Brilio.net - Kementerian Pariwisata terus menggali potensi wisata yang ada di seluruh pelosok negeri. Kalau bicara soal destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara, pasti yang ada dipikiran kita hanya Danau Toba. 

Padahal masih banyak destinasi wisata tersembunyi. Salah satunya adalah Sungai Aek Silang yang berada di Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Aek silang © 2018 brilio.net

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan Aek Silang memiliki potensi luar biasa untuk atraksi wisata yang sayang jika dibiarkan begitu saja.

"Lokasi arung jeram ini sangat unik. Finish-nya di Danau Toba. Bukan di tengah sungai seperti di tempat lain. Jadi ini satu-satunya di dunia, arung jeram yang finish di sebuah danau," kata Menpar Arief dalam siaran pers yang diterima brilio.net, Senin (12/11).

Kecamatan Baktiraja berada di Lembah Bakkara yang dikenal sebagai tempat kelahiran dan basis Pemerintahan Raja Sisingamangaraja sejak lama. Banyak situs peninggalan Raja Sisingamangaraja yang ditemukan, seperti Istana Sisingamangaraja, Tombak Sulu Sulu sebagai goa tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja I, serta makam Raja X dan XI.

Aek silang © 2018 brilio.net

Aek Silang sudah lama dikenal sebagai lokasi arung jeram yang sering digunakan untuk perlombaan atlet profesional.

"Selama ini Aek Silang belum masuk dalam paket wisata. Padahal, ini bisa dikemas dan ditawarkan sebagai atraksi paket wisata untuk wisatawan," tambahnya.

Aek silang © 2018 brilio.net

Senada, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman menyatakan arung jeram Aek Silang semakin memperkuat Danau Toba yang menjadi destinasi wisata super prioritas.

"Kini wisatawan bisa merasakan sensasi arung jeram di Aek Silang dengan latar belakang pegunungan, persawahan, kebun bawang, dan finish di Danau Toba. Itu sangat luar biasa," timpalnya.

Kementerian Pariwisata sendiri sudah memberikan dukungan homestay di Baktiraja. Kini wisatawan sudah bisa menginap di homestay milik penduduk yang akan memberikan pengalaman tersendiri.