Brilio.net - Solo traveling beberapa tahun terakhir memang menjadi tren. Banyak orang yang lebih memilih solo traveling karena ingin mengetahui seberapa jauh kemampuan dirinya bepergian seorang diri.

Namun, banyak orang merasa melakukan solo traveling lebih mahal dibanding pergi bersama teman atau keluarga. Ya jelas saja, kalau biasanya untuk tempat menginap dan kendaraan bisa berbagi dengan teman, maka solo traveling harus sendirian.

Seperti dilansir dari New York Post, Senin (8/10), dalam catatan The Telegraph berdasarkan survei yang dilakukan Good Housekeeping, para solo traveler menghabiskan uang hampir USD 2,660 lebih atau sekitar Rp 41 juta setiap tahunnya. Angka ini lebih tinggi dibandingkan mereka yang melakukan perjalanan wisata dengan pasangan atau beberapa sahabat.

Namun tak perlu khawatir, ada cara agar solo traveling kamu tetap dalam budget yang aman. Salah satu hal yang terpenting adalah kamu harus memesan perjalanan setahun sebelumnya.

"Dengan memesan tiket perjalanan jauh hari, kamu bisa menggunakan harga sekarang yang mungkin bisa saja lebih tinggi pada waktu keberangkatan yang kamu inginkan," kata agen perjalanan dengan Ovation Vacations, Julie Banning.

Selain itu, kamu juga bisa mencari operator tur yang spesialisasi dalam solo traveling. Beberapa layanan tersebut tidak memebrikan biaya tambahan untuk pembayaran hotel satu orang. Wah bisa dicoba ya.