Brilio.net - Tidak diragukan lagi, para ahli Neuroscience mengatakan bahwa orang yang sangat kreatif itu berpikir dan bertindak berbeda dari kebanyakan orang. Secara harfiah, otak mereka tertanam dengan cara kerja yang unik. Tapi risikonya, mereka sering kali menjadi perusak hubungan sosial.

Buat kamu yang termasuk seorang memiliki teman orang yang sangat kreatif, mungkin kamu bakal mengalami saat-saat ketika mereka seakan hidup di dunia yang sama sekali berbeda dari kamu. Mereka, orang kreatif, memang begitu. Tetapi percuma berusaha untuk mengubah mereka karena mereka hanya bisa dipahami.

Nah, seperti apa sih tanda orang yang sangat kreatif? Ini dia ciri-cirinya sebagaimana dikutip brilio.net dari lifehack, Selasa (23/2).

1. Punya pikiran yang terus menurus bekerja

Nggak cuma ketika sedang di kelas atau di kantor, orang yang sangat kreatif tidak pernah berhenti berfikir. Entah memikirkan benda-benda di sekelilingnya, memikirkan berita-berita yang sedang hits, atau sedang memikirkan nasibnya sendiri. Paling tidak ketika diajak ngobrol, cara berfikir mereka benar-benar beda.

2. Selalu menantang orang yang telah mapan di posisi tertentu

Orang yang sangat kreatif lebih terkesan iri dengan orang-orang yang sudah mapan di posisi tertentu. Mereka akan terkesan sinis ketika kamu membicarakan orang dengan prestasi yang hebat. Seakan-akan mereka ingin mengalahkannya. Tapi, sinis bukan karena mereka tak mampu, melainkan mereka hanya malas. Ini justru sebenarnya menandakan bahwa mereka sangat kompetitif, tapi malas melakukannya.

3. Memercayai kejeniusannya

Orang yang sangat kreatif lebih suka hidup menjadi unik, tapi biasa aja dari pada menjadi biasa tapi terkenal. Mereka lebih mau hidup sebagai jati dirinya sendiri dan dengan kesuksesannya sendiri meskipun harus menerima pengasingan.

4. Susah untuk mapan dalam satu pekerjaan

Ya, orang yang sangat kreatif juga sangat mudah bosan. Mereka tidak bisa menggantungkan hidup dalam satu pekerjaan yang itu-itu saja. Bahkan mereka senantiasa tertarik untuk mencari tentangan baru ketika sudah merasa puas dengan pekerjaan yang ada.

5. Bikin siklus kerja sendiri

Jadwal kerja orang yang sangat kreatif tidak hanya dalam siklus seperti kebanyakan karyawan atau pelajar. Mereka lebih suka menentukan sendiri jadwal kerjanya.

6. Punya agenda untuk me time

Tidak bisa dihalangi lagi ketika orang yang sangat kreatif butuh waktu untuk sendiri. Sebab mereka butuh waktu sendiri untuk berfikir secara jernih dalam fase-fase tertentu.

7. Butuh ruang untuk berkreasi

Orang yang sangat kreatif butuh ruang untuk berkreasi. Ruang yang dimaksud adalah keleluasaan untuk bekerja tanpa intervensi dan campur tangan orang lain. Di sinilah mereka akan terkesan seolah-olah hidup di dunia yang berbeda dengan kamu.

8. Mampu fokus secara intens

Seberapapun berat pekerjaan yang sedang dilakukan, orang yang sangat kreatif tetap mampu untuk menjaga konsentrasi. Walaupun mereka sampai tidak tidur nyenyak dalam beberapa hari. Tapi sekali mereka terganggu fokusnya, butuh beberapa waktu lagi untuk kembali fokus.

9. Perasaannya dalam

Saat jatuh cinta, orang yang sangat kreatif begitu dalam meresapi perasaannya. Mereka tidak henti-hentinya memuja-muji dan beromansa dengan kekasihnya. Walau sudah bertahun-tahun berhubungan.

