Brilio.net - Jangan menilai buku dari sampulnya. Dalam hal ini, jangan menilai sebuah sungai dari namanya. Ialah Sungai Bangan atau oleh penduduk setempat disebut Bangang. Sungai Bangang ini merupakan sungai yang cukup terkenal oleh kalangan pendaki namun masih jarang diketahui oleh pengunjung yang berkunjung ke Negeri Terengganu, salah satu negara bagian Malaysia.

Sungai Bangang dijuluki sebagai Jiuzhaigou, yang merupakan taman cagar alam nan indah di China. Air sungainya sangat jernih sehingga akan tampak bagian dasar. Jelas sekali terlihat bahwa kawasan sekitar sungai ini masih sangat terpelihara karena tak tersentuh oleh aktivitas manusia.

Dengan warna airnya yang membiru kehijau-hijauan, Sungai Bangang terletak di sekitar Gunung Chemerong, Berembun dan Langsir (CBL). Menurut para pendaki berpengalaman, dibutuhkan waktu sekitar 2 hari 1 malam untuk bisa menikmati keindahan dan kejernihan air di Sungai Bangang. Benar-benar butuh stamina yang kuat ya?

Buat kamu yang tertarik untuk pergi ke Sungai Bangang, kamu bisa memulai perjalanan dari Hutan Lipur Chemerong, di dalam kawasan Hulu Dungun, jaraknya kurang lebih sekitar 100 km dari Kuala Terengganu, kemudian berjalan ke puncak Gunung Berembun, selepas itu pendakian diteruskan ke puncak air terjun Langsir sebelum akhirnya tiba ke Sungai Bangang.

Selain menawarkan pemandangan yang menakjubkan mata, hutan ini juga menyembunyikan air terjun tertinggi di Malaysia yakni Lata Langsir dengan tinggi mencapai 801 meter. Gimana, tertarik untuk mengunjungi Sungai Bangang dan menikmati keindahan alam di sekitarnya?

Nah, ini dia foto-foto Sungai Bangang biar kamu makin pengen buat piknik kesana, seperti dikutip brilio.net dari WorldofBuzz, Kamis (15/12).

1. Untuk sampai ke Sungai Bangang ini, pendakian akan bermula di Hutan Lipur Chemerong yang terletak di Hulu Dungun, kira-kira 100 km dari Kuala Terengganu dan 30 km dari Bandar Al-Mukhtafibillah Shah melalui Jalan Jabor–Jerangau.

Sungai Bangang © 2016 Sungai Bangang foto: akuseorangtraveler.com

2. Butuh waktu yang lama untuk bisa sampai ke sungai ini, harus siap berjalan sampai 2 hari 1 malam.

Sungai Bangang © 2016 Sungai Bangang foto: says.com

3. Air sungainya sangat jernih sehingga akan tampak bagian dasar sungai.

Sungai Bangang © 2016 Sungai Bangang foto: akuseorangtraveler.com

4. Warna air sungai yang membiru kehijau-hijauan, indah ya?

Sungai Bangang © 2016 Sungai Bangang foto: akuseorangtraveler.com

5. Siapkan kamera untuk bisa mengabadikan keindahan sungai ini.

Sungai Bangang © 2016 Sungai Bangang foto: travel.tantannews.com