Brilio.net - Ada beragam cara untuk benar-benar bahagia, salah satunya adalah mampu mengatasi stres. Sadar atau tidak stres terkadang datang dari rutinitas sehari-hari yang tak bisa begitu saja kamu hindari. Namun ada banyak cara sederhana dan efektif untuk menghadapinya. Tak perlu khawatir, cara ini merupakan cara sederhana yang siapapun bisa melakukannya.

Berikut ini adalah cara-cara tak terduga yang bisa meredakan stres dan cemasmu, yang dilansir brilio.net dari brightside.me, khusus buat kamu, Jumat (5/2).

1. Gosok tanganmu bersama-sama

10 Cara tak terduga ini efektif redakan stres-mu, lho!

foto: transferfactorformula.com

Ini adalah metode yang sama sekali tak terduga tapi sangat efektif untuk mengurangi efek fisik dari stres pada tubuhmu. Gosok tanganmu bersama-sama sampai kamu merasakan panas yang dihasilkan oleh gesekan.

2. Pijat telingamu

10 Cara tak terduga ini efektif redakan stres-mu, lho!

foto: caglas.rs

Selain menggosok kedua tanganmu, untuk meredakan cemas dan stres-mu, kamu bisa juga memijat telingamu. Hal-hal kecil seperti memijat telinga dapat membantu merevitalisasi kamu dan membantumu berkonsentrasi lebih baik pada apa yang kamu lakukan.

3. Mandi

10 Cara tak terduga ini efektif redakan stres-mu, lho!

foto: rofllollmao.com

Mandi selama 15 menit ternyata dapat bekerja untuk mengurangi tingkat stres kamu dan meredakan suasana hati yang negatif. Berdiri tepat di bawah aliran panas dari air yang mengalir sehingga air itu secara efektif memijat kepala dan bahumu juga dapat mengurangi tingkat stresmu. Secara bertahap, kamu akan merasa semua pikiran negatif keluar dari kepalamu.

4. Naik turun tangga

10 Cara tak terduga ini efektif redakan stres-mu, lho! foto: merdeka.com

Berjalan naik dan turun tangga selama 30 detik ternyata berguna juga untuk meredakan stresmu. Hal ini akan meningkatkan aliran oksigen ke daerah-daerah otak yang berhubungan dengan stres emosional, dan membantu untuk mengurangi kadar kecemasan.

5. Menari

10 Cara tak terduga ini efektif redakan stres-mu, lho! foto: apsarasarts.com

Gerakan ritmis dengan suara musik secara fisik membantu mengurangi stres. Dan itu jauh lebih menyenangkan daripada pergi ke gym, jika latihan fisik akan membantu kamu untuk tenang.

6. Aromaterapi

10 Cara tak terduga ini efektif redakan stres-mu, lho!

foto: marunspa.com

Aromaterapi sangat berguna untuk meredakan cemas dan membuat Anda tenang. Fungsi dari aromaterapi adalah membuat relaksasi tak hanya pikiran tapi juga tubuhmu.

7. Goyangkan tangan dan bahumu

10 Cara tak terduga ini efektif redakan stres-mu, lho!


foto: bugarkurniandiko.blogspot.com

Stres sering memiliki efek membuat orang mengepalkan tangan, membuat tegang bahu, punggung, dan otot leher. Hal ini akan menghasilkan sakit kepala dan sakit punggung. Sebuah cara yang bagus untuk menghindari hal ini yang bisa dilakukan di rumah dan di tempat kerja adalah bentuk latihan fisik ringan untuk mengendurkan otot-otot dengan menggerakkan lenganmu dan menekuk tangan ke berbagai arah.

8. Melukis

10 Cara tak terduga ini efektif redakan stres-mu, lho! foto: carajuki.com

Beberapa studi psikologi telah menunjukkan bahwa melukis atau mewarna pada sesuatu selama 2-3 menit pada waktu stres tinggi meningkatkan kemungkinan bahwa kamu akan menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu.

9. Minum teh

10 Cara tak terduga ini efektif redakan stres-mu, lho!

foto: medikalogi.com

Stres sering mengakibatkan perasaan cemas yang intens dan bahkan bisa langsung panik. Teh dapat membantu mengurangi proses kimia yang menginduksi perasaan cemas tersebut.

10. Merapikan benda yang berantakan

10 Cara tak terduga ini efektif redakan stres-mu, lho! foto: tzuchischool.com

Menempatkan sesuatu kembali di tempat-tempat yang benar dapat membantu untuk menempatkan pikiran kamu dalam rangka membantu kamu berkonsentrasi. Selain itu, jika semua benda diatur secara rapi, ini dapat memiliki efek psikologis yang positif. Seseorang akan mengubah tatanan rapi akan mengarah dan mempunyai pikiran lebih tenang.