Brilio.net - Menyelam di lautan bersama hewan laut dan ikan warna-warni yang menghuninya, pasti menyenangkan bagi kamu yang hobi menyelam. Tapi, kamu akan mendapatkan sensasi yang berbeda jika melakukan itu di Dean's Blue Hole yang berada dekat kota Clarence di Long Island, Bahama. Buat kamu yang masih pemula, tenang saja. Sebab, tempat ini juga cocok buat kalian.

Dean's Blue Hole dikenal sebagai lubang laut atau lubang biru terdalam dan terbesar kedua di dunia. Blue hole adalah istilah untuk sebuah gua laut besar yang diisi air dengan pintu masuk berada di bawah permukaan laut. Keajaiban alam ini disebut lubang biru karena bagian dalamnya memiliki warna biru tua yang terlihat kontras dengan perairan dangkal di sekitarnya.

Jika sebagian besar lubang biru dan lubang tanah mencapai kedalaman maksimum 110 meter, kedalaman Dean's Blue Hole ini lebih dari 200 meter. Lubang laut ini berdiameter 25 meter sampai 35 meter. Setelah penyelam turun pada kedalaman 20 meter, lubang akan semakin melebar jauh ke dalam gua, dengan diameter mencapai 100 meter.

Meskipun lubang ini jadi tempat yang benar-benar aman untuk menyelam, tapi orang yang belum ahli renang dan menyelam disarankan untuk tidak masuk terlalu dalam. Meski begitu nggak perlu berkecil hati sebab, sebenarnya pada kedalaman 20 meter saja penyelam sudah bisa melihat pemandangan yang menakjubkan di lubang biru ini.

Nah, berikut ini foto keindahan Dean's Blue Hole yang dikutip brilio.net dari Scoopwhoop, Senin (28/11). Jadi pengen nyelam kesana ya?

1. Dean's Blue Hole yang berada dekat kota Clarence di Long Island, Bahama, dikenal sebagai lubang laut terdalam di dunia.

Blue Hole © 2016 scoopwhoop.com



2. Kedalaman Dean's Blue Hole mencapai lebih dari 200 meter.

Blue Hole © 2016 scoopwhoop.com



3. Lubang laut ini berdiameter mulai dari 25 meter sampai 35 meter dan cocok buat kamu yang hobi menyelam.

Blue Hole © 2016 scoopwhoop.com



4. Setelah penyelam turun pada kedalaman 20 meter, lubang akan semakin melebar jauh ke dalam gua.

Blue Hole © 2016 scoopwhoop.com



5. Buat kamu yang jago menyelam bisa berkunjung ke lubang biru ini.

Blue Hole © 2016 scoopwhoop.com



6. Tidak ada angin dan tidak ada gelombang besar, menjadikannya tempat ini ideal bahkan untuk perenang pemula.

Blue Hole © 2016 scoopwhoop.com



7. Lubang biru ini dibentuk oleh air tanah yang lebih dalam, secara bertahap melarutkan batuan kapur sampai langit-langit tanah runtuh.

Blue Hole © 2016 scoopwhoop.com



8. Selanjutnya permukaan laut pun naik dan mengisi lubang tersebut dengan air.

Blue Hole © 2016 scoopwhoop.com



9. Sama seperti namanya, bagian dalam lubang memiliki warna biru tua yang terlihat kontras dengan perairan dangkal di sekitarnya.

Blue Hole © 2016 scoopwhoop.com



10. Jika dilihat dari permukaan laut, lubang ini tampak seperti lingkaran biru yang gelap. Tertarik piknik ke sana?

Blue Hole © 2016 scoopwhoop.com