Brilio.net - Jogja surga bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Mau wisata budaya, alam, sampai kuliner tumplek blek di daerah yang disebut sebagai Mahkota Jawa ini. Nah, kamu yang mau liburan ke Jogja, udah tahu belum mau ke mana aja?

Nih, udah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (22/9), 10 tempat hits di Jogja dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi segera. Apa aja? Check them out!

1. Kalibiru, Kulonprogo.

jogja hits Istimewa

foto: tipsjalan.com

Wisata alam satu ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Keindahan alamnya jadi lokasi yang instagramable, lho. Bahkan nggak jarang ada yang foto pre-wedding di sini. Selain itu lokasi ini juga kerap dijadikan lokasi kegiatan outbond.

Lokasi Kalibiru ini berupa area hutan kemasyarakatan (hutan yang dikelola masyarakat) yang ada di Perbukitan Menoreh. Dari puncaknya, kamu bisa melihat panorama indah dan waduk Sermo. Cuacanya yang sejuk bikin refreshing dari kepenatan kesibukan sehari-hari makin mantap.

Kalau kamu mau ke sini, lokasinya hanya berjarak sekitar 40-45 kilometer dari pusat Kota Jogja. Ambil saja rute Jogja kemudian ke Wates menuju Sentolo. Dari Sentolo kamu ke arah Waduk Sermo. Kalibiru ini nggak jauh dari waduk Sermo. Hanya butuh waktu 30 menit dari waduk Sermo ke Kalibiru. Kalau diakumulasikan dengan lamanya perjalanan dari Kota Jogja, kira-kira kamu butuh waktu 1-1,5 jam perjalanan motor atau mobil dari Jogja sampai ke Kalibiru.

2. Rumah Paris.

jogja hits Istimewa

foto: vindodesign.com

Inget video musiknya Sheila on 7 untuk lagu Lapang Dada? Di sinilah lokasi syutingnya, Sobat Brilio. Disebut Rumah Paris karena dekorasinya mirip rumah-rumah di Eropa. Fungsinya sih sebagai penginapan tapi sudut-sudut area bangunan bisa dimanfaatkan untuk foto pre-wedding atau berfoto ala-ala kekinian gitu. Selain penginapan, pengelola Rumah Paris juga menyediakan fasilitas breakfast untuk pengunjung yang menginap.

Kamu yang pengen banget ke sini, lokasi Rumah Paris di Jalan Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Rute dari pusat Kota Jogja seperti Malioboro, ke arah Jalan Parangtritis, lantas menuju Tembi. Terus tinggal tanya aja alamat persis Rumah Paris.

3. Umbul Ponggok.

jogja hits Istimewa

foto: Instagram/@umbulponggok

Mau berfoto di bawah air dengan gaya macam-macam, mulai dari ala penyelam sampai kayak nonton TV di rumah? Umbul Ponggok adalah jawaban rasa penasaranmu. Keunikan kolam renang ini adalah setting di bawah airnya macam-macam layaknya setting di atas air.

Lokasi Umbul Ponggok sih ikut Klaten, Jawa Tengah, tapi nggak jauh-jauh amat dari pusat Kota Jogja. Kurang lebih butuh waktu satu jam perjalanan kendaraan bermotor. Rute yang bisa kamu ambil dari Kota Jogja adalah menuju Klaten. Saat sudah di Klaten kamu akan menemui terminal Penggung. Di perempatan dekat terminal Penggung ini, kamu menuju ke desa Ponggok, ambil arah kiri. Lurus aja sampai ketemu pertigaan dekat markas Koramil. Kemudian kamu belok kanan sampai sekitar dua kilometer. Kamu bisa menemukan objek wisata Umbul Ponggok di pinggir jalan.

4. Hutan pinus Mangunan.

jogja hits Istimewa

foto: Instagram/@wonderfuljogja

Mau wisata alam yang nggak kalah hits? Hutan pinus Mangunan atau hutan pinus Imogiri/hutan pinus Dligo adalah lokasi yang cocok buatmu mencari tempat asyik, instagramable, dan tenang.

Hutan pinus yang berlokasi di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul ini sudah dilengkapi banyak fasilitas, antara lain gardu pandang, panggung pertunjukan, toilet, mushola, dan warung-warung makanan. Bahkan kalau kamu mau bersantai pakai hammock di sini, boleh banget, lho.

Untuk sampai ke sini kamu bisa mengambil rute Pusat Kota Jogja–Jalan Imogiri Timur–Imogiri–pertigaan Imogiri belok ke kiri arah Makam Raja Imogiri–pertigaan lagi belok ke kanan arah Mangunan–pertigaan Mangunan belok kiri ke arah hutan pinus. Selanjutnya kamu akan disambut deretan pohon pinus yang menjulang tinggi dan memberikan kesan rindang dan sejuk.

5. Watu Lumbung.

jogja hits Istimewa

foto: panduanwisata.id

Nama lengkapnya Kampung Edukasi Watu Lumbung, yang terletak di Bukit Parangtritis, Kretek, Bantul. Untuk menuju ke sini, rutenya adalah Kota Jogja ke arah Jalan Parangtritis, kemudian ke Jembatan Kretek. Dari jembatan ini kamu belok kiri untuk sampai ke Watu Lumbung.

Di Watu Lumbung kamu bisa mendapatkan panorama eksotis, yakni sunset dan sunrise. Keunikan tempat wisata ini adalah nilai kepedulian. Kok, bisa? Ternyata di sini ada kedai minuman, Kedai Wedangan, yang mengizinkan pembeli menukar satu paket makanan gratis dengan tiga buku layak baca yang dimiliki si pembeli. Program ini dijalankan karena pihak Watu Lumbung punya perpustakaan yang diperuntukkan untuk warga setempat. Wah, keren banget ya?!

