Brilio.net - Hingga saat ini pandemi virus corona belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir dari Indonesia. Hingga saat ini, upaya terus dilakukan oleh pemerintah untuk memutus penyebaran virus corona.

Pemerintah memberi imbauan untuk masyarakat untuk physical distancing dan social distancing, pemerintah juga melakukan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar.

Setelah memberikan beberapa imbauan, kini pemerintah sedang mempersiapkan tatanan New Normal di tengah pandemi corona. New Normal diberlakukan agar roda perekonomian kembali berputar dengan lancar meski masih menghadapi pandemi virus corona.

Saat New Normal, berbagai aktivitas perekonomian kembali berjalan namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang aman. Beberapa yang akan mulai beroperasi dengan normal seperti pasar, sekolah, mall, dan tempat-tempat wisata.

Tak dapat dipungkiri, selama karantina diri beberapa bulan ini pasti membuat masyarakat merasa jenuh karena lebih banyak menghabiskan kesehariannya hanya di dalam rumah. Dengan adanya New Normal, kita dapat kembali beraktivitas dan mencari hiburan di luar rumah.

Loading...

Kita dapat kembali pergi berlibur ke tempat-tempat wisata yang sudah dilengkapi dengan protokol kesehatan yang sudah sesuai dengan standar anjuran pemerintah. Saat berlibur kita juga tetap waspada menjaga diri agar tidak terkena virus corona.

Beberapa cara dapat kita lakukan jika ingin pergi berlibur saat memasuki New Normal. Berikut brilio.net melansir dari abcnews pada Kamis (4/6), tips berlibur dengan aman saat memasuki New Normal

1. Tetap memakai masker dan membawa masker cadangan.

Tips berlibur dengan aman saat memasuki new normal © 2020 brilio.net

foto: freepik

Meski dengan New Normal kita dapat melakukan aktivitas seperti biasanya bukan berarti kita sepenuhnya bebas dan tidak memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Selama kasus terjangkit virus corona belum juga reda, kita diwajibkan memakai masker kemana pun kita pergi.

Meskipun telah memakai masker, kita juga sebaiknya membawa masker cadangan untuk mengganti masker yang telah kita pakai sebelumnya. Hal ini mencegah adanya virus yang menempel pada masker yang sudah kotor.

2. Membawa hand sanitizer dan obat-obatan pribadi.

Tips berlibur dengan aman saat memasuki new normal © 2020 brilio.net

foto: freepik

Meskipun beberapa tempat wisata sudah menyediakan tempat cuci tangan, tak ada salahnya jika kita tetap membawa handsanitizer sendiri untuk perlindungan extra setelah mencuci tangan.

Dan jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, untuk mencegah sesuatu hal buruk terjadi. Semisal anda memiliki penyakit yang dapat kambuh kapan saja dan secara tiba-tiba.

3. Memakai face shield

Tips berlibur dengan aman saat memasuki new normal © 2020 brilio.net

foto: freepik

Selain masker, kita juga dianjurkan untuk memakai face shield. Agar terhindar dari tetesan air yang berasal dari bersin atau batuk seseorang yang mungkin saja mengenai wajah kita dan tanpa sengaja cairan tersebut masuk ke dalam mata.

4. Tetap jaga jarak aman.

Tips berlibur dengan aman saat memasuki new normal © 2020 brilio.net

foto: freepik

Saat berkunjung ke tempat wisata, tetaplah jaga jarak aman dengan pengunjung lainnya atau dengan petugas tempat wisata yang sedang bertugas seperti tour guide, penjaga loket dll. Penting untuk tetap berjarak sekitar 6 kaki atau 1 meter dari orang lain dan berlatih menjaga jaeak sosial bahkan saat berada di luar ruangan.

5. Hindari berkumpul dalam kelompok.

Tips berlibur dengan aman saat memasuki new normal © 2020 brilio.net

foto: freepik

Saat kamu berlibur ke waterpark, tetaplah menjaga jarak aman dengan pengunjung lainnya dan hindari berkumpul dengan wisatawan. Namun jika kamu akan berenang, kamu harus melepas masker selama berada dalam air karena penggunaan masker dalam air dapat mempersulit kita untuk bernafas. Tanang, karena tidak ada bukti penularan birus melalui air dalam kolam renang karena air di kolam renang pada umumnya telah diklorinasi.

6. Jika berlibur menggunakan kendaraan dari travel agent, tanyalah bagaimana standar pengamanan kesehatan mereka.

Tips berlibur dengan aman saat memasuki new normal © 2020 brilio.net

foto: freepik

Ketika berlibur menggunakan jasa travel agent, kita akan mendapatkan fasilitas berupa kendaraan. Pastikan travel agent tersebut sudah membersihkan kendaraan setelah dipakai oleh wisatawan sebelum kamu. Pastikan juga apakan travel tersebut sudah memenuhi standra protokol kesehatan yang aman.

7. Lebih selektif dalam memilih penginapan.

Tips berlibur dengan aman saat memasuki new normal © 2020 brilio.net

foto: freepik

Jika sebelum pandemi Covid-19 kamu lebih suka asal memilih hotel dengan harga murah, yang penting bisa istirahat kini kamu harus lebih selektif dalam memilih penginapan. Tak hanya memilih dengan harga yang murah saja, kamu juga harus mencari info kebersihan hotel tersebut dan bagaimana penerapan physical distancing dalam hotel tesebut, apakah sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar atau belum seperti memberi tanda batas antrian saat di loby resepsionis, menyediakan tempat mencuci tangan dan lains sebagainya.

RECOMMENDED BY EDITOR