Brilio.net - Memasuki libur akhir tahun, sudah punya rencana liburan? Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Tanah Air, khususnya Jakarta, juga banyak sekali atraksi menarik yang bisa dinikmati bersama keluarga, kerabat, atau pasangan.

Di edisi libur akhir tahun kali ini, SeaWorld Ancol menghadirkan wahana Jellyfish yang lebih luas untuk memberikan pengalaman menjelajah dunia laut lebih menakjubkan lagi.

Mengangkat tema Witness the Miracle Here, SeaWorld Indonesia menghadirkan 10 akuarium khusus yang berisi ubur-ubur. Spesies ubur-ubur yang ditampilkan pun lebih beragam. Mulai dari jenis blubber, spotted, upside down, sea nettle hingga spesies terbaru dan terunik moon jelly fish. Ubur-ubur tersebut akan membiaskan cahaya yang berwarna warni dari dalam akuarium khusus.

Akuarium yang ditampilkan juga istimewa karena memiliki sistem yang berbeda dari akuarium pada umumnya, yaitu jenis akuarium kriesel, semi kriesel dan silinder. Akuarium dilengkapi arus air berputar untuk membuat ubur-ubur tidak akan terjebak pada sudut akuarium tetapi tetap berenang di dalam akuarium.

VP SeaWorld Ancol, Rika Sudranto mengatakan pada 2029 ini pihaknya mampu membudidayakan ubur-ubur dari beberapa spesies secara mandiri. "Budidaya secara mandiri ini merupakan upaya SeaWorld Ancol untuk tetap menjaga kelestarian biota, karena Ancol sebagai salah satu lembaga konservasi memiliki kemampuan untuk melakukan upaya pelestarian tersebut," ujarnya.

Tak hanya melihat spesies ubur-ubur saja, pengunjung juga akan dihibur dengan tarian jellyfish dari anak-anak sekolah dasar yang unik dan menyala. Anak-anak ini akan bergerak dengan gemulai seperti ubur ubur dan berkelap keiip. Jellyfish Sphere menerapkan konsep glowing in the dark, di mana dinding Jellyfish Sphere dibuat berbagai lukisan ubur-ubur yang menyala dalam gelap. Oleh karena itu dalam kegiatan yang sama juga ada kegiatan meiukis kaos dengan tema ubur-ubur dengan menggunakan tinta yang dapat menyala dalam gelap.

Keunikan lain dari dekorasi Jellyfisn Sphere dengan memasang berbagai dekorasi ubur-ubur dari botol plastik bekas yang terbuat dari sampah dilingkungan SeaWorld Ancol. "Hal ini dilakukan sebagai upaya membangunan awarness untuk masyarakat agar mulai memperhatikan bahkan menghentikan pemakaian berbagai kemasan plastik," pungkasnya.