Brilio.net - Kamu pasti tahu bahwa komunikasi itu terdiri dari dua bentuk, verbal dan non verbal. Keduanya saling mendukung satu sama lain. Tapi bisa juga keduanya saling bertolak belakang, lho. Kok, bisa? Iya, semisal verbalmu bilang iya, tapi non verbal (bahasa tubuh) justru bilang nggak, ini namanya bertolak belakang.

Nah, ternyata bahasa non verbal bisa menunjukkan apa maksudmu sebenarnya, lho. Maka dari itu, jangan suka berbohong. Soalnya walaupun mulut bilang baik-baik aja, gestur itu nggak bisa menipu. Bahasa tubuh inilah yang merupakan sinyal tak sadar. Jadi, kalau sering nggak selaras antara sebenarnya dan yang kamu katakan, gesturmu akan menunjukkannya dan salah-salah bikin orang nggak percaya sama kamu.

BACA JUGA: 10 Tipe cewek jomblo di Indonesia, kamu pilih yang mana nih?

Sebagaimana dikutip brilio.net dari laman Inc, Minggu (29/5), ada 16 gestur tubuh yang bikin orang malas percaya sama kamu, lho. Apa aja? Cek, yuk!

1. Mendongakkan kepala dan mengangkat dagu menunjukkan tanda pembangkangan atau kesombongan. Bikin orang ilfeel sama kamu.

foto: bodylanguageproject.com


2. Mendengarkan tanpa membuat kontak mata menunjukkan kamu nggak tertarik dengan omongan orang lain. Inilah yang bikin orang balik malas berinteraksi sama kamu.

foto: youne.com


3. Menyentuh wajah selama mengobrol dengan orang lain menunjukkan kamu nggak sabaran dengan pembicaraan orang lain. Sekalipun kamu berpura-pura menggaruk hidung atau mengusap mata, tetap saja mengisyaratkan kamu nggak berselera mendengarkan ceritanya berlama-lama. Nggak heran orang langsung surut semangatnya berbagi sama kamu.

foto: traumaready.com


4. Mengangguk tapi bilang nggak atau menggeleng tapi bilang iya. Bingung, ya? Tapi ada lho, orang yang seperti ini. Hal ini bisa berarti mereka berniat kebalikan dari apa yang mereka katakan. Kamu pun jadi jengkel kan, sama orang seperti ini?

5. Meletakkan tangan di saku atau di belakang bisa saja menunjukkan kegugupan. Tapi ternyata juga bisa menunjukkan kamu nggak bisa dipercaya karena tampak memiliki sesuatu yang disembunyikan.

6. Membuat gerakan di bawah tubuh. Maksudnya semisal menyodorkan tangan, memberikan sesuatu, membungkuk, atau sejenisnya di area bawah pinggang atau lebih rendah, membuat orang lain sedikit kesal karena nggak bisa melihat mimik wajahmu dengan jelas. Soalnya orang umum sering melakukan gerakan tepat di depan tubuh atau sejajar dadanya.

foto: scienceofpeople.com


7. Meletakkan kedua tangan di depan area alat kelamin selain memberikan kesan tak sopan, juga menunjukkan tanda ketakutan. Ketakutan ini bisa jadi karena kamu menyembunyikan sesuatu. Hindari gestur ini terutama saat sedang bernegosiasi.

foto: scoopwhoop.com


8. Mengepalkan kedua tangan menunjukkan agresi atau superioritas. Bisa juga menunjukkan kamu adalah orang yang benar-benar tertutup. Kalau seperti ini terus, gebetan bisa lari, lho. Ups!

9. Nggak menggerakkan tangan sama sekali ketika berbicara dengan orang lain bisa menjadi indikasi kamu sedang berbohong. Posisi kaku seperti ini bisa mengesankan kamu khawatir sekalinya bergerak sedikit, kebohonganmu terbongkar. Duh!

Tempat dudukmu juga punya makna tersendiri lho. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


10. Bersedekap di depan dada, menyilangkan kaki, tubuh membungkuk, dan gerakan lain yang terkesan menutupi tubuhmu, menunjukkan kamu gugup atau malu. Bahkan bisa juga menjadi pertanda kamu sedang menyembunyikan sesuatu atau nggak senang terhadap lawan bicaramu.

foto: linkedin.com


11. Memegang sebuah benda di depanmu, bisa juga menunjukkan kamu tengah menutup diri, lho. Sederhananya misal ketika diajak mengobrol tapi kamu sibuk mengutak-atik HP, itu juga wujud ketidaksopanan, lho. Apalagi ketika diajak mengobrol akhirnya nggak nyambung.

12. Mengangkat satu bahu bisa menjadi pertanda kamu acuh tak acuh, kurang informasi, atau nggak bahagia. Selain itu bisa juga menunjukkan kamu sedang berbohong.

foto: ask.com


13. Kaku. Hampir mirip dengan poin posisi tangan tetap, tanpa banyak bergerak. Kalau poin ini mengarah ke keseluruhan anggota tubuh. Berdiam diri saja, bahkan tegang, menunjukkan kamu sedang berbohong. Hayooo...

14. Bersandar atau menjauh ketika diajak mengobrol orang lain bisa menandakan kamu keberatan atau malas dengannya. Kalau kamu sering melakukan ini, siap-siap orang akan malas balik kepadamu.

foto: indianapublicmedia.org


15. Bergerak menjauh dari lawan bicara menandakan kamu ingin segera mengakhiri obrolan dengan orang tersebut. Minimal, kamu mencoba membuat jarak dengan orang itu. Hal ini akan disayangkan kalau sering kamu lakukan, soalnya bikin orang merasa kamu nggak bisa dijadikan kawan dekat.

16. Duduk tepat di seberang orang lain menunjukkan posisi konfrontatif terhadap lawan bicaramu. Mungkin kamu bisa mengambil duduk di sudut 45 derajat dari arahnya duduk, atau lebih miring, supaya nggak berhadapan langsung. Cara ini menciptakan kesan kolaboratif dan nggak terlalu konfrontatif.

foto: westsidetoastmasters.com