Brilio.net - Indonesia sebagai negara kepulauan menyimpan segudang potensi wisata yang menakjubkan. Mulai dari pengunungan hingga lautan, sederet destinasi yang ada bisa memanjakan mata para wisatawan.

Nah, setiap daerah di Indonesia ini memiliki ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan Jawa Tengah, salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan banyak sejumlah destinasi keren.

Tak heran jika daerah ini sering menjadi incaran para traveler. Maklum. Banyak tempat di wilayah ini yang bisa dieksplor dan memiliki keunikan pada setiap tempat wisatanya. Sayang banget kan kalau dilewatkan. Beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang populer diantaranya sebagai berikut. 

1. Kepulauan Karimunjawa

Jateng Wisata © 2019 brilio.net tourkarimunjawa.net

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata populer dan cukup menjadi favorit bagi masyarakat. Karimunjawa menawarkan beragam keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Karimunjawa ini seperti snorkeling, diving, berenang, memancing, hiking, dan tracking. Hamparan pasir putih dan air laut yang jernih dengan beragam aktivitas di atas menjadi alasan mengapa Karimunjawa menjadi tujuan wisatawan yang cocok untuk backpacker, berlibur dan bahkan lokasi yang pas untuk bulan madu lho.

2. Candi Borobudur

Jateng Wisata © 2019 brilio.net brilio.net/yan's

Borobudur menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Tengah popular. Pastinya sudah banyak yang tahu bahwa Borobudur menjadi salah satu keajaiban dunia. Candi Borobudur merupakan candi terbesar yang berada di Asia Tenggara bagi agama Budha.

Untuk bisa menikmati kemegahan Candi Borobudur ini Sobat Brilio hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 40 ribu. Obyek wisata ini buka pukul 06.00—17.00.

3. Dataran Tinggi Dieng

Jateng Wisata © 2019 brilio.net instagram/@kopidieng

Dieng menjadi tempat wisata di Jawa Tengah yang sangat terkenal. Ketika berada di Dataran Tinggi Dieng ini Sobat Brilio bakal disuguhi beragam aktivitas seperti menikmati pemandangan Telaga Warna, menikmati keindahan dan keunikan kompleks Candi Dieng, sensasi di atas awan, menikmati sunrise di Bukit Sikunir, dan tentu saja menikmati wisata kuliner.

4.Grojogan Sewu

Jateng Wisata © 2019 brilio.net instagram/@ uwaahhhh

Grojogan Sewu menjadi tempat wisata di Jawa Tengah yang juga populer. Wisata air terjun yang berada di Karanganyar, Solo ini merupakan lokasi yang pas buat Sobat Brilio yang ingin merasakan sensasi adem. Hawa yang dingin dan sejuk bakal tambah seru dengan berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti flying fox, mini rafting, menikmati taman binatang dan menyambangi toko oleh–oleh dan cinderamata. Oh iya, ketika datang ke Grojogan Sewu, kurang mantap jika belum mencicipi kuliner khas yaitu Sate Kelinci.

5. Keraton Surakarta

Jateng Wisata © 2019 brilio.net instagram/@bigshardy

Selain Yogyakarta ternyata Jawa Tengah juga memiliki keraton yaitu Keraton Surakarta yang berada di Solo. Di tempat ini Sobat Brilio akan disuguhi kebudayaan yang sangat kental. Bangunan keraton yang indah dan unik ditambah dengan suguhan tarian tradisional serta berbagai atraksi tradisional seperti kirab, grebeg, sekaten dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke Keraton Surakarta ini sebesar Rp10 ribu—15 ribu.

6. Taman Lawang Sewu

Jateng Wisata © 2019 brilio.net instagram/@ membekukanwaktu

Taman Lawang merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dikenal angker. Namun di balik kisah mistis yang beredar, Taman Lawang juga dikenal sebagai lokasi favorit untuk melakukan prewed lho. Taman Lawang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00. Harga tiketnya sebesar Rp10 ribu—30 ribu.

7. Kota Lama Semarang

Jateng Wisata © 2019 brilio.net instagram/@ kitasemarang

Kota Lama Semarang juga populer di kalangan wisatawan. Lokasi ini menjadi tempat yang pas untuk Sobat Brilio yang suka berburu foto. Di sini kamu bisa menikmati 3D Art Gallery dan juga menikmati kuliner di berbagai cafe yang memiliki desain klasik dan unik. Jika kamu hobby hunting lokasi yang instagramable, Kota Lama bisa menjadi pilihan deh.

8. Brown Canyon

Jateng Wisata © 2019 brilio.net camerawisata.com

Tempat wisata ini merupakan lokasi berfoto yang tepat. Meskipun dulunya merupakan bekas galian bukit, namun sekarang justru menjadi lokasi yang cukup instagramable. Apalagi untuk menuju lokasi ini bisa diakses dengan mudah baik menggunakan mobil maupun sepeda motor.

9. Umbul Ponggok

Jateng Wisata © 2019 brilio.net Liputan6.com/Gholib

Berfoto dibawah air memang sedang tren. Salah satu lokasi yang bisa Sobat Brilio coba adalah Umbul Ponggok. Tempat wisata di Jawa Tengah ini merupakan lokasi snorkeling berupa kolam dengan sumber air yang alami. Di sini kamu bisa snorkeling dan berfoto di bawah air karena airnya yang sangat jernih sehingga bisa dengan jelas melihat pemandangan dasar kolam serta ikan yang berwarna–warni.