Brilio.net - Selama ini kamu cuma mengenal Mesir sebagai negara yang identik dengan kemegahan piramidanya. Hal itu lantaran, sejak zaman dulu Mesir memang telah menjadi kiblat arsitektur dunia. Tak sedikit bangsa asing yang datang ke negara ini untuk mempelajari piramida.

Tapi tahukah kamu kalau masih ada negara-negara lain yang juga memiliki piramida yang menakjubkan. Piramida yang dimaksud bukan piramida modern yang dibangun untuk kepentingan pariwisata, namun piramida kuno yang punya sejarah serupa di Mesir.

Seperti yang dihimpun brilio.net dari travelingyuk.com, ini lima piramida megah tersebut, Rabu (24/2):

1. Piramida Matahari, Meksiko

Lupakan Mesir, ternyata 5 negara ini juga punya piramida megah & kuno

foto: gogringo.com

Di kawasan Benua Amerika, Suku Maya begitu dikenal karena peninggalan bangunannya yang sangat banyak. Mereka juga dikenal sebagai salah satu suku dengan peradaban paling modern di zaman kuno. Tapi di Meksiko juga ada peninggalan Suku Aztec bernama Teotihuacan, sebuah kompleks yang berisi banyak piramida dan memiliki arti 'tempat kelahiran para dewa'. Di kompleks ini juga terdapat Piramida Matahari sebagai yang utama. Piramida Matahari adalah yang paling besar di antara piramida lainnya dengan ukuran tingginya mencapai 72 meter.

2. Piramida Caius Cestius, Italia

Lupakan Mesir, ternyata 5 negara ini juga punya piramida megah & kuno

foto: twoyeartrip.com

Selain Colosseum, Italia juga memiliki bangunan peninggalan bangsa Romawi berupa piramida. Adalah Piramida Caius Cestius, terletak di kota Roma yang dibangun antara abad ke 18 hingga 12 sebelum masehi. Menurut penelitian piramida setinggi 36 meter tersebut adalah makam dari seorang Romawi kaya yang menggilai semua hal berbau Mesir. Piramida Caius Cestius adalah satu-satunya yang masih utuh dan berdiri di tanah Eropa.

3. Piramida Tikal, Guatemala

Lupakan Mesir, ternyata 5 negara ini juga punya piramida megah & kuno

foto: cahalpech.com

Salah satu peninggalan terbesar Suku Maya bisa ditemukan di Guatemala, Amerika Selatan dalam bentuk piramida yang dinamai Tikal. Piramida Tikal ini secara spesifik terletak di El Peten dan menurut penelitian telah dibangun oleh Suku Maya sejak tahun 732 masehi. Bentuknya cukup unik dan berbeda dari konsep piramida kebanyakan. Keunikan lain yang dimiliki Piramida Tikal adalah material penyusunnya yang terbuat dari batu kapur yang ditumpuk setinggi 47 meter.

4. Piramida Guimar, Spanyol

Lupakan Mesir, ternyata 5 negara ini juga punya piramida megah & kuno

foto: wikipedia.org

Situs arkeologi ini bari ditemukan 26 tahun lalu tepatnya di tahun 1990. Menurut penelitian yang dilakukan arkeolog, Piramida Guimar adalah situs muda yang baru dibangun pada abad ke-19. Belum pasti siapa yang membangunnya tapi sebagian arkeolog berpendapat bahwa situs tersebut dibangun oleh Suku Guanche yang merupakan penduduk asli di Kepulauan Canaria.

5. Piramida Nubia, Sudan

Lupakan Mesir, ternyata 5 negara ini juga punya piramida megah & kuno

foto: photoshelter.com

Ternyata ada salah satu negara yang mendapat julukan negeri Piramida selain Mesir, yaitu  Sudan. Berdasarkan penelitian, jumlah piramida di Sudan lebih banyak ketimbang di Mesir yang mencapai lebih dari 200 buah meski kebanyakan berukuran kecil. Piramida-piramida ini umumnya ditemukan di wilayah Nubia, bagian utara dari Sudan dan dekat Sungai Nil.