Brilio.net - Halo, Sobat Brilio! Apakah kamu suka memelihara hewan? Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, ada lho pasar yang menjual berbagai macam satwa. Pasar ini sudah terkenal ke mana-mana. Namanya Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY).

Pasar satwa yang terletak di Jl. Bantul Km.1 No.141, Gedongkiwo, Mantrijeron, Kota Yogyakarta ini sebelumnya berlokasi di Ngasem. Banyak satwa yang bisa kamu temukan di pasar yang diresmikan oleh Walikota Yogyakarta, Hery Zudianto, pada 22 April 2010 ini. Kamu bisa menemukan burung hias, mamalia eksotis, reptil, kucing, anjing, serta ikan hias. Selain itu, aneka keperluan satwa seperti tempat kandang dan pakan pun dijual di pasar ini.

Saat pandemi Covid-19, pasar ini sepi pembeli. Namun kini dengan meredanya pandemi, semua aktivitas jual-beli PASTY pun mulai bergerak kembali.

"Pada awal pandemi, di pasar satwa ini terjadi penurunan penjualan drastis. Namun di tahun ini penjualan satwa mulai berangsur ramai kembali. Istilahnya penjualan bisa naik, penghasilan juga lumayan bertambah," jelas Fajar, penjaga pasar satwa PASTY saat diwawancarai brilio.net, Jumat  (23/9).

PASTY, surga pecinta satwa yang ramai lagi pasca terkungkung pandemi dok. Annisa Dhea

foto: dok. Annisa Dhea

Pasar ini beroperasi normal dan ramai setelah pelonggaran protokol kesehatan (prokes), lantaran landainya kasus Covid-19 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Namun, bukan berarti kamu yang ingin ke PASTY mengabaikan prokes, ya. Saat berkunjung ke pasar yang dibuka pada pukul 7 pagi hingga 5 sore ini, kamu tetap wajib mencuci tangan, mengingat adanya interaksi antara pembeli dan satwa yang dijual.

Seiring ramai kembali, pengelola PASTY juga menambah sarana dan prasarana baru yaitu memperluas taman hingga membuat acara musik pada malam hari. Semua dilakukan demi meningkatkan animo pembeli ataupun pengunjung di pasar tersebut.

PASTY diam-diam telah menjadi surga bagi kamu para pecinta satwa. Kehadirannya bagai kebun binatang mini yang koleksinya dapat dimiliki. Tempat ini juga menjadi edukasi, di mana kamu dapat mengenal berbagai jenis satwa yang ada.

Magang: Annisa Dhea

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/tin)