Brilio.net - Kamu sudah pernah nonton film Avatar? Taman Nasional Zhangjiajie di Provinsi Hunan, China digambarkan mirip dengan pemandangan cantik nan indah seperti Planet Pandora. Bahkan, taman nasional inilah yang menginspirasi sutradara James Cameron untuk membuat film Avatar.

Planet Pandora pada film Avatar terlihat sangat mirip dengan pemandangan yang ada di planet Pandora. Formasi perbukitan yang menjulang dengan bentuk yang lancip. Belum lagi Taman Nasional Zhangjiajie ini sering berselimut kabut sehingga tampak perbukitan yang seperti berada di atas awan. (BACA JUGA: Jogja rasa Selandia Baru, bisa kamu nikmati di desa wisata ini)

Namun, kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke China untuk menikmati pemandangan seperti itu. Indonesia juga punya kok. Tepatnya di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba. Kok bisa? Kamu hanya perlu mendaki ke puncak Gunung Nglanggeran sekitar dua jam untuk mendapatkan pemandangan ala Planet Pandora.

Bukan China, pemandangan ala planet Pandora Avatar ini ada di Jogja

foto: brilio.net/gufron salim

Gunung ini adalah satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava dan breksi andesit. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. (BACA JUGA: 20 Tempat tersembunyi di Jogja yang Instagramable banget)

Mendaki ke puncak gunung Nglanggeran, jalanan tanah dan lorong bebatuan yang sempit akan menjadi rute perjalanannmu. Kamu bisa memilih untuk camping atau sekadar melihat pemandangan di atas. Sesampainya di puncak, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan yang sangat spektakuler dan juga mirip dengan Planet Pandora di film Avatar. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan Embung Nglanggeran dari atas puncak. Bonusnya, kamu bakal melihat indahnya matahari terbenam atau sunset yang sangat cantik jika memilih pendakian pada sore hari.

Bukan China, pemandangan ala planet Pandora Avatar ini ada di Jogja

Bukan China, pemandangan ala planet Pandora Avatar ini ada di Jogja

Tak perlu biaya mahal, cukup membayar tiket masuk Rp 7.000 dan biaya parkir. Butuh waktu dua jam perjalanan dari Kota Yogyakarta untuk sampai di pos pendakian Gunung Nglanggeran. Pemandangan yang sangat indah di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba tak ayal selalu ramai pengunjung di akhir pekan.