Brilio.net - Jika kamu pecinta tempat-tempat bersejarah, kamu bisa coba mengunjungi Gedung Agung yang ada di kawasan Malioboro Yogyakarta. Gedung Agung terletak tak jauh dari nol kilometer, berhadapan dengan Benteng Vredeburg. Gedung Agung atau biasa disebut dengan Istana Kepresidenan Yogyakarta ini mulai dibuka untuk umum sejak 1 Februari 2016 lalu.

Memasuki area dalam Gedung Agung, kita akan disuguhi dengan suasana yang tenang dan juga lingkungan yang bersih terawat. Di dalam gedung utama Gedung Agung kita tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar. Gedung utama terdiri dari beberapa ruangan yang diperuntukkan untuk berbagai macam acara kenegaraan.

Yuk, intip tempat kerja presiden di Yogyakarta

Ruang Garuda adalah sebuah ruangan yang cukup besar sebagai ruangan resmi saat presiden menerima tamu kenegaraan. Di sebelah kanan Ruang Garuda ada ruangan yang bernama Ruang Soedirman. Ruangan ini adalah ruangan VVIP  presiden saat menerima tamu penting dan akan melakukan pembicaraan empat mata. Ruangan Soedirman pun berhubungan langsung dengan kamar yang biasa dipakai sebagai tempat istirahat Presiden.

Di sebelah kiri Ruang Soedirman, terdapat Ruang Diponegoro. Nah, ruangan ini biasa dipakai  wakil presiden untuk melakukan pertemuan empat mata. Lewat ruang ini pun menghubungkan dengan kamar 5 yang digunakan sebagai tempat istirahat wakil presiden. Sementara kamar 6 ruang kerja kerja wakil presiden dan ruang 7 sebagai ruang santai wakil presiden.

Loading...

Yuk, intip tempat kerja presiden di Yogyakarta

Selain ruangan khusus presiden dan wakil presiden dalam lahan seluas sekitar 4 hektar ini juga memiliki beberapa wisma yang diperuntukkan untuk menerima tamu dan museum istana. Dalam museum Istana ini pun pengunjung juga tidak diperbolehkan merekam maupun mengambil gambar.

Museum istana terdiri dari 2 lantai, lantai pertama terdapat lukisan yang menceritakan sejarah dan profil singkat para presiden yang pernah memimpin Indonesia. Naik ke lantai dua, terpajang foto-foto wakil presiden RI mulai dari Mohammad Hatta sampai Boediono. Ada pula foto-foto ibu negara terpampang di sana.

Yuk, intip tempat kerja presiden di Yogyakarta

Selain foo presiden, wakil presiden, dan ibu negara ada pula foto-foto kegiatan presiden di Yogyakarta. Antara lain foto-foto kunjungan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono saat terjadi bencana gempa bumi dan Merapi beberapa tahun lalu.

Di bagian selatan gedung utama terdapat sebuah bangunan yang diberi nama Gedung Seni Sono. Sebagai informasi gedung ini diresmikan oleh Presiden RI ke-3 BJ Habibie pada tahun 1998. Gedung Seni Sono ini dirancang dan diperuntukkan saat ada acara-acara seremonial dan sebagai gedung pusat informasi.

Yuk, intip tempat kerja presiden di Yogyakarta

Uniknya di beberapa titik Gedung Agung terdapat arca dan stupa. Benda purbakala tersebut ditemukan selama proses pengerukan saat membangun Gedung Agung dari mulai tahun 1824 sampai 1832. Nah di sebelah barat Gedung Seni Sono juga ada sebuah taman kecil yang dihiasi dengan aneka bunga anggrek. Rupanya taman bunga tersebut merupalan permintaan khusus dari Ibu Negara Ani Yudhoyono. Taman kecil tersebut memberi sedikit warna di area Gedung Agung. "Beliau ini suka tanaman kan, terutama jenis bunga anggrek" terang pemandu istana kepada brilio.net.

Yuk, intip tempat kerja presiden di Yogyakarta

Nah, kamu tertarik untuk berkunjung ke Gedung Agung Jogja ini?  Jika kamu tertarik untuk mengetahui isi Gedung Agung, kamu bisa berkunjung pada hari Senin-Kamis, mulai pukul 09.00 WIB-15.00 WIB. Kunjungan ke sini pun tanpa dipungut biaya lho, kamu cukup datang dengan berpakaian rapi dan sopan dan mendaftar melalui pintu sebelah utara. Pemandu museum mengatakan jika ingin jalan-jalan di museum pada Jumat sampai Minggu harus mengajukan surat kunjungan lebih dulu.

RECOMMENDED BY EDITOR