Brilio.net - Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tak heran bila banyak wisatawan khususnya dari mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu daerah yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Kalimantan. Pulau yang dijuluki dengan Borneo ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti pantai, budaya, dan wisata alam. Kalimantan memiliki keunggulan di wisata alam yang biasa dikenal dengan ekowisata.

Melihat potensi wisata yang besar di kawasan Borneo, WWF-Heart of Borneo (HoB) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata mempromosikan kampanye Visit the HoB, dan program peningkatan pengetahuan bagi beberapa tour operator di wilayah Kalimantan. WWF dan HoB juga memasarkan kegiatan ekowisata di tingkat internasional.

Deputi Pemasaran I, Rizky Handayani mengatakan Kalimantan merupakan daerah vital untuk pariwisata cross border (lintas batas). Pariwisata ini tidak mengenal waktu karena akses masuk yang lebih muda

"Diharapkan, kepala daerah juga fokus terhadap ekowisata di Kalimantan. Karena, Kalimantan disebut sebagai Paru-parunya dunia. Dan bisa dijadikan branding internasional," ujar Rizky saat launching Visit the Heart of Borneo (HoB) di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (19/3).

Rizky menyebut Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara diperkuat dengan beberapa Pos Lintas Batas Negara (PLBN) sebagai pintu masuk wisatawan. "Kita harus perkuat area-area yang memiliki potensi wisata cross border untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia," jelasnya.

Loading...

Di samping itu, Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Utara, Ahmad Haerani mengatakan Kalimantan memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Mulai dari ekowisata seperti pantai dan budaya yang sangat banyak.

"Ada arung jeram di semua sungai kalau di Sungai Keburau dekat Ibu Kita. Kalau mau lihat binatang di habitatnya ada banteng liar di padang savana ada juga gajah Kalimantan," jelasnya.

Selain itu, daerah Krayan juga mencolok dengan tambak garam. Kalau biasanya tambak garam di laut, Krayan memiliki tambak garam di atas gunung.

"Garam di Krayan bagus, kalau masak sayur walaupun lama sayur itu tetap hijau," pungkasnya.

RECOMMENDED BY EDITOR