Brilio.net - Bagi kamu penggemar novel fantasi karangan J. R. R. Tolkien berjudul Lord of The Rings atau juga mengikuti film serinya yang pasti mengetahui ada satu tempat yang dinamakan Mordor.

Walaupun Mordor itu hanyalah tempat fiktif atau rekaan dari sang pengarang saja, akan tetapi ada beberapa tempat di dunia ini yang mirip dengan rumah bagi ribuan Orcs dan Troll seperti dalam novel atau filmnya tersebut lho! Seperti yang dilansir brilio.net dari travelingyuk.com, Selasa (23/2) kira-kira di mana sajakah lokasinya?

1. Derweze, Turkmenistan

7 Tempat ini mirip Mordor di film Lord of The Rings foto: searchmap.eu

Terletak di sebuah desa kecil di utara Turkmenistan, Derweze berada di tengah padang pasir yang di sekitarnya dihuni sekitar 350 jiwa saja. Banyak wisatawan dari berbagai negara yang mengunjungi tempat tersebut dan menamainya dengan sebutan Door to Hell atau Pintu ke Neraka. Derweze memiliki diameter sekitar 70 meter dan telah membara selama lebih dari 40 tahun lamanya.

2. Kamchatka, Rusia

7 Tempat ini mirip Mordor di film Lord of The Rings foto: russiatrek.org

Kamchatka adalah lubang vulkanis yang dari kejauhan terlihat seperti pintu menuju dunia lain karena di sekelilingnya hanyalah bebatuan tandus berwarna abu-abu dan hitam, sedangkan dari dalam lubang tersebut memancarkan warna orange dan sangat kontras dengan lingkungan sekitarnya. Seperti halnya di film Lord of The Rings, Mordor juga memiliki tempat seperti itu yaitu di puncak gunung yang digunakan untuk melebur cincin.

3. Lake Natron, Tanzania

7 Tempat ini mirip Mordor di film Lord of The Rings foto: birdlife.org

Ada sebuah scene ketika Frodo, Sam dan Smeagol sedang menuju Mordor, melewati sebuah rawa-rawa yang berisikan banyak mayat, ternyata ada juga di dunia nyata tempat yang hampir sama dengan daearh tersebut, yaitu Lake Natron di Tanzania. Di tempat ini menjadi tempat berkubangnya bangkai-bangkai hewan dan sangat sunyi.

4. Halemaumau, Hawaii

7 Tempat ini mirip Mordor di film Lord of The Rings foto: hvo.wr.usgs.gov

Halemaumau adalah sebuah lubang vulkanis yang terletak di Hawaii Volcanoes National Park. Berukuran sekitar 770 meter dengan kedalaman sekitar 83 meter serta terus mengeluarkan lava pijar juga asap beracun, Halemaumau mirip dengan tempat di mana Mordor berada.

5. Erta Ale, Ethiopia

7 Tempat ini mirip Mordor di film Lord of The Rings foto: epid.usra.edu

Disebut juga dengan nama Ertale atau Irta’ale, Erta Ale adalah lempeng basal vulkanis yang berada di Afar Region, Ethiopia. Erta Ale adalah lempeng vulkanis yang paling aktif di Ethiopia dan ketika permukaannya hampir mengeras dan menghitam, maka akan muncul retakan yang sangat eksotis. Erta Ale sendiri menurut orang sekitar berarti 'Smoking mountain'.

6. Masaya, Nicaragua

7 Tempat ini mirip Mordor di film Lord of The Rings foto: welcometonicaragua.net

Masaya adalah sebuah kawah vulkanik yang terletak 20 kilometer dari Managua, Nicaragua. Masyarakat di sekitar tempat tersebut percaya bahwa Masaya adalah pintu ke dunia lain dan juga tempat di mana dewa bersemayan. Tercatat, hanya dua kali saja lava berhasil menerobos keluar, yaitu pada tahun 1670 dan 1772, selebih itu, lava hanya berdiam dan tidak sampai meleleh keluar serta Masaya hanya mengeluarkan awan pekat saja.

7. Danakil Depression, Ethiopia

7 Tempat ini mirip Mordor di film Lord of The Rings foto: resiliantreality.files

Dalam Bahasa Indonesia, Danakil Depression disebut dengan nama Gurun Danakil. Seperti halnya Era Ale, Gurun Danakil berada di Timur Laut Ethiopia dan merupakan tempat tinggal Suku Afar. Gurun satu ini memiliki suhu yang teramat panas dan terdapat beberapa gunung berapi seperti Erta Ale dan Dabbahu. Bahkan Danakil Depression dijuluki dengan istilah Tempat Terkejam di Bumi.