Brilio.net - Akhir tahun menjadi momen yang paling tepat bagi masyarakat untuk menghabiskan liburan mereka. Jatah cuti yang akan habis, liburnya anak sekolah, hingga terdapatnya libur keagamaan membuat masyarakat Indonesia biasanya memilih akhir tahun untuk berlibur.

Nah bagi kamu yang memiliki rencana untuk menghabiskan akhir tahun, sebaiknya kamu memilih destinasi yang akan dituju sesuai dengan prediksi tren destinasi akhir tahun 2019 ini. Prediksi tersebut berdasarkan penuturan dari agen travel Mister Aladin.

Berbeda dengan liburan Idul Fitri yang didominasi destinasi domestik, diperkirakan destinasi internasional lebih populer untuk akhir tahun. Menurut data dari hubud.dephub.go.id, jumlah wisatawan Indonesia yang pergi ke luar negeri kurun waktu Desember 2018 - Januari 2019 meningkat 14,12% dibandingkan periode yang sama tahun 2017.

Hal itu juga diungkapkan oleh Chief Operating Officer Mister Aladin, Nitha Sudewo bahwa berwisata ke luar negeri masih menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia saat akhir tahun. "Untuk milenial lebih pilih Jepang. Tapi Bangkok juga masih jadi favorit," ujarnya kepada media di Jakarta.

Meningkatnya minat berlibur ke luar negeri juga memengaruhi peningkatan pemesanan hotel. Di kuartal IV, data Mister Aladin di kuartal IV 2018 menunjukkan pemesanan hotel di Bangkok meningkat sebesar 54%, Kuala Lumpur 48%, dan Penang 40% dibandingkan kuartal III.

Loading...

"Tidak hanya Asia, semakin banyak pula orang yang memesan hotel di Eropa dan peningkatannya mencapai 2,3 kali lipat pada akhir tahun 2018 lalu," jelasnya.

Kendati destinasi luar negeri diprediksi akan lebih populer di akhir tahun ini, beberapa destinasi domestik juga masih diminati wisatawan Indonesia. Hal ini terlihat dari data di Mister Aladin yang menunjukkan bahwa peningkatan pemesanan hotel di kuartal IV 2018 yang paling besar adalah Yogyakarta (53%), disusul Malang (50%), dan Bandung (30%) dibandingkan di kuartal III tahun 2018. "Nggak bisa dipungkiri juga di Jabodetabek banyak desnitasi wisata kekinian, apalagi Jawa Tengah," ucapnya.

Mister Aladin melihat peningkatan jumlah wisatawan yang pergi ke luar negeri dan ke beberapa destinasi di Pulau Jawa adalah sebuah potensi yang perlu diakomodasi. Inilah yang menjadi alasan peluncuran fitur pesawat internasional dan kereta api secara resmi dalam acara Mister Aladin Travel Carnival.

Mister Aladin Travel Carnival digelar pada pada 30 September - 6 Oktober 2019. Tema carnival dipilih sebagai bentuk penyambutan terhadap kemeriahan masa liburan akhir tahun dan ragam produk Mister Aladin yang makin bertambah.

Acara ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi online di aplikasi Mister Aladin pada 30 September - 6 Oktober dan sesi offline di tanggal 3 - 6 Oktober bertempat di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka. Selain memberikan beragam promo, travel fair tahun ini juga menjadi ajang peluncuran resmi fitur pesawat internasional dan kereta api di Mister Aladin.

RECOMMENDED BY EDITOR