Brilio.net - Banyak banget tempat-tempat asyik yang wajib kamu kunjungi selama liburan di Singapura. Berikut ini sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/9), 10 tempat yang bikin kamu tambah gaul di Singapura.

1. ArtScience Museum – Future World: Where Art Meets Science exhibition

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Jalan-jalan ke Singapura sayang kalau kamu melewatkan ArtScience Museum yang berlokasi di Marina Bay Sands ini. Tempat ini berfungsi sebagai galeri seni dan ilmu pengetahuan dengan desain bangunan yang unik menyerupai tangan terbuka, di mana memiliki makna senada, yakni Singapura terbuka bagi para wisatawan yang berkunjung. Sebagaimana dikutip dari www.yoursingapore.com, ujung-ujung "jari" bangunan ini difilter dengan cahaya alami untuk menampilkan cahaya terbaik.

Pameran menakjubkan khas ArtScience Museum adalah Future World, sebuah pameran permanen baru. Future World menyuguhkan 15 instalasi seni spektakuler yang dihidupkan dan berevolusi dalam waktu nyata melalui interaksi dengan pengunjung. Ada empat tema yang ada di sini, yakni Nature, Town, Park, dan Space. Yakin nggak mau cobain?

2. Kuliner hidangan rekomendasi Michelin Guide Singapore

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: danielfooddiary.com

Singapura juga disebut sebagai surga kuliner, mulai dari restoran papan atas hingga jajanan kaki lima yang unik. Nah, biar kamu bisa kulineran menu-menu nikmat, coba deh cek rekomendasi menu yang disajikan Michelin Guide Singapura di guide.michelin.sg atau aplikasinya di smartphone Android dan iOs, Michelin SG.

Di sini kamu bisa menemukan beberapa tempat makan yang terpilih dengan kualitas rasa terbaik, termasuk hidangan lokal dan kaki lima yang nggak perlu merogoh biaya banyak. Selain itu, info lokasi dan jam buka restoran juga ada di panduan kuliner Michelin tersebut. Jangan lupa siapkan perut sambil eksplor kuliner Singapura ya, guys.

3. Belanja buku dan barang bagus.

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: Facebook/Kenny Leck

Jalan-jalan ke Singapura nggak lengkap kalau pulangnya nggak bawa oleh-oleh. Kamu bisa nih belanja di beberapa tempat. Mau suvenir, buku, atau aksesori?

Kalau kamu mau beli barang bagus dengan harga murah, kamu bisa ke pasar loak yang ada di Singapura. Kamu bisa ke pasar loak mingguan China Square Central di Cross Street. Di sini kamu bisa berburu barang antik dan koleksi seperti rekaman, komik, dan jam tangan. Selain itu ada juga Market of Artist and Designers (MAAD) di Red Dot Design Museum, Maxwell Road, yang diadakan setiap bulan, tepat pada hari Kamis minggu pertama atau kedua dari jam 5 sore sampai tengah malam. Pasar loak ini khusus untuk menjual kreasi orisinal seniman, desainer, dan pengrajin setempat.

Kamu bisa juga ke Zouk Flea & Easy di Zouk, 17 Jiak Kim Street, yakni pasar loak trendi pertama di Singapura yang diiringi musik dan "dihiasi" barang jualan tradisional Asia yang sudah langka. Mulai dari baju bekas layak pakai sampai barang vintage. Pasar ini diadakan tiga bulan sekali, lho.

Atau kamu mau beli buku? Kamu bisa berkunjung ke Books Actually di Yong Siak Street Singapura. Books Actually adalah toko buku yang diprakarsai Kenny Leck. Ada toko fisik, ada pula jasa melayani jual-beli online bahkan international shipping. Berbagai jenis buku ada di sini, plus ada juga alat tulis atau tote bag gitu.

Kerennya, Book Actually ini sudah ngeluarin vending machine buku. Jadi, orang bisa beli buku lewat vending machine tersebut. Mesin ini ada di National Museum of Singapore dan Singapore Visitor Centre, Orchard Road.

4. Acara-acara megah dan asyik.

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Singapura kerap jadi tuan rumah perhelatan besar. Mulai dari balap mobil Formula One (F1) sampai konser artis papan atas dunia. Nah, ada beberapa event yang sayang kamu lewatkan kalau liburan ke sini.

