Brilio.net - Kalau kamu pecinta durian wajib banget buat berlibur ke salah satu kota di Jawa Timur ini. Kalau kamu sudah biasa berlibur ke salah satu obyek wisata yang terletak di Kawasan Lereng Gunung Anjasmoro, berarti kamu wajib banget buat mampir ke Desa Sumber di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Desa ini merupakan salah satu desa yang memiliki julukan kampung durian. Menariknya lagi, nggak cuma beli dan langsung makan buahnya, kamu bisa lho menikmati wisata petik buah durian segar langsung dari pohonnya.

Untuk kamu yang ketagihan sama rasa daging buah durian yang enak banget di kampung ini, kamu juga bisa belanja bibit durian sekaligus belajar cara penanamannya. Sudah menjadi rahasia umum kalau setiap musim durian tiba, desa Sumber seolah berubah menjadi desa wisata, karena setiap harinya selalu ada saja wisatawan yang datang. Tak hanya dari daerah sekitar, namun tak sedikit di antaranya yang datang dari luar kota bahkan hingga luar negeri.

Para petani durian yang ada di desa di kecamatan Wonosalam ini sangat kreatif dalam membudidayakan durian yang bisa memiliki rasa yang berbeda-beda. Varian durian yang ada di kampung tersebut antara lain, durian bidu, durian sus, durian kerikil, durian ketan, durian bawor, dan masih banyak lagi. Hebatnya lagi perbedaan rasa ini muncul bukan karena disuntik dengan penambah rasa buatan, tetapi alami dari kreativitas warga mengawinkan bibit durian satu dengan yang lain.

Tak jarang pula bila kampung durian yang satu ini juga banyak didatangi para wisatawan dari seputaran Asia, seperti Malaysia dan Thailand. Semangat tanpa batas para warga di sana untuk membudidayakan durian ternyata mampu #BikinKerenIndonesia, hingga di mata mancanegara.

Kamu juga bisa #BikinKerenIndonesia seperti para petani durian dengan beragam kreativitasnya yang mampu menyulap rasa durian menjadi berbeda-beda tanpa disuntik tersebut dengan berbagi aktivitas yang kamu miliki. Selain itu kamu juga bisa dapat hadiah. Cek di telkomsel.com/bikinkerenindonesia untuk ikut berkontribusi #BikinKerenIndonesia. Yuk, buruan!