6. Rumah Warna-Warni Code.

jogja hits Istimewa

foto: Istimewa

Pinggiran sungai Code di Jogja jadi salah satu sudut yang wajib kamu abadikan. Di sini, rumah-rumah warga dicat warna-warni yang menunjukkan semangat keceriaan dan kemandirian para penghuninya. Wah... kalau kamu ke sini, mood-mu bisa jadi cerah ceria, nih.

Lokasi rumah warna-warni Code ini nggak jauh dari Tugu Jogja. Dari Tugu Jogja kamu berkendara ke Jalan Jenderal Sudirman. Cuma sekitar 5-10 menit kamu akan menemui sebuah jembatan yang melintasi Kali Code. Tepat di jembatan tersebut, di sebelah kanan, kamu akan menemui rumah warna-warni tersebut.

7. Secret Garden Coffee & Chocolate.

jogja hits Istimewa

foto: welcometojogja.com

Mau kulineran di tempat romantis yang memadukan konsep modern dan jawa klasik? Secret Garden Coffee & Chocolate wajib kamu kunjungi. Tempat makan satu ini juga berkonsep outdoor dan kalau malam dihiasi gemerlap lampu sehingga menambah suasana romantis makin menggigit.

Walau konsepnya terbilang lux, kamu nggak usah khawatir sama harga menu-menunya. Soalnya menu-menu yang ditawarkan selain enak juga berharga terjangkau, bahkan untuk kamu mahasiswa yang pengen first date sama gebetan.

Lokasi Secret Garden ini sedikit tersembunyi, dari depan nggak kelihatan semarak desainnya. Kalau dari Malioboro kamu bisa ke arah Jalan K.H. Ahmad Dahlan. Terus lurus aja sampai ketemu perempatan yang di pojokannya terdapat Hotel Cavinton. Lurus sedikit lagi ada jalan yang berbelok ke kanan, tepat setelah hotel tersebut. Kamu masuk dan akan menemui di sisi kanan ada Secret Garden.
 
8. Roaster and Bear.

jogja hits Istimewa

foto: ceritamakan.com

Kafe satu ini juga patut kamu kunjungi kalau ke Jogja, guys. Lokasinya ada di pusat Kota Jogja, tepatnya di Jalan Mangkubumi. Dari Tugu Jogja kamu jalan ke Jalan Mangkubumi sampai ketemu Hotel Harper di kiri jalan. Di dalam hotel itulah Roaster and Bear berada.

Konsep coffeshop ini terkesan klasik yang memadukan elemen kayu dan besi. Interior kafe ini juga cocok buat kamu berfoto. Menu yang ditawarkan juga bikin kamu nelen ludah, misalnya aja Bear Latte Art, Ice Green Tea Latte, Smoked Salmon Aglio Olio Spaghetti, dan sebagainya. Yakin nggak mau coba?

9. Queen Of South Resort.

jogja hits Istimewa

foto: ventiindiani.blogspot.com

Mau piknik ke tempat eksotis dan terkesan wah? Dateng aja ke Queen Of South Resort. Di resort yang terletak di kawasan Pantai Parangtritis ini, kamu bisa menikmati keindahan sunset. View-nya nggak kalah cantik dari Bali, kok.  

Kalau kamu mau menikmati sunset di sini, nggak perlu nginep  di resort. Tapi kamu wajib bayar untuk menikmati keindahan alam tersebut. Selain itu juga ada camilan dan minuman yang dijual di kawasan ini.

Untuk sampai ke lokasi ini terbilang mudah. Dari Malioboro kamu ambil rute ke Jalan Parangtritis. Ikuti aja jalan sampai pantai Parangtritis. Seenggaknya waktu yang kamu butuhkan dari pusat kota ke resort ini adalah sekitar satu jam.

10. Tebing Breksi.

jogja hits Istimewa

foto: Instagram/@sarahlistantii

Ini tempat hits baru di Jogja. Anak kekinian nggak afdol kalau nggak ke sini. Tebing Breksi sendiri merupakan tebing kapur yang terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Di sini, selain kamu bisa naik ke tebingnya untuk melihat pemandangan sekitar, kamu juga bisa duduk-duduk di arena pertunjukan.

Arena pertunjukan tersebut kerap digunakan untuk kegiatan kesenian. Pada Festival Kesenian Jogja ke-28 yang baru saja usai pada Jumat (9/9/2016) lalu, dinding tebing Breksi jadi sarana video mapping, lho. Bahkan di arena pertunjukan berlangsung pentas musik dari musisi kawakan Jogja.

Kamu yang pengen ke sini gampang banget. Dari Tugu atau Malioboro kamu ke arah Jalan Raya Solo menuju Candi Prambanan. Tepat di pertigaan besar sebelum pintu masuk Candi Prambanan, kamu belok kanan ke Jalan Opak Raya. Ikuti aja jalan itu. Kalau perlu tanya warga arah ke Tebing Breksi yang lokasinya nggak jauh dari Candi Ijo. Kamu butuh waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam untuk sampai dari pusat kota ke Tebing Breksi ini, kecuali kalau nggak ketiban macet ya.

Wah, terbukti wisata di Jogja #BikinKerenIndonesia, ya? Kamu sudah ke mana aja di Jogja? Atau kamu udah piknik ke belahan Indonesia yang mana aja? Yuk, share cerita dan fotomu ke Instagram atau Twitter untuk mendapatkan kesempatan meraih hadiah menarik! Info lengkap bisa kamu cek di telkomsel.com/bikinkerenindonesia yaaa...