Brilio.net - Makanan dan minuman merupakan kebutuhan kita bertahan hidup. Maka dari itu, perlu makanan dan minuman sehat untuk keberlangsungan hidup.

Nah, namun muncul permasalahan adanya makanan dan minuman nggak sehat yang diproduksi beberapa oknum produsen makanan dan minuman, demi meraup keuntungan. Dalam hal ini, bahan dasar pembuatan makanan dan minuman tersebut berasal dari bahan sisa yang seharusnya dibuang atau limbah. Iyuh!

Namun di sisi lain, ada pihak yang sengaja membuat makanan dan minuman dari limbah dalam rangka kampanye peduli lingkungan.

Berikut sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (10/6), makanan dan minuman yang terbuat dari limbah.

1. Mi instan.

Makanan & minuman ini terbuat dari limbah berbagai sumber

foto: liputan6.com

Pada awal bulan Juni ini, Satreskrim Polresta Sidoarjo menggrebek tempat industri rumahan pembuatan mi instan berbahan limbah yang dibuat selama Ramadan. Ketiga tempat usaha ini milik Bashori (42) asal Desa Keret, Kecamatan Krembung, milik Ali Murtadho (37), dan M. Basori (49) yang sama-sama berasal dari Desa Gampang, Kecamatan Prambon.

Mi instan yang diproduksi mereka berupa snack bermerek 'Mickey Joss' dan 'Mie Sedap Cha-Cha'. Bahan pembuatan snack ini ternyata seharusnya untuk pakan ternak. Namun justru diproduksi untuk makanan manusia.

2. Bakso.

Makanan & minuman ini terbuat dari limbah berbagai sumber

Ilustrasi bakso/foto: berrykitchen.com

Bakso sering jadi sasaran kasus pembuatan dengan menggunakan bahan dasar tak layak konsumsi. Sebuah kasus pada Agustus 2012, Giyoto (42), pemilik usaha bakso ayam tiren (mati kemarin), berhasil diamankan aparat Polsek Pleret, Bantul, Yogyakarta.

Giyoto menyatakan kepada penyidik alasannya menggunakan ayam tiren karena harga ayam segar sangat mahal kala itu.

Kasus Giyoto bukan satu-satunya. Penjualan bakso berbahan dasar ayam tiren juga dilakukan kerabat Giyoto, yakni Sutiyati, Sulistyo, Suratinem, Aldi dan Syaiful Amri. Mereka semua diamankan bersama Angga Saputra (17), salah satu penyuplai bangkai ayam.

3. Es krim.

Makanan & minuman ini terbuat dari limbah berbagai sumber

foto: Facebook/@Polluted Water Popsicles

Es krim dari limbah ini merupakan proyek dari mahasiswa National Taiwan University of Arts dengan nama Polluted Water Popsicles. Es krim ini terbuat dari air yang tercemar logam berat, arsenik, merkuri, nitrat, hingga yang tampak seperti plastik dan kecoak. Proyek yang dipamerkan kepada khalayak luas ini untuk mengingatkan tentang masalah polusi air.