Brilio.net - Siapa yang tidak tahu film Laskar Pelangi? Karya adaptasi dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata ini menjadi salah satu film Indonesia paling banyak ditonton. Tak hanya sukses di bioskop, film ini juga berhasil mengangkat popularitas Pulau Belitung.

Ya, film yang rilis pada 2008 ini berhasil menunjukkan keindahan alam Belitung yang saat itu masih belum terjamah. Eksotisme panorama alam Belitung sebagai latar belakang film sukses membuat banyak orang penasaran melihat langsung.

Tak heran jika popularitas Belitung sebagai tujuan wisata langsung meroket. Bahkan hingga kini Belitung tetap menjadi destinasi wisata utama yang dicari wisatawan untuk berlibur.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (20/8), berikut Brilio.net himpun tujuh spot wisata Belitung dengan keindahan alam bak surga yang bisa kamu kunjungi hanya bermodalkan Rp 2 juta.

1. Pantai Tanjung Tinggi.

Refreshing di 7 surga dunia Belitung, cuma modal Rp 2 juta berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi ini terletak di sebelah utara Belitung. Gugusan batu granit super besar berpadu dengan pasir putih dan air laut yang jernih akan menjadi pemandanganmu selama berada di Pantai Tanjung Tinggi.

Hembusan angin pantai dan ombak yang relatif tenang juga akan semakin betah berlama-lama di pantai satu ini. Oh ya, untuk masuk ke Pantai Tanjung Tinggi tidak dipungut biaya sama sekali.

2. Tanjung Pendam.

Refreshing di 7 surga dunia Belitung, cuma modal Rp 2 juta berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hanya merogoh kocek sebesar Rp 3.000, kamu sudah bisa menikmati keindahan Negeri Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Pendam. Pantai paling terkenal di pusat Kota Belitung ini jadi tempat yang cocok untuk menyaksikan matahari terbenam. Dari pantai ini kamu juga akan melihat Pulau Kalimua yang berada di tengah Pantai Tanjung Pendam.

3. Pulau Kepayang.

Refreshing di 7 surga dunia Belitung, cuma modal Rp 2 juta berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selain mengunjungi pantai, aktivitas yang wajib kamu lakukan adalah island hopping. Seperti mengunjungi Pulau Kepayang yang menawarkan pemandangan indah berupa hamparan pasir putih, bebatuan granit yang tersusun rapi, dan air laut jernih dangkal dengan beragam jenis ikan yang terlihat jelas. Selain itu, ada juga penangkaran penyu yang bisa dikunjungi.

Pulau ini memiliki tempat makan yang besar, sehingga cocok untuk mengajak keluarga atau rombongan makan siang. Untuk masuk pulau ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya.

4. Pulau Lengkuas.

Refreshing di 7 surga dunia Belitung, cuma modal Rp 2 juta berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pulau yang letaknya berdekatan dengan Pulau Kepayang ini terkenal dengan mercusuarnya. Rasanya tidak lengkap jika kamu pergi ke Pulau Lengkuas namun tidak mencoba masuk ke dalam mercusuar dan melihat keindahan pulau dari ketinggian. Untuk bisa melihat mercusuar peninggalan Belanda ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

5. Danau Kaolin.

Refreshing di 7 surga dunia Belitung, cuma modal Rp 2 juta berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Danau ini terbentuk dari bekas tempat penambangan Kaolin. Spot wisata Instagramable ini menyajikan pemandangan indah dengan perpaduan warna putih bersih dan biru terang. Tanpa biaya masuk, kamu bisa mengabadikan momen liburanmu sepuasnya di Danau Kaolin. Selain itu, kamu juga bisa berenang di danau yang terletak di Desa Air Raya, Tanjung Pandan ini, lho.

6. Wisata kuliner khas Belitung.

Refreshing di 7 surga dunia Belitung, cuma modal Rp 2 juta berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selagi jalan-jalan di Belitung, jangan lewatkan mencicipi kuliner khasnya yang terkenal. Misalnya menyantap mi Belitung Atep yang terdiri dari mi, emping, tahu, kentang, timun, dan udang. Atau menikmati kopi khas Belitung langsung di warung kopinya. Kamu bisa mengunjungi beberapa warung kopi terkenal seperti Warung Kopi (Warkop) Kong Djie, Warkop Ake, dan Warkop Atet.

7. Nostalgia ke Museum Kata.

Refreshing di 7 surga dunia Belitung, cuma modal Rp 2 juta berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Belum lengkap rasanya berlibur ke Belitung jika tidak mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata. Di museum literatur pertama di Indonesia ini, kamu bisa bernostalgia melihat koleksi film Laskar Pelangi dan berbagai karya Andrea Hirata.

Bangunan museum yang berwarna-warni juga cocok untuk jadi tempat foto, lho. Kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu untuk bisa mengunjungi museum unik ini.

Gimana? Membayangkannya saja jadi ingin cepat-cepat packing dan liburan ke Belitung kan?

Nah, seperti disebutkan di awal, kamu bisa berlibur ke destinasi-destinasi di atas hanya bermodal Rp 2 juta selama dua hari. Dengan rincian biaya sewa perahu untuk island hopping seharian sekitar Rp 500 ribu yang bisa dibagi 5-7 orang, sehingga per orang hanya perlu membayar sekitar Rp 100 ribu. Biaya penginapan bisa kamu anggarkan Rp 200 ribu per orang untuk dua malam, dengan catatan kamu menggunakan satu kamar untuk dua orang.

Sewa mobil selama dua hari sekitar Rp 500 ribuan yang bisa dibagi 5-7 orang, sehingga per orang cukup membayar Rp 100 ribuan. Biaya makan selama dua bisa kamu anggarkan sebesar Rp 200 ribu per orang dan total tiket masuk wisata sebesar Rp 53 ribu.

Nah, biaya Rp 2 juta juga sudah termasuk tiket pesawat PP yang biasanya berkisar mulai dari Rp 700 ribuan - Rp 1 jutaan. Jadi total biayanya sekitar Rp 1,7 juta. Sisa budget bisa kamu gunakan untuk keperluan darurat atau belanja pribadi.

Oh ya, harga tiket pesawat ini bisa lebih murah jika memanfaatkan tiket promo dari maskapai tertentu. Seperti AirAsia yang nggak jarang memberi berbagai penawaran menarik, termasuk promo tiket.

Kabar baiknya, kini kamu bisa terbang langsung dari Jakarta ke Belitung dengan AirAsia. Ya, rute baru AirAsia Jakarta-Belitung ini akan mulai beroperasi mulai 1 Oktober 2019 mendatang. Menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi, AirAsia akan melayani penerbangan Jakarta-Belitung dengan frekuensi tujuh kali seminggu.

Menariknya lagi, kamu juga bisa mendapatkan free bagasi hingga 15 kg untuk setiap penerbangan domestik. Untuk info selengkapnya bisa kamu cek di sini.

 

RECOMMENDED BY EDITOR