Brilio.net - Kamu pasti nggak suka kalau mendadak ada orang yang marah-marah di kantor atau sekolahmu tanpa ada sebabnya. Orang-orang semacam ini biasanya terbawa mood buruk mereka di luar kantor dan sekolah. Tentu saja hal semacam ini nggak baik untuk lingkungan. Maka dari itu kalian harus punya cara mengendalikan emosi yang meleda-ledak itu.

Nah, berikut 10 cara latih kendalikan emosi yang wajib dibaca para pemarah seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/4):

1. Jangan langsung bereaksi terhadap suatu peristiwa

foto: istimewa

Ketika mendengar sesuatu yang membuat emosimu naik atau marah, cobalah untuk tidak terlalu cepat bereaksi. Kamu harus tenang dulu dan mendengar semuanya baik-baik sampai selesai. Terlalu cepat marah seringkali membuat seseorang menyesal kemudian.

2. Cobalah berpikir secara rasional

foto: hdwallpapersact.com

Ketika marah, kamu akan susah untuk berpikir rasional, tapi tetap harus mencobanya. Berpikirlah tentang duduk perkara hingga bagaimana kemungkinan suatu perkara.

3. Berbagi masalah dengan orang lain

foto: bipolarbandit.wordpress.com

Memendam masalah sendiri hingga menyebabkannya merusak mood-mu pasti tidak enak. Cobalah untuk berbagi dengan orang lain, berceritalah dengan mereka. Meskipun temanmu belum tantu membantu, curhat akan sedikit melegakanmu.

4. Perhatikan emosi orang lain juga

foto: greatindianblog.com

Jangan dikira orang lain itu suka ketika emosi kamu meledak-ledak nggak jelas. Orang lain juga akan terpengaruh dengan hal itu. Apa lagi di ruangan kerja, jika salah satunya memiliki emosi yang nggak karuan bisa mempengaruhi kinerja yang lain juga.

5. Mengalihkan fokus ke hal lain

foto: obamapacman.com

Kalau kamu tengah emosi dengan hal A, cobalah mengurusi hal B. Ketika kadar emosimu nanti sudah normal lagi, kembali ke A akan lebih baik daripada marah-marah nggak jelas.

Kamu bisa nggak mencobanya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


6. Mengubah responsmu

foto: greatschools.org

Cobalah untuk memahami bagaimana responsmu terhadap pemicu emosi. Kalau sadar kamu pemarah, cobalah ubah responsmu. Dengan menyadari emosimu dan keinginan untuk mengubah kebiasaan marahmu pasti akan membantu.

7. Berkaca pada diri sendiri

foto: keepthinkingbig.com

Yap, jangan terlalu cepat menilai sesuatu sebelum kamu menilai dirimu sendiri. Hal ini pasti akan membantumu mengontrol emosi karena sadar bahwa setiap hal memiliki kekurangan.

8. Rutin berolahraga

foto: chelseaislan

Olahraga membantu seseorang mengontrol emosi. Kenapa? Karena rutin dan mengenal olahraga akan membuat seseorang memiliki jiwa sportif.

9. Meditasi

foto: wp.nootheme.com

Meditasi membuat kamu menjadi lebih tenang dalam menghadapi masalah. Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk meditasi salah satunya yaitu dengan yoga.

10. Mengingat Tuhan

foto: fbccov.org

Selalu mengingat Tuhan akan membantu kamu untuk lebih bijak dan rendah hati. Jadi, nggak usah terlalu sering marah-marah karena orang lain bisa nggak nyaman sama kamu.

Setuju kan?