Brilio.net - Tidak hanya batik, Yogyakarta juga punya kerajinan kreatif lain lho, salah satunya adalah gerabah yang terpusat di Desa Wisata Kasongan, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Desa ini kian terkenal karena hasil kerajinan tangan gerabahnya yang cukup apik. Tak heran, Kasongan menjadi tujuan wisatawan, baik lokal maupun dari mancanegara. Wah, tentu #BikinKerenIndonesia nih, Sobat Brilio!

Deretan showroom atau rumah-rumah galeri di Kasongan ini menawarkan barang-barang kerajinan dari gerabah serta dari bahan lainnya seperti guci, pot bunga, lampu hias, miniatur transportasi, aneka tas, patung, suvenir untuk pengantin, serta hiasan lain yang menarik untuk dipajang di rumah.

Kasongan DIY © 2016 brilio.net

Salah satu showroom kerajinan di Kasongan DIY. © 2016/desysusanti28914002.blogspot.com.

Sejarah desa wisata ini juga dinilai unik. Berawal dari kuda milik Belanda pada zaman kependudukan Belanda dulu yang mati tepat di lahan persawahan milik warga. Mengetahui kuda Belanda mati, pemilik sawah pun melepaskan hak kepemilikan sawahnya karena takut ancaman hukuman. Hal itu pun diikuti oleh beberapa masyarakat Kasongan. Sejumlah tanah persawahan itu akhirnya diakui oleh warga desa lain.

Penduduk yang tidak memiliki tanah persawahan itu akhirnya memulai kegiatan baru di sekitar rumahnya, yaitu mengolah tanah liat yang ternyata tidak pecah jika diempal-empalkan untuk perlengkapan dapur dan untuk mainan. Sejak itulah aktivitas kerajinan gerabah mulai ramai hingga saat ini.

Kasongan DIY © 2016 brilio.net

Berbagai kerajinan tangan dibuat dan dijual di Kasongan. ©2016/michun31.blogspot.com

Sejalan dengan perkembangan zaman, maka barang-barang kerajinan dari tanah liat atau lebih dikenal dengan kerajinan gerabah atau tembikar itu dikembangkan menjadi lebih variatif sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Bahkan saat ini warga Kasongan telah memanfaatkan bahan-bahan lainnya yang banyak terdapat di lingkungan sekitar seperti batok kelapa, bambu, rotan, kayu, dan lainnya untuk diolah menjadi barang hiasan yang memiliki nilai lebih tinggi.

Semangat tanpa batas yang dilakukan masyarakat Kasongan tentu bisa menginspirasi kita, dong. Kamu pun bisa berkontribusi dalam bentuk menceritakan hal-hal seru yang khas Indonesia atau sosok-sosok inspiratif yang #BikinKerenIndonesia lainnya. Jangan lupa unggah beserta fotonya ke Instagram atau Twitter-mu, karena kamu bisa berkesempatan dapat hadiah juga lho. Info lebih lengkap bisa kamu cek di telkomsel.com/bikinkerenindonesia . Tunggu apa lagi?