10. Hidup di antara kebahagiaan dan depresi

Walau tampak bahagia, orang yang sangat kreatif bisa jadi sedang bersedih. Begitupun sebaliknya. Hal ini karena mereka di satu sisi menikmati hidup dalam dunianya, tetapi di sisi lain mereka sedang dirudung keresahan akibat resiko yang mereka perbuat, seperti hubungan sosial atau finansial.

2 dari 2 halaman


11. Berpikir dan berbicara melalui cerita

Orang yang sangat kreatif pandai dalam bernarasi. Karena mereka berpikir dan berbicara melalui narasi. Karena pandai bernarasi, pasti mereka pandai berpuisi. Jadi kamu bisa sewaktu-waktu minta bikinin puisi dengan mudah ke mereka.

12. Selalu dirudung kekhawatiran tentang bertahan hidup

Sesukses apapun, bagi orang yang sangat kreatif kehawatiran untuk bertahan hidup masih senantiasi merudung. Pilihannya adalah berkompromi dengan kekhawatirannya, tapi bisa terus maju dan berkembang atau mengabaikan kehawatirannya dan hidup biasa saja.

13. Menganggap pekerjaan sebagai urusan personal

Ketika mendapat pekerjaan yang disukainya, orang yang sangat kreatif tidak pernah luput dari pekerjaan tersebut. Setiap saat, setiap waktu, mereka selalu terlihat sibuk dengan pekerjaannya tersebut.

14. Sulit menemukan titik kepercayaan diri

Tentang kepercayaan diri, orang yang sangat kreatif agak paradoks. Meskipun seolah-olah mereka terlihat percaya diri, tetapi dalam hatinya selalu bertanya-tanya 'apakah sudah bagus?'. Dan bum! semua orang terkesima dengan karyanya, walaupun mereka sendiri bingung bagian mana dari karyanya yang telah membuat orang terkesima.

15. Punya intuisi yang dalam

Orang yang sangat kreatif punya kepekaan intuitif yang tinggi. Mereka bisa memahami sesuatu dalam sekali penginderaan, yang mana kamu butuh beberapa kali penginderaan terhadap sesuatu tersebut.

16. Sering menunda-nunda pekerjaan

Karena orang yang sangat kreatif merasa selalu melakukan yang terbaik dan penuh tekanan ketika menyelesaikan pekerjaan, mereka akan bersantai untuk pekerjaan berikutnya. Mereka sadar, dan kadang-kadang sengaja, menunda pekerjaan mereka sampai menit-menit terakhir hanya untuk mengalami desakan dari tantangan pekerjaan berikutnya.

17. Kecanduan dengan hal-hal yang berbau kreatif

Impian orang yang sangat kreatif adalah berada di dalam situasi dan kondisi dimana mereka bebas mengerjakan karya apa saja yang mereka inginkan tanpa gangguan dan tanpa akhir. Artinya mereka sangat kecanduan untuk selalu berkarya dan berkarya dengan kreativitasnya.

18. Kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan sendiri

Dalam pekerjaan yang cukup populer atau cukup banyak dikerjakan orang, orang yang kreatif cenderung enggan dan malah menacari pekerjaan baru atau pengalaman baru.

19. Bisa menghubung-hubungkan titik lebih baik dari yang lain

Salah satu tanda paling mudah untuk mengenali orang yang sangat kreatif adalah dengan menantangnya menghubung-hubungkan beberapa titik menjadi beberapa pola.

20. Tidak bisa dewasa

Bagi orang yang sangat kreatif, hidup mereka penuh keheranan layaknya anak-anak. Mereka selalu menganggap hidup itu sebagai misteri, petualangan, dan semangat muda. Segala sesuatu yang lain meskipun dianggap ada, tapi tidak benar-banar hidup.