Brilio.net - Berbicara mengenai keindahan alam Indonesia tentu sangat beragam. Dari Sabang hingga Marauke, setiap daerah memiliki destinasi wisata yang menarik, mulai dari keindahan alam, budaya, dan juga kuliner.

Salah satunya adalah Danau Toba. Danau Toba merupakan satu dari lima destinasi wisata super prioritas yang difokuskan oleh Presiden Joko Widodo dan juga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Danau Toba dianggap memiliki tempat-tempat dengan nilai budaya dan sejarah yang tinggi.

Danau Toba memiliki luas kurang lebih 1.145 kilometer persegi. Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia. Sayangnya, sejak munculnya pandemi Covid-19, hampir seluruh destinasi wisata di Indonesia lumpuh akibat tak adanya wisatawan nusantara maupun mancanegara yang berkunjung. Oleh sebab itu, Kemenparekraf pun terus berupaya untuk memulihkan perekonomian ekonomi lokal khusus di Danau Toba.

Berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, diharapkan dapat membuat inovasi dan adaptasi baru untuk kembali membuka pariwisata Danau Toba.

"Saya berterima kasih setelah tiga kali kunjungan akhirnya bisa sowan agar program kita dalam percepatan penyiapan salah satu dari lima destinasi super prioritas, yaitu Danau Toba bisa tereksekusi dengan baik," ungkap Sandiaga Uno usai melakukan pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara dalam rangka Kunjungan Kerja Menparekraf beberapa waktu lalu.

Loading...

"Harapannya kita ingin melakukan kegiatan yang terukur agar pariwisata ini segera bangkit dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba, Ir. John Piter Silalahi, MT mengatakan bahwa selama pandemi destinasi wisata di Danau Toba sangat menurun dari segi ekonomi karena tak ada kunjungan wisatawan. Ia pun menyambut baik kehadiran Menparekraf yang akan segara membuka kembali destinasi wisata Danau Toba.

"Kita sudah siap menyambut wisatawan. Karena selama pandemi kita melakukan pemulihan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan memberikan berbagai pelatihan agar mereka siap menyambut wisatawan," ucapnya.

John Piter pun mengatakan bahwa banyak sekali destinasi wisata di Danau Toba baik dari destinasi alam, budaya, hingga minat khusus yang bisa wisatawan nikmati. Apa saja yah destinasi wisata di Danau Toba? Berikut rangkumannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (7/4).

1. The Kaldera Toba Nomadic Escape

Destinasi wisata di Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Syifa Fauziah

Bagi kamu pencinta wisata alam, berkunjung ke The Kaldera Toba Nomadic Escape adalah destinasi yang tepat. Dari tempat ini kamu bisa menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian. Di tempat ini juga menyediakan spot berfoto yang diberi meja dan juga kursi dengan background Danau Toba. Tempat ini juga menawarkan suasana sejuk dan juga asri. Kalau beruntung, kamu akan melihat turunnya kabut yang begitu eksotik.

2. Bukit Singgolom

Destinasi wisata di Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bppw.sumut

Salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Danau Toba. Pasalnya tempat ini menawarkan panorama Danau Toba dari atas bukit. Bahkan menariknya kamu bisa melihat Pulau Samosir dari atas bukit ini lho. Saking bagusnya tempat ini, Pada Maret 2020 lalu Bukit Singgolom sempat dikunjungi oleh Raja Willem Alexander dan Ratu Maxime Zorreguieta yang merupakan Raja dan Ratu Belanda.

3. Air Terjun Bukit Gibeon

Destinasi wisata di Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@andhikadeadyy

Air Terjun Gibeon ini berada di Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Dinamakan Air Terjun Bukit Gibeon, karena berada di Pusat Seminari Bukit Gibeon (PSBG). Bagi kamu yang senang dengan nuansa alam yang masih asri dengan suasan sejuk, kamu bisa mengunjungi tempat ini. Selain berfoto kamu juga bisa mandi di area sekitar air terjun lho.

4. Wisata Batu Gantung

Destinasi wisata di Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Syifa Fauziah

Saat berkeliling di Danau Toba, kamu wajib mengunjungi wisata Batu Gantung. Batu Gantung ini merupakan legenda yang hingga kini masih terus dijaga dan dihormati oleh masyarakat setempat dan menjadi daya tarik wisatawan saat menyusuri atau menyeberang ke Pulau Samosir.

Diberi nama Batu Gantung karena terdapat batu yang menggantung di tebing tersebut. Batu Gantung sendiri memiliki cerita rakyat yang sangat terkenal. Yakni bercerita tentang seorang gadis cantik yang bunuh diri karena dipaksa menikah oleh pria pilihan orang tuanya. Dikarenakan tak ingin durhaka karena menolak dinikahkan dengan pilihan orang tuanya, ia pun memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat dari atas tebing. Dia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan melompat ke Danau Toba. Setelah beberapa hari kemudian ditemukan batu yang menggantung dan dianggap sebagai jelmaan wanita itu.

5. Taman Eden 100

Destinasi wisata di Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tamaneden100

Taman Eden 100 terletak di atas ketinggian 1.100 sampai 1.750 meter di atas permukaan laut. Lokasi wisata ini berada di perbukitan di Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Di tempat ini, wisatawan bisa melihat keindahan alam dengan berbagai pepohonan yang ditanam di tempat ini. Menariknya, para wisata juga bisa lho mengabadikan namanya dengan cara menanam pohon. Selain pepohonan, banyak juga tanaman bunga dengan warna yang sangat cantik. Wisatawan diperbolehkan untuk berfoto di tempat ini.

6. Pulau Samosir

Destinasi wisata di Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Syifa Fauziah

Hal yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Danau Toba adalah dengan menyebrang ke Pulau Samosir. Pulau ini terletak di tengah-tengah Danau Toba. Dengan mengunjungi pulai ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan Danau Toba dari berbagai sisi. Hijaunya pegunungan ditambah warna biru air danau bisa dinikmati selama berada di pulau ini.

Saat ini sudah banyak paket wisata yang menawarkan kunjungan Pulau Samosir. Bukan hanya menawarkan keindahan Danau Toba, berbagai paket wisata juga menyediakan pesona budaya masyarakat Batak yang begitu kental.

7. Parapat

Destinasi wisata di Danau Toba © 2021 brilio.net

foto: Syifa Fauziah

Di tempat ini, wisawatan dapat melihat monyet-monyet liar. Wisatawan bisa berfoto dengan paar monyet yang tentunya harus dalam pantauan para penjaga. Selain itu, di Parapat juga menjual banyak souvernir yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Danau Toba.

8. Sigale-gale

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sofyan Efendi (@sofyanephoto)

Salah satu hal yang menjadi daya tarik saat ke Danau Toba adalah dengan mengunjungi daerah Tomok. Tempat ini menawarkan destinasi wisata yang kental dengan budaya Batak. Sigale-gale merupakan sebuah boneka kayu yang bentuknya menyerupai manusia. Pertunjukan menggunakan boneka tersebut sudah terjadi selama ratusan tahun di Samosir, Sumatera Utara.

Dahulu, Sigale-gale pertunjukan Sigale-gale menggunakan roh. Tapi kini digerakkan menggunakan sistem penggerak mekanis, sehingga boneka bisa menari lincah. Sama seperti zaman dahulu, dalam pertunjukan Sigale-gale disuguhkan tarian yang diiringi musik sordam dan gondang sabangunan. Boneka Sigale-gale pun ditemani oleh delapan sampai 10 orang penari yang akan menari Tor-Tor.

RECOMMENDED BY EDITOR