Brilio.net - Traveling kini telah menjadi gaya hidup banyak orang. Bagi para backpacker mereka bisa menikmati jalan-jalan murah meriah tersebut. Inilah yang dilakukan Petrina Thong (29). Pada Juni 2015 dia memulai perjalanannya. Modal Thong tak besar, dia hanya punya modal USD200 (sekitar Rp2,7 juta), namun uang itu tidak bertahan lama. Wanita ini penasaran dengan uang tersebut sejauh mana dia bisa pergi. Rasa penasaran Thong terjawab. ternyata dengan uang yang tak sampai Rp 3 juta itu dia bisa menjelajah ke 22 negara. Thong kembali ke negara asalnya, Malaysia pada Juli 2016 lalu.

Dari Kuala Lumpur, Juni 2016 Thong terbang menuju Stockholm, Ibukota Swedia. Dari situlah petualang dimulai. Thong mengaku saat terbang ke Stockholm tahun lalu, dia ingin melewati banyak hal, namun belum bisa membayangkan apa saja pengalaman yang akan dilaluinya.

“Saya hanya berpikir tentang bagaimana mencobanya. Berpikir bahwa saya akan melakukan perjalanan sekitar tiga hingga enam jam, tergantung pada berapa lama saya bisa bertahan dengan anggaran sebesar USD200,” ujar Thong sebagaimana dilansir Daily Mail, Jumat (12/8).

Uang tersebut hanya mampu bertahan selama tiga bulan. Akhirnya dia terpaksa memutuskan tantangan baru, yaitu berwisata tanpa uang. “Saya berdiri di jalan, mengeluarkan ibu jari, di mana pun ada (tumpangan) mobil, saya akan pergi,” kata Thong menjelaskan triknya.

Selama perjalanan, Thong menikmati apa saja yang dia alami. Mulai di mana dia tidur dan makan, hingga tempat yang dilaluinya. Untuk masalah makan, Thong kadang mencari sisa makanan dari tempat sampah, berkeliaran di restoran, meminta buah-buahan di pasar dan menjualnya lagi. “Setelah malam datang, saya akan mencari tempat untuk berkemah atau diundang di rumah warga secara acak,” tambah Thong.

Bagi kebanyakan orang, mungkin tidak berani untuk melakukan perjalanan nekat seperti ini. Thong beruntung dia bertemu dengan banyak orang baik yang membantunya. Di antara pengalaman yang menurutnya cukup menakutkan adalah saat akan menyeberangi perbatasan dari Iran ke Pakistan melalui Balochistan. Tentang perbatasan ini, Thong mendengar pernah ada wisatawan yang diculik. Dia pun tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan sendiri. Akhirnya dia masuk ke mobil polisi lalu pindah ke truk polisi. Dalam perjalanan di perbatasan itu dia melewati beberapa check point sebelum akhirnya ikut dengan seorang tentara Angkatan Darat untuk menuju check point lainnya.

Menurut Thong, uang tidak memiliki nilai, makanan bisa dibagi sama-sama, karena semua orang adalah keluarga. Dalam perjalanannya, jangan dibayangkan perjalanan Thong penuh kesengsaraan, bahkan sebaliknya penuh suka. Berikut foto-foto Thong dalam perjalanannya sebagaimana dilansir brilio.net dari Daily Mail.


1. Bebas berpose di mana saja



2.   Mencari tumpangan



3.    Naik kapal layar setelah berkenalan dengan pemiliknya



4.    Kaki di angkasa



5.    Ada yang mau ngantar ke Malmo?



6.    Bersantai di pantai hijau yang indah



7.    Ketemu rezeki nomplok



8.    Di depan rumah penduduk



9.    Ada di mana nih?



10.   Indahnya



Penasaran dengan foto-foto perjalanan Thong? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman



11.   Tidur dan makan seadanya



12.   Mau ke negara mana nih?



13.   Saatnya bakar-bakar



14.   Tertawa lepas di atas perahu



15.   Jurus andalan, jempol diangkat dan senyum manis



16.   Menikmati sunset



17.   Di antara pepohonan



18.   Mandi-mandi dulu ya



19.   Bersama teman seperjuangan di perjalanan



20.   Bertemu teman baru