Brilio.net - Di zaman serba digital seperti saat ini, hampir semua hal bisa dilakukan dan dibeli secara online. Termasuk kemudahan beli tiket transportasi umum, misalnya kereta api. 

Nah buat kamu yang suka bepergian dengan kereta api, beli tiket secara online menawarkan banyak keuntungan yang akan buat perjalanan terasa lebih nyaman. Berikut ini 5 keuntungan beli tiket kereta api secara online yang harus kamu ketahui.

1. Tidak perlu keluar rumah

Tiket kereta api © 2021 brilio.net

Meski tiket kereta masih bisa dibeli langsung secara go show di loket yang ada di stasiun, namun di masa pandemi ini, sebisa mungkin menghindari kerumunan dan selalu menjaga jarak adalah hal penting untuk dilakukan.

Loading...

Kamu bisa menghindari keluar rumah dengan beli tiket kereta secara online lewat mitra resmi PT KAI, seperti Traveloka. Kamu bisa beli tiket KAI resmi di sini dalam beberapa klik saja. Saat ini, tiket kereta api yang dijual tersedia untuk perjalanan hingga 30 April 2021.

2. Hasil pencarian komprehensif

Tiket kereta api © 2021 brilio.net

Saat menggunakan website atau aplikasi penyedia tiket transportasi online seperti Traveloka, kamu akan dihadapkan pada hasil pencarian komprehensif. Mulai dari informasi nama kereta, stasiun keberangkatan dan ketibaan, waktu berangkat dan juga durasi perjalanan. Tinggal pilih mana jadwal kereta api yang sesuai dengan rencana perjalanan maupun budget kamu.

Hasil pencarian tiket kereta api online juga bisa diurutkan sesuai harga, waktu keberangkatan, durasi dan juga waktu tiba. Ada juga filter yang bisa kamu terapkan, seperti pilih jadwal berdasarkan nama kereta, kelas, stasiun keberangkatan dan juga jam berangkat. 

3. Bertabur promo

Tiket kereta api © 2021 brilio.net

Hal menarik bila kamu membeli tiket kereta api via Traveloka adalah hadirnya diskon atau promo menarik. Itu bisa membuat kamu hemat lebih banyak. Promo dan diskon bisa dalam bentuk potongan harga langsung dengan memasukkan kode promo sebelum pembayaran.

Bisa juga mendapatkan diskon jika menggunakan kartu kredit tertentu. Kamu harus sering-sering mengecek aplikasi maupun media sosial Traveloka untuk mengetahui promo yang sedang berlangsung ya.

4. Bisa pilih kursi dan gerbong

Tiket kereta api © 2021 brilio.net

Salah satu kelebihan beli tiket kereta KAI secara online adalah bisa memilih kursi dan juga gerbong yang diinginkan. Opsi ini akan muncul setelah kamu memasukkan data penumpang dengan benar, lalu pilih nomor kursi yang masih kosong dan kamu juga bisa mengatur sendiri ingin duduk di gerbong mana.

Nomor kursi yang dipilih akan secara otomatis tertera di e-tiket yang kamu terima nantinya. Jadi di hari keberangkatan kamu tidak perlu khawatir jika ada orang lain yang menduduki kursi tersebut karena sudah tercatat di tiket kamu.

5. Pilihan pembayaran yang beragam

Tiket kereta api © 2021 brilio.net

Setelah selesai melakukan pemesanan tiket kereta online, langkah terakhir adalah melakukan pembayaran. Kamu bisa memilih opsi pembayaran mana yang paling mudah untuk kamu lakukan. Menariknya, Traveloka menawarkan banyak opsi pembayaran yang semakin memudahkan kamu menyelesaikan pemesanan dan menghindari pembatalan secara otomatis oleh sistem.

Kamu bisa pilih membayar dengan kartu kredit atau kartu debit, bank transfer, ATM, internet banking dan pembayaran melalui kasir supermarket yang telah bekerja sama dengan Traveloka. 

Demikianlah berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika membeli tiket kereta secara online. Saat ini kamu bisa membeli tiket kereta api untuk jadwal perjalanan hingga 30 April 2021 lho!

Jangan lupa untuk siapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan, seperti hasil negatif Covid-19 dari rapid test antigen maupun GeNose, ya. Selamat bepergian nyaman dengan kereta api!

RECOMMENDED BY EDITOR