Brilio.net - Waktu terus berjalan, dan kamu sudah tak berumur 17 tahun lagi. Bukan SMU, perkuliahan sudah menjadi jenjang studimu saat ini di umur 20-an awal. Banyak persepsi mengenai kepribadian seseorang di saat memasuki umur 20 tahun, di mana tonggak kedewasaan menjadi pertanyaan mendasar bagi sebagian orang.

Dewasa? Belum ada gambaran yang jelas. Seperti apakah berlaku dewasa, menjadi pribadi yang baik dan banyak tanda tanya lainnya yang harus dipecahkan.

Terutama ketika kamu yang akan menginjak umur 25 tahun, di mana usia ini banyak disebut sebagai masa yang tepat untuk berumah tangga misalnya, mengejar karier dan sebagainya. Banyak perasaan yang menggelayuti mereka saat memasuki jenjang umur ini dan hanya mereka yang tahu dan yang pernah mengalaminya.

Seperti apakah perasaan menjelang memasuki usia 25 tahun itu? Nah, brilio.net lansir dari lifehack 12 perasaan ini hanya dimengerti kamu yang mau beranjak 25 tahun. Rabu (13/4).

1. Harus bertanggung jawab pada diri sendiri dan lepas dari orangtua. Di mana selama ini hidup selalu diurus dan dibantu orangtua, dan kamu bingung bagaimana nanti jika sudah harus mandiri.



2. Mencoba untuk berani mengambil keputusan dan risiko demi menjadi lebih maju.



3. Mulai praktik sedikit ilmu yang dimiliki, baik dari pengalaman sehari-hari.



4. Mulai sadar tidak muda lagi.



5. Merasa bebas kapan pun mau pergi keluar di saat tengah malam.



6. Siap bekerja dan mendapatkan gaji, meskipun belum pernah ada pengalaman dunia kerja sebelumnya.

Ya, waktu berlalu begitu cepat ya. Dan kamu nggak menyadari bahwa memasuki 25 tahun juga banyak konsekuensi lainnya. KLIK NEXT untuk membaca konsekuensi-konsekuensi lainnya.

2 dari 2 halaman



7. Momen di mana banyak temanmu mengundang kamu ke acara pernikahannya, sedangkan kamu masih jomblo. Bahkan, banyak temanmu di usia 25 tahun sudah memiliki bayi.



8. Ketika mendapatkan pekerjaan, kamu merasa tak cocok dengan impian kamu sebelumnya.



9. Kenangan di sekolah dan kampus membuat kamu merasa tua.



10. Sudah mulai tidak puas diri, namun penyebabnya pun kamu tak yakin karena apa.



11. Mulai resah akan siapa jodoh seumur hidupmu kelak.



12. Memantaskan diri dalam berpakaian, dan kamu masih mencobanya meskipun kadang terlalu formal.