Brilio.net - Kegiatan traveling saat ini kerap dijadikan pelarian bagi mereka yang bosan dengan kegiatan sehari-hari. Tak jarang, beberapa orang tetap melakukan traveling meski hanya memiliki waktu luang yang mepet.

Namun, melakukan liburan nyatanya tak semudah itu. Ada banyak hal yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu, mulai dari perencanaan waktu, dana liburan, hingga destinasi yang tepat.

Eh, tapi bukan berarti kamu nggak bisa liburan dengan budget minim dan waktu mepet. Biar kamu nggak makin pusing dan stres, ini lho rahasia liburan tetap puas walaupun kantong nggak maksimal dan waktumu terbatas. Brilio.net telah rangkum untukmu!

1. Coba twin destination.

Rahasia puas liburan meski budget minim dan waktu mepet berbagai sumber

foto: theinternettraveler.com

Kamu berencana untuk mengunjungi sebuah negara atau kota? Kalau begitu, cobalah untuk memanfaatkannya dengan melakukan twin destination. Konsep ini adalah liburan sekali jalan namun bisa sekaligus eksplor beberapa tempat tujuan wisata, mulai dari destinasi tengah kota hingga wisata alam yang ada di pedalaman.

Liburan dengan cara ini bisa hemat budget dan waktumu, lho. Kamu akan makin puas karena bisa melihat banyak tempat-tempat seru.

2. Cari promo tiket perjalanan, hotel, dan tempat wisata.

Rahasia puas liburan meski budget minim dan waktu mepet berbagai sumber

foto: theoddyseyonline.com

Langkah yang nggak kalah penting untuk bisa tetap berlibur adalah rajin mencari promo. Untuk mendapatkan sesuatu, kamu tentu butuh usaha. Nah, kalau ingin mencari promo kamu harus sering-sering browsing. Pasalnya untuk menemukan promo yang sesuai kebutuhanmu tidaklah gampang. Dengan promo, kamu pasti akan lebih mudah untuk menekan budget, liburan pun akan semakin menyenangkan.

3. Strategi booking tiket.

Rahasia puas liburan meski budget minim dan waktu mepet berbagai sumber

foto: huffingtonpost.com

Untuk bisa berlibur meski waktu mepet, kamu juga perlu tahu strategi booking tiket yang tepat. Pastikan kamu bisa memesan dan membayarnya dengan mudah. Nggak mau dong ribet bin pusing cuma ngurusin masalah pembayaran booking tiket aja?

Nah, solusinya kamu bisa booking tiket di Traveloka, guys, di mana kamu bisa melakukan pembayaran dengan berbagai cara. Nggak perlu takut harus punya kartu kredit untuk pesan tiket online di Traveloka, karena ada berbagai opsi pembayaran lain, mulai dari transfer via ATM, internet banking, hingga Alfamart dan Indomaret. Nggak percaya? Cek langsung ke sini deh!

4. Fokus ke itinerary.

Rahasia puas liburan meski budget minim dan waktu mepet berbagai sumber

foto: etsy.com

Sebelum berangkat, ada baiknya kamu membuat itinerary alias rencana perjalanan. Jika kamu sudah memiliki itinerary, perjalananmu pun akan lebih terarah dan juga memiliki estimasi bujet. Dengan begitu, nggak akan ada waktu dan uang yang kamu sia-siakan selama berlibur. Adanya sebuah itenerary juga akan membuatmu lebih mengenal destinasi yang akan kamu kunjungi. Berguna banget, kan?

5. Menentukan jadwal libur.

Rahasia puas liburan meski budget minim dan waktu mepet berbagai sumber

foto: aafa.org

Nah, biar makin puas liburan, kamu tetap wajib mengatur waktu yang dimiliki. Pastikan kamu punya hari libur maupun jatah cuti. Dengan mengatur waktu, kamu bisa menyelesaikan segala urusan sebelum pergi berlibur, sehingga perjalananmu tak akan terganggu.

Mulai sekarang, nggak ada lagi yang bisa menghalangimu untuk pergi berlibur. Yuk, mulai atur jadwal dan tentukan destinasi berliburmu!