Pertama, Grand Prix Season Singapore dengan salah satu highlight-nya yaitu ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, 2016 Formula 1 Singapore Airlines Singapore Grand Prix yang diadakan di Marina Bay Street Circuit. Uniknya, ajang balap ini dilakukan pada malam hari dan diisi dengan hiburan konser bintang-bintang ternama seperti Kylie Minoque, Queen + Adam Lambert, Imagine Dragon.

Kedua, Halloween Horror Nights di Universal Studios Singapore. Halloween Horror Nights merupakan event horor untuk "merayakan" Halloween setiap tahunnya. Tahun 2016 ini, Halloween Horror Nights sudah yang ke-6. Di sini kamu bakal dibikin merinding dengan banyak setan dari vampir sampai pocong. Pastikan kamu bareng-bareng temen segeng kalau ke sini, ya.

Bukan cuma event yang memacu adrenalin dan bernuansa horor yang bisa kamu tonton di Singapura. Mau ajib-ajib nonton festival musik? ZoukOut adalah jawabannya. Pada tahun 2016, ZoukOut akan diselenggarakan di Siloso beach, Sentosa pada 9-10 Desember. Bakal ada DJ papan atas dunia kayak Zedd dan Hardwell, lho. Yuk, intip keseruan ZoukOut 2015 dulu dalam video berikut:

Video ZOUKOUT SINGAPORE 2015 AFTERMOVIE | 11 & 12 DEC 2015


5. Kafe dengan konsep unik dan ngehits abis.

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: noxdineinthedark.com

Makan tapi sendirian, mana asyik? Makanya ajak dong temen-temen segengmu nongkrong di kafe-kafe hits Singapura. Kamu bisa ke Hello Kitty Café yang bernuansa all about Hello Kitty, Nox Dine yang nyentrik dengan konsep dine in the dark yang bikin kamu makan dan minum di tempat gelap, atau ngopi-ngopi cakep di Forty Hands Café juga boleh.

Kamu juga bisa ngerasain bar "rahasia" di balik tampilan depannya yang merupakan restoran dengan menu-menu yummy bernama The Library atau The Study di Keong Saik Street.

6. Lokasi foto yang instagramable.

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: angieisagirl.wordpress.com

Ke Singapura nggak afdol kalau nggak cari tempat yang instagramable. Kamu bisa ke kawasan-kawasan yang punya view bagus. Misalnya aja ke Haji Lane yang terkenal sebagai kawasan untuk berbelanja. Haji Lane ini sebetulnya nama jalan kecil, bahkan ada yang menyebut lorong, tapi konsepnya unik. Jalan ini dihimpit bangunan rumah toko (ruko) yang berusia lebih dari satu abad tapi dindingnya dihiasi mural cerah banyak warna yang cantik.

Kamu juga bisa ke Tiong Bahru, kawasan perbelanjaan sekaligus pemukiman yang epik. Selain belanja, makan, atau nongkrong di restoran atau kafe di sini, kamu bisa foto-foto. Soalnya spot-spot di sini asyik-asyik semua. Misalnya aja spot di dalam restoran atau kafe di kawasan ini seperti Tiong Bahru Bakery, ke pusat seni Grey Projects, atau di area bangunan di Tiong Baru yang arsitekturnya unik.

Arsitektur bangunan di Tiong Bahru disebut unik karena terinspirasi era industri tahun 1920-an yang identik dengan produk mobil, kapal, dan pesawat. Nah, maka nggak heran kalau ada bangunan yang menyerupai sayap pesawat terbang sehingga disebut blok "Pesawat".

Mau lebih bernuansa semarak lagi untuk background fotomu? Kamu bisa ke Chinatown. Desain bangunan dan nuansa khas Tionghoa bikin kamu makin semangat mengambil foto di area ini.
 
7. Wahana permainan pemacu adrenalin.

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: chanchop.com

Mau main-main yang memacu adrenalin? Cobain aja sky diving indoor dan terowongan angin terbesar pertama di dunia di iFly. Di sini kamu bakal "diempas" angin dengan kekuatan 300 kilometer/jam!

Nggak cukup sama iFly, kamu bisa cobain G-Max Reverse Bungy. Ini adalah wahana ekstrem yang bikin jantungmu benar-benar berpacu cepat. Dengan tali bungy sepanjang 35 meter yang terpasang di dua ujung menara dan sebuah kapsul di tengah yang memuat tiga orang, kamu dan temenmu akan dilempar sejauh 60 meter ke udara sekencang mungkin. Konon, sensasinya kayak astronot yang melesat ke udara saat mereka di dalam roket. Waduh!

