Brilio.net - Kamu memiliki rencana liburan dan acap kali gagal karena persoalan harga tiket penerbangan yang tidak sesuai dengan isi kantongmu? Kamu tidak perlu menunggu lama hingga harga tiket menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Selain harga tiket yang tidak tentu dan cukup mahal, sebenarnya ada beberapa faktor lain yang membuatmu sulit mendapatkan tiket untuk liburanmu. Mungkin saja 9 kesalahan dalam booking tiket sebagaimana yang dilansir brilio.net dari Time, Senin (28/3), ini sering kamu lakukan yang membuatmu sampai hari ini tidak mendapatkan tiket murah.

BACA JUGA: 12 Fitur smartphone idaman anak muda kekinian, bikin mudah hari-harimu

1. Jaringan internet yang tidak stabil.

kesalahan booking  © 2016 brilio.net

Loading...

foto: mashable.com

Ini hal kecil tapi bisa sangat mengganggu proses pembelian tiketmu. Setiap lonjakan kunjungan ke sebuah website pembelian tiket akan memengaruhi harganya dan jika jaringan internetmu lemot hasil loadingmu bisa saja selesai setelah terjadi kelonjakan harga, duh!

2. Membooking tiket terlalu cepat.

kesalahan booking  © 2016 brilio.net

foto: thriftynomads.com

Lebih cepat lebih baik, prinsip ini sering kali digunakan setiap orang untuk membeli tiket penerbangan. Tapi untuk beberapa kondisi, biasanya maskapai penerbangan justru menurunkan harga tiket 2 hingga 3 minggu sebelum hari keberangkatan demi memenuhi kuota penumpang.

3. Membooking tiket terlalu lambat.

kesalahan booking  © 2016 brilio.net

foto: hiaa.ca

Sudah jadi rahasia umum bahwa harga tiket akan melambung tinggi saat mendekati hari keberangkatan. Jangan sampai terlalu terlambat membeli tiket kalau tidak ingin mengeluarkan biaya ekstra.

4. Lupa memerhatikan pajak dan biaya tambahan.

kesalahan booking  © 2016 brilio.net

foto: www.gobankingrates.com

Dalam beberapa tahun terakhir berbagai kebijakan dibidang penerbangan mulai diberlakukan. Ada beberapa maskapai yang tidak mengikut sertakan pajak sehingga pajak akan ditanggung sendiri oleh pembeli setelah tiba di negara tujuan. Belum lagi perihal jumlah barang bawaaan yang memiliki aturan berbeda-beda. Jangan asal ya, hal kayak gini bisa merusak suasana liburanmu.

5. Kamu terlalu terpaku dengan destinasimu.

kesalahan booking  © 2016 brilio.net

foto" www.brides.com

Berencana berlibur ke Prancis namun tidak menemukan tiket yang murah? Sebagai seoran traveler kamu seharusnya tidak terpaku dengan tujuan destinasimu. Biasa saja kamu melihat tiket perjalanan ke Praha terlebih dahulu dan setelah itu dari Praha kamu bisa menggunakan jalur darat untuk menuju Prancis.

6. Kamu tidak memerhatikan alternatif bandaranya.

kesalahan booking  © 2016 brilio.net

foto:www.flightcentre.ca

Berbagai perjalanan panjang biasanya menawarkan berbagai pilihan bandara udara yang bisa kamu pilih. Misalnya saja kamu ingin ke Washington DC maka pilihan bandaranya bisa saja Ronald Reagan National Airport, Dullers Internasional, dan Baltimore-Washington Internasional. Faktanya adalah setiap pemberhentian bandara menentukan pajak dan biaya tambahan yang berbeda-beda. Kamu harus paham hal ini demi menghemat biaya perjalananmu.

7. Kamu booking di hari yang salah.

kesalahan booking  © 2016 brilio.net

foto: globalnews.ca

Apa hubungannya tiket dan hari pembelian? Mungkin kamu akan berpikir demikian, tapi berdasarkan penelitian dan data statistik yang telah diteliti selama ini ternyata hari Kamis adalah hari termurah untuk membeli tiket baik perjalanan domestik maupun internasional. Nggak percaya? Coba cek deh.

8. Terlalu cepat melakukan pembayaran.

kesalahan booking  © 2016 brilio.net

foto: www.huffingtonpost.com

Jangan terlalu tergesa-gesa dalam membayar tiket yang telah kamu pesan. Biasanya kamu mendapatkan waktu kurang lebih 24 jam untuk pelunasan dan dalam kurung waktu itu maskapai pernerbangan biasanya menurunkan harga tiket sebanyak tiga kali sehari. Kamu harus jeli.

9. Hanya ngecek satu penerbangan saja.

kesalahan booking  © 2016 brilio.net

foto: www.tripoto.com

Saat membeli tiket pesawat secara online maka sebaiknya kamu tidak langsung menuju ke website maskapai penerbangannya melainkan menuju ke website penjualan tiket online yang akan menghadirkan beberapa pilihan untukmu, sehingga kamu tidak terpaku dengan harga tiket disatu maskapai saja.

RECOMMENDED BY EDITOR