Brilio.net - Kita kerap tak menyadari bahwa hal-hal kecil yang kita lakukan ternyata bisa memberikan pengaruh besar bagi kehidupan. Terkadang kita menyepelekan hal tersebut karena berbagai alasan. Padahal bermula dari langkah kecil inilah, kita bisa merasakan dampak yang besar bagi kehidupan.

Nah, memangnya hal kecil apa sih yang ternyata punya efek yang wow bagi kehidupanmu maupun sekelilingmu? Ini nih 10 langkah tersebut, sebagaimana telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/9).

1. Sering-sering telepon orang-orang terkasih.

samsung iklan  © 2017 brilio.net

foto: salemwebnetwork.com

Semua orang memiliki kesibukan masing-masing. Kesibukan yang sudah menjadi rutinitas ini pun kerap kali membuat kita lupa berinteraksi dengan orang tersayang, seperti orangtua. Kita pun jarang menyempatkan waktu untuk menghubungi atau menerima telepon dari mereka. Sekadar mengirim kabar pun lupa.

Coba deh kamu mulai mengubah kebiasaan lamamu dan mulai menghubungi orang terkasih via telepon. Meski tak bertatap muka, suara dan obrolan ringan yang sebentar ini bisa bikin perasaanmu lebih baik. Kamu pun nggak akan tertekan dengan rutinitas yang membelit. Justru menelepon orang ini bakal bikin kamu lebih bersemangat kembali menjalani aktivitasmu.

2. Jaga keseimbangan kerja dan hidupmu.

samsung iklan  © 2017 brilio.net

foto: pexels

Tak sedikit dari kita yang bekerja lebih dari jam yang ditetapkan (overtime). Kamu pun sibuk dengan pekerjaanmu hingga lupa dengan kehidupan sosialmu. Mulai sekarang coba seimbangkan pekerjaan dan hidupmu.

Kamu bisa membuat batasan yang jelas antara bekerja dan istirahat. Misalnya, tinggalkan segala urusan kantor saat di rumah atau di luar kantor. Jangan pikirkan tanggung jawab atau beban kerja usai pulang kerja. Kamu juga butuh waktu untuk istirahat dan membuat dirimu nyaman dan damai.

3. Singkirkan benda-benda lama yang nggak lagi bisa kamu pakai.

samsung iklan  © 2017 brilio.net

foto: pexels

Kamu termasuk orang yang suka sekadar membeli barang? Pasti isi lemari atau ruanganmu penuh dengan benda-benda tersebut. Tak heran apabila ruanganmu penuh dan sesak hingga berantakan.

Ada baiknya kamu mulai memilah dan memilih barang-barang tak terpakai di ruanganmu. Ternyata hal tersebut bisa memengaruhi perasaanmu dalam menjalani hari. Suasana baru gitu, deh.

4. Luangkan waktu buat mengunjungi hal-hal favoritmu semasa kecil.

samsung iklan  © 2017 brilio.net

foto: pexels

Masa kecil memang identik dengan masa penuh kepolosan. Kebahagiaan terlihat begitu sederhana dari sudut pandang anak-anak. Semasa kecil, kamu pasti punya kebiasaan yang membuatmu bahagia. Sementara seiring berjalannya waktu, kebiasaan itu mulai luntur karena tak memiliki waktu.

Coba deh, sekarang kamu luangkan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkanmu saat kecil. Suasana nostalgia begitu kental kamu rasakan, secara nggak langsung kamu merefleksikan diri bahwa, “Aku dulu pernah sebahagia ini di sini. Sekarang aku kembali lagi melakukannya dan aku sangat bersyukur.”

Kamu pun bisa mengabadikan momen nostalgiamu dengan Samsung Galaxy Note8 yang dilengkapi dengan dual camera. Kamera yang dimiliki dari Samsung Galaxy Note8 ini memiliki lensa sudut lebar (wide) dan zoom (telephoto) dengan fitur 2 kali optical zoom, live focus, dual capture, dan light camera. Kecanggihan dari kamera Samsung Galaxy Note8 ini bisa menghasilkan foto yang oke banget. Nggak kalah sama kamera canggih DSLR, deh!

5. Temukan hal-hal yang mengganggu suasana hatimu.

samsung iklan  © 2017 brilio.net

foto: pixabay

Suasana hatimu sedang kacau balau dan tak terkendali dengan segala situasi yang terjadi, pasti rasanya ingin menyelesaikan segala situasi rumit ini dengan seketika. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cari penyebab atau hal-hal yang mengganggu pikiranmu.

Kamu bisa membuat peta pemikiran atau jurnal yang menggambarkan alur permasalahanmu. Nggak harus beli buku atau agenda, kamu bisa membuatnya di smartphonemu, lho! Apalagi Samsung Galaxy Note8 kini siap menemani keseharianmu dengan berbagai situasi.

