Brilio.net - Kalau bicara soal Lumajang, pasti masih asing di telinga. Ya, kabupaten yang terletak di Jawa Timur ini memang tidak setenar Malang atau Surabaya, terutama mengenai pariwisatanya. Namun siapa sangka, Lumajang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Dan tentu saja belum banyak wisatawan yang mengetahui. Salah satu destinasi alam yang super indah adalah air terjun Tumpak Sewu.

Tumpak Sewu dalam bahasa Jawa memiliki arti seribu aliran mata air. Air terjun yang jatuh dari ketinggian 180 meter ini memang sangat indah dan memesona. Hal itu pun disampaikan oleh pendiri komunitas Folk Indonesia, Widya.

"Lumajang Jawa Timur jadi daerah yang paling bikin penasaran. Apalagi ada air terjun Tumpak Sewu, itu disebut-sebut sebagai Niagaranya Indonesia," katanya saat ditemui di acara AirAsiaGo #TelusueNusantara 2017 Mengeksplorasi Pesona Tersembunyi Jawa Timur di Jakarta, Rabu (17/5).

Menurutnya, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun ini disarankan untuk mempersiapkan kesehatan fisik. Pasalnya untuk bisa melihat indahnya air terjun Tumpak Sewu harus naik ke atas bukit dan melalui trekking yang terjal.

"Kalau bisa pakai sepatu booth atau sepatu gunung. Kalau perlu bawa sepatu ganti," jelasnya.

Melalui jalan yang terjal, tentu saja harus mengenakan pakaian yang nyaman. Ia pun menyarankan untuk menggunakan pakaian yang menyerap keringat, dan jangan lupa juga untuk membawa baju ganti.

"Jangan lupa siapkan baju ganti karena kita kan pasti main air," ujarnya.

Ia menambahkan, di wilayah sekitar destinasi memang tidak ada penginapan seperti hotel. Tetapi kalau wisatawan ingin pergi ke air terjun Tumpak Sewu bisa bermalam di rumah warga.