Masih kurang? Cobain aja Battlestar Gallactica Universal Studios Singapore, roller coaster yang gila abis! Kamu buka cuma naik turun jalur roller coaster, tapi tubuhmu akan dibuat berputar 180 derajat, dengan kepala posisi di bawah. Mau tahu keseruan gila-gilaan wahana satu ini? Cek video berikut:



8. Jalan-jalan ke kawasan kental budaya.

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: yoursingapore.com

Mau merasakan nuansa keragaman budaya di Singapura? Kamu nggak akan kecewa datang ke beberapa tempat yang kental budaya di negara ini. Misalnya Chinatown Heritage Centre merupakan museum dengan spirit menghidupkan kembali masa lalu para imigran China di Singapura pada tahun 1950-an. Bangunan Chinatown Heritage Centre sendiri adalah bangunan tiga rumah yang ada di Pagoda Street. Gambar, cerita, dan artefak sejarah di sini membantu menggambarkan kehidupan imigran Tionghoa saat mereka berjuang memenuhi kebutuhan selama tahun-tahun pertama mereka hidup di Singapura. Di sini kamu juga bisa belanja suvenir atau mencicipi kuliner di shophouses yang ada.

Selain itu, kamu juga bisa ke kawasan Katong di Joo Chiat. Katong bukan cuma terkenal sebagai pusat kuliner di Singapura, melainkan juga terkenal dengan sejarah dan budayanya. Katong berkembang sebagai kawasan pemukiman suburban pada awal abad 20-an. Warga yang tinggal di sini adalah warga peranakan atau orang-orang Eurasian kelas menengah dan berpendidikan. Dinamakan Joo Chiat karena dulu ada tuan tanah Tionghoa yang kaya raya bermukim di sini pada awal abad 20-an. Namanya Chew Joo Chiat.

Nah, kalau ke Katong di Joo Chiat kamu bisa belanja barang-barang unik dengan nuansa tradisional di shophouses di sepanjang jalan Joo Chiat. Kamu bisa dapetin baju, sepatu sandal, atau aksesori khas negeri China.

9. Santai dan refreshing di Marina Barrage.

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: yoursingapore.com

Kalau kamu pengen bersantai dan refreshing bareng kekasih atau buat kamu yang sudah berkeluarga, ajakin mereka ke Marina Barrage. Marina Barrage adalah waduk atau bendungan modern, bertatanan artistik, dan berteknologi tinggi yang berfungsi untuk membantu meringankan banjir di beberapa daerah dataran rendah di Singapura. Waduk ini juga memasok sekitar 10% kebutuhan air warga Singapura, lho.

Bukan hanya berfungsi bagi hajat hidup penduduk Singapura, Marina Barrage juga berfungsi sebagai tempat rekreasi bareng orang terkasih atau anggota keluarga tercinta. Kalau petang hari, lampu-lampunya menambah keindahan lokasi sekitar. Cocok nih, buat nembak gebetan buat kamu yang lagi jomblo, atau buat pasangan yang ingin menikmati suasana romantis berdua.

10. Merlion.

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: yoursingapore.com

Patung kepala singa ini adalah ikon Singapura. Nggak afdol kamu ke Singapura kalau belum berkunjung ke patung Merlion dan selfie di sana. Kamu nggak usah khawatir berjubel sama wisatawan lain, soalnya ada tujuh titik spot patung Merlion di Singapura, yakni dua buah di Merlion Park, dua di kawasan Ang Mo Kio, satu di Sentosa Island, satu di Mount Faber, dan satu di kantor pusat Singapore Tourism Board (STB) yang berlokasi di Orchard Spring Lane.

Wah...10 tempat di atas keren semua, ya? Kamu sudah ke sana semua? Kalau belum yuk piknik sekarang juga! Kalau mau liburan gratis ke Singapura, kamu bisa ikutan Travel Battle #SGAduSeru. Cukup upload foto seru kamu ke Instagram atau Twitter dan raih kesempatan liburan ke Singapura, deh. Info selengkapnya di tautan ini, ya. Jangan lupa juga buat info lengkap soal traveling ke Singapura kamu bisa liat selengkapnya di sini.