Brilio.net - Liburan jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan paling dinanti setiap orang. Mengistirahatkan raga dan pikiran setelah bekerja keras, tak ada tidak ada salahnya untuk memberikan reward pada diri sendiri dengan cara pergi liburan.

Kalau kamu bosan untuk pergi liburan di negeri sendiri, bisa kamu coba pengalaman baru untuk pergi traveling ke luar negeri. Ada banyak maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan dengan rute internasional ke berbagai negara di belahan dunia.

Salah satunya adalah Maskapai ANA. Maskapai All Nippon Airways atau biasa disingkat ANA merupakan salah satu maskapai asal negeri Bunga Sakura. Maskapai ANA dapat membawa kamu terbang ke penjuru belahan dunia mana pun yang kamu inginkan!

Apabila kamu ingin pergi liburan ke negeri orang di luar sana, uang mungkin menjadi faktor paling penting untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan maksimal selama liburan. Akan tetapi, pengelolaan yang tidak pasti akan tetap dapat membuat liburan kamu jadi tidak berkesan.

Perbedaan kultur dan budaya menjadi hal paling kentara yang akan kamu rasakan selama liburan ke negeri orang. Oleh karena itu, selain mempersiapkan uang, terdapat beberapa hal lainnya yang wajib kamu perhatikan agar liburan kamu menjadi pengalaman berkesan yang dapat dengan bangga kamu ceritakan.

Berikut ini beberapa tips untuk liburan ke luar negeri agar nyaman dan tetap on budget seperti dihimpun brilio.net, Kamis (11/8)!

1. Memilih Negara Tujuan

Mau traveling ke luar negeri? © 2022 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Hal pertama yang wajib kamu persiapkan bahkan sebelum mempersiapkan bujet liburan yaitu, kamu sudah mengetahui akan ke mana kamu pergi dan berapa lama kamu akan liburan. Meskipun terkesan sepele, hal ini penting untuk kamu lakukan agar liburan kamu akan menjadi sangat berkesan dan kamu merasa puas dengan planning yang telah kamu rangkai.

Bayangkan saja, bahkan terkadang, dengan adanya planning sedemikian rupa saja, liburan bisa menghadapi beberapa kondisi yang tidak pernah terpikirkan. Apalagi, kalau kamu tidak mempersiapkan apa-apa. Jangan sampai, waktu liburan ini menjadi waktu di mana kamu hanya menghamburkan uang dengan percuma!

2. Memperhatikan Pemilihan Waktu Liburan

Mau traveling ke luar negeri? © 2022 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Lalu, hal yang berkaitan dengan waktu liburan. Persoalan yang satu ini dapat berkaitan dengan durasi waktu liburan kamu, serta kapan kamu akan pergi berlibur. Akan sangat disarankan bagi kamu untuk pergi liburan pada saat bukan musim liburan atau high season di negara tujuan kamu.

Apabila kamu pergi saat orang-orang banyak berkunjung ke negara impian, kamu akan merogoh kocek lebih dalam untuk berbagai aspek bujet, mulai dari tiket pesawat, tempat tinggal, makanan, tiket masuk wisata, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan untuk durasi waktu liburan, ini bisa kamu sesuaikan dengan jarak negara yang akan kamu kunjungi, dengan jatah cuti atau jatah libur yang kamu miliki. Hal yang satu ini sangat fleksibel menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu

3. Memperhatikan Musim Pada Negara Tujuan

Mau traveling ke luar negeri? © 2022 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Selain memperhatikan waktu liburan dan durasi waktu liburan, penting juga untuk kamu memperhatikan pergantian musim di negara yang hendak kamu tuju. Pastikan, bahwa pada tanggal keberangkatan kamu merupakan tanggal dan bulan di mana musim-musim tertentu sedang berlangsung dan sesuai dengan keinginan kamu.

Kalau kamu pergi ke negara tropis seperti Indonesia, akan lebih mudah untuk kamu beradaptasi dengan cuacanya. Akan tetapi, apabila kamu pergi ke negara empat tropis seperti Jepang, akan ada banyak sekali hal yang perlu kamu sesuaikan agar badan tetap fit dan berenergi selama pergi liburan.

Penting juga bagi kamu untuk memperhatikan barang bawaan seperti pakaian yang hendak kamu bawa selama pergi liburan. Terlebih, ketika itu pergi liburan ke negara empat musim. Perbedaan cuaca yang signifikan ini akan membutuhkan effort lebih untuk kamu dalam mempersiapkan outfit yang hendak kamu gunakan ke negara tujuan liburan kamu.

Jangan sampai, kamu malah membawa barang-barang yang salah kostum. Sehingga, memaksa kamu untuk membeli perlengkapan baju di negara tujuan kamu, yang pastinya akan memengaruhi bujet liburan kamu.

4. Pesan Tiket Pesawat & Akomodasi Penginapan Jauh-Jauh Hari

Mau traveling ke luar negeri? © 2022 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Hal paling penting lainnya yang wajib kamu perhatikan saat pergi liburan adalah memesan tiket pesawat dan akomodasi penginapan jauh-jauh hari. Hal ini penting untuk kamu lakukan, mengingat negara tujuan memiliki konversi uang yang berbeda dengan Indonesia, sehingga itu akan memengaruhi jumlah uang yang kamu akan keluarkan.

Apabila kamu pergi ke negara dengan nilai konversi uang lebih kecil daripada rupiah, hal ini tentu akan menguntungkan kamu. Akan tetapi apabila kamu pergi ke negara dengan konversi mata uang lebih tinggi daripada rupiah, tentu kamu harus mempersiapkan bujet lebih agar tidak kekurangan selama di negara orang.

Nah, apabila kamu pergi ke negara hingga menyeberang benua, ada baiknya kamu juga mempersiapkan asuransi perjalanan sebagai back up ketika ada suatu hal tidak diinginkan terjadi pada diri kamu.

Untuk pemesanan tiket pesawat dan akomodasi penginapan, kamu dapat percayakan hal ini kepada Traveloka. Ada banyak pilihan tiket dan akomodasi penginapan murah dapat kamu temukan di Traveloka.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu gunakan ketika hendak mempersiapkan diri untuk pergi ke luar negeri. Sudah siap untuk berpetualang di negeri orang?

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)