Setelah menemukan hal-hal yang mengganggu suasana hatimu, kamu juga bisa menggambar atau mewarnai untuk meredakan stresmu dengan Samsung Galaxy Note8 yang dilengkapi dengan S Pen canggih.

samsung iklan  © 2017 brilio.net


S Pen yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note8 ini telah tersertifikasi IP68 di mana mudah digenggam. Pen ini nggak pakai baterai dan nggak perlu dicharge, lho. Jadi bisa digunakan kapan aja tanpa perlu bingung kehabisan daya.

Ukurannya yang sebesar 0,7 mm bak real pen ini juga bisa membuat pengguna merasa nyaman menggambar atau menulis menggunakan smartphone berlayar 6,3 inch. Dari sebuah smartphone, hidupmu ternyata bisa lebih bermakna dan positif. Tunggu apa lagi? Let's Do Bigger Things bersama Samsung Galaxy Note8 di sini.

6. Tulis surat untuk mengapresiasi orang yang kamu cintai.

samsung iklan  © 2017 brilio.net

foto: pixabay

Menulis surat memang terbilang aktivitas yang jarang dilakukan di era serba canggih ini. Namun demikian, nggak ada salahnya menulis surat untuk orang yang kamu cintai. Lewat tulisan tanganmu sendiri, kamu bisa mengekspresikan rasa syukur telah mengenal dan berhubungan dengan dirinya.

Orang yang mendapat suratmu akan merasa senang. Kamu yang nulis juga merasa lebih senang melihat respons penerima. Selain itu, ternyata menulis surat ini bisa membuat kesehatan mentalmu lebih baik, lho. Soalnya bisa menyalurkan segala ekspresimu di atas kertas.

7. Boleh kok nge-block maupun unfriend akun yang dirasa ganggu.

samsung iklan  © 2017 brilio.net

foto: shutterstock

Kebanyakan dari kita nggak bisa lepas dari media sosial hingga bikin lupa waktu. Kamu lebih sibuk mengamati aktivitas di dunia maya. Lalu kamu membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain yang ada di media sosial.

Nah, dengan demikian, kebahagiaanmu seolah dikuasai oleh media sosial. Belum lagi kalau ternyata ada akun-akun resek yang nyampah. Jika sudah seperti ini, kamu berhak ngeblock atau unfriend akun yang dirasa sudah resek atau membawa pengaruh negatif. Atau kamu justru memutuskan off dari segala media sosial dalam jangka waktu tertentu, boleh banget! Tanpa menggunakan media sosial, kesehatan mentalmu lebih baik karena nggak memikirkan hal-hal fana dan negatif dari dunia maya.

8. Cari hiburan yang bisa membuatmu tertawa.

samsung iklan  © 2017 brilio.net

foto: consciouslifenews.com

‘Bahagia itu sederhana’ jadi ungkapan yang kerap kita dengar. Hal tersebut benar adanya di era teknologi dan informasi yang serba canggih. Cuma lewat smartphone, kamu bisa menemukan hal-hal yang bisa membuatmu tertawa lepas. Ada beragam hiburan yang siap menemani harimu hingga bikin kamu tertawa terbahak-bahak.

9. Keluar dari rutinitas yang berdampak buruk.

samsung iklan  © 2017 brilio.net

foto: pexels

Kita sering mengabaikan kesehatan. Rutinitas yang kamu jalani seolah menuntutmu untuk mengabaikannya. Misalnya kamu bangun siang, minum kopi, nggak sarapan, makan sembarangan, hingga kurang olahraga jadi aktivitas yang kamu lakukan secara berulang. Kamu paham hal tersebut nggak baik untuk jangka panjang tapi tetap saja kamu kerjakan.

Mau sampai kapan melakukan rutinitas yang berdampak buruk? Yuk, sama-sama mulai mengubah kebiasaan buruk tersebut secara perlahan. Salah satu caranya adalah mencoba menjadikan mindset bahwa kesehatan prioritas atau aset masa depan.

10. Bangun persahabatan yang baik.

samsung iklan  © 2017 brilio.net

foto: huffingtonpost

Memiliki lingkungan pertemanan yang kondusif dan positif mampu memengaruhi dirimu, lho. Seperti hakikatnya manusia sebagai makhluk sosial, kita juga membutuhkan orang lain dalam kehidupan. Dengan menjalin pertemanan dan persahabatan dengan orang lain, kita bisa saling memberi dukungan hingga motivasi untuk menjalani hidup.

Sahabat adalah sosok yang selalu ada dalam suka maupun duka. Kalau kamu punya sahabat, rasa sedih yang kamu rasakan seolah tak berarti. Pasalnya, ada orang yang selalu memberimu kebahagiaan meski lewat hal sederhana.

Hidup di era sekarang bukan zamannya lagi berpikir tanpa melakukan sesuatu. Sudah saatnya kita bergerak dan menciptakan hal-hal hebat dalam hidup. Kecanggihan teknologi sangat mendukungmu melakukan langkah besar. Gadget, misalnya. Kini smartphone canggih keluaran terbaru dari Samsung yakni Samsung Galaxy Note8 siap mendukung hal-hal besar yang akan kamu lakukan. Dengan Samsung Galaxy Note8, Let's Do Bigger Things!

10 Langkah kecil yang berdampak besar bagi kehidupanmu