Brilio.net - Saat menjalin pertemanan pastinya tujuan utama seseorang bisa menjalin hubungan pertemanan dengan baik dan tulus, bukan? Bahkan tak sedikit orang rela melakukan banyak hal agar pertemanannya dapat berjalan dengan baik dan berlangsung lama. Mulai dari membantu teman, hingga memberikan perhatian padanya. Oleh sebab itu menjalin suatu pertemanan memang sangat menyenangkan, apalagi jika teman di sekelilingmu banyak dan selalu ada untukmu.

Ikatan pertemanan pun menjadi suatu yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang. Namun sayangnya, tak semua teman menganggapmu demikian. Ada di antara mereka yang hanya ingin memanfaatkanmu saja. Mungkin kamu tak menyadari hal itu, karena kamu begitu tulus dalam menjalani pertemanan. Kamu menganggap yang mereka lakukan itu layaknya perlakuan seorang teman pada dirimu. Percaya atau tidak, ada segelintir teman yang membuat kamu selalu berjalan di tempat dan tak bisa berkembang, mereka menginginkan kamu ada hanya untuk memenuhi keinginan mereka saja.

Nah, pernah nggak sih, kamu merasa bahwa kamu hanya dimanfaatkan dalam pertemanan? Mungkin kamu pernah merasakannya, namun karena kamu tak ingin kehilangan teman, kamu berusaha untuk tetap bersama mereka. Namun tahukah kamu kondisi seperti itu sama sekali tidak baik untuk dirimu? Kamu harus mengambil tindakan tegas. Jadilah sosok yang bijak dalam melihat sebuah pertemanan, jangan sampai kamu hanya menjadi seseorang yang tak berarti di mata teman-temanmu dan hanya menjadi tempat mereka melampiaskan keinginannya saja.

Perbedaan teman yang hanya ingin memanfaatkan kamu dengan teman yang benar-benar tulus ingin berteman dengan kamu ternyata bisa terlihat dari beberapa ciri-ciri berikut ini. Apa saja? Berikut 10 tanda-tandanya seperti  dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (19/3).


1. Hanya ada saat mereka membutuhkan kamu.

dimanfaatkan dalam pertemanan istimewa

foto: pixabay.com


Perhatikan dengan baik deh. Seorang teman hanya akan datang padamu di saat mereka membutuhkan bantuan kamu saja. Namun sebaliknya, jika dia tidak membutuhkan kamu dia akan menjauh dari kamu dan pergi bersama teman-temannya yang lain. Bahkan parahnya mereka tidak merespons kamu dengan baik dan berusaha mengacuhkanmu dengan berbagai alasan.


2. Selalu bergantung padamu.

dimanfaatkan dalam pertemanan istimewa

foto: pixabay.com


Jika ada teman yang membutuhkan bantuanmu sekali atau dua kali itu wajar. Namun jika terus-terusan meminta bantuanmu itu sudah tidak wajar, sudah bisa dipastikan bahwa dia hanya memanfaatkan kamu. Misalnya saja meminta bantuanmu untuk membantunya mengerjakan tugas, dan lain sebagainya.


3. Memanfaatkan fasilitasmu.

dimanfaatkan dalam pertemanan istimewa

foto: pixabay.com


Kamu bisa melihat bagaimana teman-temanmu hanya membutuhkan kamu karena fasilitas yang kamu miliki. Hal ini sangat banyak terjadi, di mana orang ingin berteman denganmu karena ingin menikmati mobil, motor dan apapun fasilitas menarik yang kamu miliki. Jika ini terjadi, sudah bisa dipastikan kamu hanya dimanfaatkan dalam pertemanan.


4. Tak peduli dengan kondisimu.

dimanfaatkan dalam pertemanan istimewa

foto: pixabay.com


Perlu kamu ketahui, bahwa pertemanan yang baik adalah ketika kamu memiliki masalah, ia akan berusaha membantumu mencari jalan keluarnya. Namun berbeda dengan teman yang hanya ingin memanfaatkanmu saja. Mereka terkesan cuek dan tidak peduli dengan kondisimu. Bagi mereka keadaanmu yang sedang tidak baik bukalah urusan mereka.


5. Tampak ramah ketika ada maunya.

dimanfaatkan dalam pertemanan istimewa

foto: pixabay.com


Seorang teman yang baik akan selalu menunjukkan sikap ramahnya, dia akan bercerita banyak hal setiap kali bertemu. Namun teman yang hanya memanfaatkanmu, jangankan bercerita banyak hal, menyapa saja enggan. Lalu tiba-tiba mereka sangat ramah padamu, dan ternyata ada maunya. Sikap buruk itu akan mereka gunakan untuk memanfaatkan temannya.


6. Tak pernah diajak rembukan.

dimanfaatkan dalam pertemanan istimewa

foto: pixabay.com


Mungkin kamu pernah mengalaminya, di mana saat sedang merencanakan sesuatu, dan saling berpendapat, usulanmu dianggap tak memberikan pengaruh dalam rembukan tersebut. Mereka hanya menganggap kamu selalu setuju dengan apa yang sudah mereka sampaikan. Kehadiran kamu hanyalah sebagai anak bawang atau hanya sekadar tambah-tambah.


7. Dianggap sebagai ATM berjalan.

dimanfaatkan dalam pertemanan istimewa

foto: pixabay.com


Seorang teman meminjam uang pada temannya itu mungkin hal wajar, karena memang mereka benar-benar membutuhkan. Namun jika mereka melakukannya berkali-kali dan tanpa jeda, bisa dipastikan kamu hanya dimanfaatkan dalam pertemanan. Terlebih usai meminjam uang, mereka tak pernah mengembalikannya.


8. Sering memujimu.

dimanfaatkan dalam pertemanan istimewa

foto: pixabay.com


Jangan mudah terlena dengan pujian yang diberikan teman. Percaya atau tidak, teman yang tulus sangat jarang memujimu bahkan bisa dikatakan hampir tidak pernah, justru mereka kerap memberikan kritikan. Berbeda dengan teman yang hanya ingin memanfaatkanmu, mereka kerap sekali memuji dirimu bahkan terkesan sangat berlebihan dan jarang memberikan kritikan.


9. Mendadak hilang saat dibutuhkan.

dimanfaatkan dalam pertemanan istimewa

foto: pixabay.com


Pernahkah kamu mengalami hal ini? Di mana ketika kamu sangat membutuhkannya, dia mendadak menghilang. Mulai dari tidak membalas pesan singkatmu, tidak mengangkat teleponmu, bahkan sangat sulit ditemui. Lalu ketika kamu tidak membutuhkannya lagi, ia akan muncul dengan berbagai alasan yang membosankan.


10. Kerap merepotkan.

dimanfaatkan dalam pertemanan istimewa

foto: pixabay.com


Jika dia dalam masalah atau membutuhkan sesuatu maka orang yang pertama kali dicari adalah kamu. Dia akan berkata semanis mungkin untuk meluluhkan hatimu. Bahkan parahnya ia akan meminta bantuan tak kenal waktu. Bahkan saat kamu mengatakan sibuk, dia akan terus mengejarmu. Benar-benar sangat merepotkan. Ia melakukan itu karena tahu kamu tidak tega dengan teman sendiri, sehingga siap untuk membantu.