Brilio.net - Kamu pernah mendengar Museum Madame Tussauds yang ada di London, yang terkenal dan memiliki cabang di berbagai negara? Madame Tussauds adalah sebuah museum lilin terkenal di London, Inggris, yang memiliki cabang-cabang di beberapa kota besar di dunia. Museum ini pertama kali didirikan oleh pematung lilin Marie Tussaud.

Tak perlu jauh-jauh ke London jika ingin menikmati museum tersebut. Di Yogyakarta ada museum serupa yang menyuguhkan patung-patung tokoh dunia dari dunia politik hingga dunia hiburan. Mirip dengan Museum Madame Tussauds di London. Uniknya, museum yang ada di Yogyakarta juga menyuguhkan patung-patung tokoh pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia pula. Namanya adalah Museum De Arca.

Museum De Arca yang juga menjadi museum patung pertama dan terbesar di Indonesia ini diresmikan pada Desember 2014 dan terletak tepat di sebelah De Mata Trick Eye Museum, yakni di XT Square, Jalan Veteran, Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, museum ini menjadi rumah bagi puluhan koleksi patung tokoh-tokoh terkemuka dengan skala 1:1.

Museum lilin ala Madame Tussauds London ada di Yogya, keren!


Sama halnya dengan Museum Patung Lilin Madame Tussauds, patung-patung karya seniman kenamaan Jogja, Dunadi, ini dibuat mirip seperti aslinya dengan kostum dan gestur yang sama. Hanya saja, patung-patung ini tidak terbuat dari lilin, melainkan dari resin (getah yang dihasilkan oleh tumbuhan tertentu) karena disesuaikan dengan keadaan iklim di Yogyakarta.

"Kita selalu menambah koleksi patung tokoh secara bertahap, mengikuti perkembangan di luar sana," ujar Wahyu, salah satu pegawai di Museum De Arca kepada brilio.net, Jumat (18/12).

Museum lilin ala Madame Tussauds London ada di Yogya, keren!


Secara keseluruhan, museum ini terdiri dari tiga zona, yakni zona tokoh nasional, zona presiden dunia, dan zona tokoh dunia. Museum yang sangat mengedukasi ini menjadi primadona saat musim liburan tiba. Tak hanya anak-anak saja, museum ini pun juga dikunjungi para kawula muda, rombongan kantor, dan juga keluarga.

"Pengunjungnya kebanyakan dari luar Yogyakarta. Dari banyak kalangan. Anak muda, keluarga, rombongan kantor juga pernah. Biasanya pada foto-foto sama patungnya," lanjut perempuan yang bertugas menemani dan mengawasi pengunjung di Museum De Arca ini.

Museum lilin ala Madame Tussauds London ada di Yogya, keren!


Di museum ini, patung tokoh-tokohnya terbilang komplet. Dari pahlawan Cut Nyak Dien, Pangeran Diponegoro, hingga R.A Kartini pun ada. Tak hanya pahlawan-pahlawan di zaman kemerdekaan, kamu pun akan menemukan tokoh-tokoh nasional dan dunia dari Soekarno hingga Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama. Untuk tokoh dunia ada Einsten hingga Jackie Chan.

Museum lilin ala Madame Tussauds London ada di Yogya, keren!


Nah, jika kamu sedang merencanakan liburan di Yogyakarta sepertinya museum lilin ala London ini bisa masuk ke daftar kunjunganmu.