Brilio.net - Solo traveling bagi masyarakat di negara Eropa dan Amerika sudah umum dilakukan. Bahkan sudah jadi budaya dilakukan oleh anak muda, terutama di Eropa. Sejak SMA mereka sudah melakukan solo traveling.

Namun di Indoensia sendiri, solo traveling baru booming setahun terakhir. Apalagi dilakukan oleh anak muda. Mereka mulai traveling sendirian baik di dalam maupun di luar negeri.

Indonesia Marketing Lead Klook, Evan Januli, mengatakan saat ini anak muda Indonesia memang sudah diperbolehkan memegang kartu kredit orang tuanya. itu yang membuat mereka bebas untuk melakukan traveling, baik bersama teman-teman maupun solo traveling.

"Orang Indonesia yang menggunakan jasa Klook, mereka punya kriteria sendiri memilih destinasi. Kalau traveler Indonesia saat ini destinasi favoritnya adalah negara Hong Kong, Jepang khususnya Osaka dan Tokyo, selanjutnya adalah Singapura," paparnya.

Evan menjelaskan orang Indonesia senang melakukan solo traveling ke Hong kong Karena orang Indonesia suka belanja. Selain itu, di Hong Kong, mereka bisa melakukan perjalanan budaya dan jelajah.

Sementara itu, bila orang Indoensia mengunjungi Singapura biasanya mereka tidak mau berlibur lama-lama. "Dan kalau Jepang sendiri kayaknya sekarang sudah jadi negara incaran orang Indonesia. Selain visanya gampang, Jepang itu tujuan yang eksotis," pungkasnya.