Karena celamu lebih banyak darinya." (Umar bin Khatab)

30. "Orang yang banyak tertawa kurang wibawa. Orang yang suka menghina maka akan dihina. Orang yang akhirat lebih dicintainya, maka dunia akan menyertainya." (Umar bin Khattab)

31. "Didiklah anak-anakmu berlainan dengan keadaanmu sekarang. Mereka telah diciptakan Allah untuk zamannya bukan zaman engkau." (Umar bin Khattab)

32. "Di antara para pendosa, yang paling buruk adalah dia yang meluangkan waktunya untuk membahas kesalahan orang lain." (Utsman bin Affan)

33. "Ada empat hal yang tidak berguna, yaitu ilmu tanpa amal, kekayaan tanpa diiringi dengan berinfak di jalan Allah, kesalehan hanya untuk dipamerkan yaitu didorong oleh motivasi duniawi, dan umur panjang yang dihabiskan tanpa berbuat amal kebajikan." (Utsman bin Affan)

34. "Ambillah hikmah dan pelajaran dari kisah orang-orang terdahulu." (Utsman bin Affan)

35. "Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya." (Ali Bin Abi Thalib)

37. "Orang cantik tidak selalu baik, tapi orang baik selalu cantik." (Ali Bin Abi Thalib)

38. "Jangan biarkan kesulitan membuatmu gelisah, karena bagaimanapun juga hanya di malam yang paling gelaplah bintang-bintang tampak bersinar lebih terang." (Ali Bin Abi Thalib)

39. "Lepaskanlah segala sesuatu yang membuatmu stres dan sedih." (Ali Bin Abi Thalib)

40. "Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan." (Ali Bin Abi Thalib)

reporter: mgg/deta jauda

RECOMMENDED BY EDITOR