Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Jalan-Jalan
Logo brilio
+
(brl/tin)

24 Juli 2019 12:49

7 Spot diving mendunia di Tanah Air, naik AirAsia lebih hemat

Bisa ketemu ikan pari juga, lho..

7 Spot diving mendunia di Tanah Air, naik AirAsia lebih hemat

View Image

foto: shutterstock.com

Brilio.net - Letak Indonesia di garis khatulistiwa membuat negeri ini mempunyai keanekaragaman biota laut yang menakjubkan. Tercatat, Indonesia memiliki lebih dari 3.000 spesies ikan unik. Bandingkan dengan spot diving terkenal seperti Great Barrier Reef di Australia yang hanya mempunyai sekitar 1.500 spesies ikan.

Indonesia juga terkenal dengan gugusan terumbu karang yang indah. Terumbu karang ini jadi rumah bagi ratusan spesies tumbuhan dan hewan laut. Mereka bisa hidup berdampingan dan membuat satu ekosistem luar biasa. Tak heran, kamu bisa berasa menginjakkan kaki di negeri dongeng bawah laut saat diving di berbagai gugusan terumbu karang di Tanah Air.

Menjangkau spot-spot diving indah di berbagai belahan Indonesia sekarang juga lebih mudah. AirAsia, maskapai yang terkenal dengan penerbangan ramah di kantong, membuka berbagai rute baru ke berbagai daerah yang dekat dengan spot diving memukau.

Penasaran di mana saja spot diving 'surga' bawah laut ini? Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (24/7), yuk kita simak ulasannya berikut ini!

1. Melissa's Garden, Raja Ampat.

7 Spot diving mendunia di Tanah Air, naik AirAsia lebih hemat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sesampainya di bandara Domine Eduard Osok Sorong, kamu bisa langsung menuju Pelabuhan Sorong untuk mencari kapal ke Waisai. Ada dua alternatif yang bisa kamu gunakan seperti kapal cepat dan kapal lambat.

Setelah sampai di Waisai, kamu bisa menyewa kapal untuk melakukan island hopping di Raja Ampat. Untuk menekan biaya, kamu bisa bepergian bersama rombongan agar bisa patungan biaya transportasi.

Sesampainya di Raja Ampat, salah satu spot wajib adalah Mellisa's Garden. Pencinta fotografi makro bawah laut akan terlena di sini. Gugusan terumbu karang yang penuh dengan kehidupan bawah laut menjadi subjek foto yang tak ternilai. Perairan jernih dan sinar matahari yang menembus laut membuat momen diving di sini tak akan terlupakan.

2. The Passage, Raja Ampat.

7 Spot diving mendunia di Tanah Air, naik AirAsia lebih hemat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Diving biasanya dilakukan di lautan lepas dan mengincar hanya satu spot saja. Beda dari yang lain, spot diving The Passage di Raja Ampat ini terkenal karena letaknya di antara Pulau Gam dan Waimo.

Celah berukuran 20 meter inilah yang dinamakan The Passage. Kondisi geografis unik ini mempunyai koral-koral indah dengan berbagai spesies ikan berwarna-warni yang siap memanjakan mata para diver.

3. Magic Mountain, Raja Ampat.

7 Spot diving mendunia di Tanah Air, naik AirAsia lebih hemat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Spot diving satu ini terletak di daerah Misool, Raja Ampat. Ketika arus pasang masuk ke spot ini, kamu bisa melihat berbagai ikan dengan corak indah.

Keindahan biota laut di sini akan membuatmu bak berada di festival berisi ikan dengan corak warna-warni. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan ikan pari lho di sini.

4. Gili Asahan, Lombok.

7 Spot diving mendunia di Tanah Air, naik AirAsia lebih hemat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Dari Lombok, akses menuju Gili Asahan tergolong mudah. Pertama, Sobat Brilio harus menempuh dua jam perjalanan dari Kota Mataram ke Pelabuhan Tawun di Sekotong. Dari sini, Sobat Brilio bisa menyewa perahu yang biasa mengantar wisatawan ke Gili Asahan.

Mempunyai arus yang terkenal deras, Gili Asahan menawarkan pengalaman diving menantang. Ada berbagai spot diving yang bisa kamu pilih seperti Secret Garden, Saking Point, dan Belongan. Jika kurang berani, kamu bisa meminta guide lokal untuk mendampingimu saat diving di Gili Asahan.

5. Gili Kondo, Lombok.

7 Spot diving mendunia di Tanah Air, naik AirAsia lebih hemat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selain Gili Asahan, ada juga Gili Kondo sebagai alternatif spot diving di Lombok. Di sini, kamu bisa bebas menyelam sepuasnya karena masih sepi dan jarang dilirik wisatawan lain.

Spot diving yang terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur ini juga mudah dijangkau lho. Sesampainya di kecamatan ini, warga setempat dengan senang hati membantumu menjelajah spot diving di Gili Kondo.

6. Pulau Cemara, Karimunjawa.

7 Spot diving mendunia di Tanah Air, naik AirAsia lebih hemat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Akses ke Karimunjawa bisa kamu tempuh menggunakan bus ke Jepara dari Semarang. Sesampainya di Jepara, kamu bisa menggunakan kapal laut untuk menyeberang ke Karimunjawa. Disarankan kamu ke sini saat musim kemarau karena angin yang relatif tenang dan nyaman untuk diving.

Kepulauan Cemara ini sedikit jauh dari Karimunjawa. Namun di sini kamu akan menemukan aneka kehidupan laut yang sangat terjaga keasriannya.

Tak heran, pemerintah Jepara menjadikan lokasi Karimunjawa sebagai taman nasional pada 2001 lalu. Lokasi ini merupakan surganya diving di Pulau Jawa.

7. Pulau Cilik, Karimunjawa.

7 Spot diving mendunia di Tanah Air, naik AirAsia lebih hemat berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Dalam bahasa Jawa, kata 'cilik' berarti kecil. Namun jangan remehkan Pulau Cilik karena ukurannya. Spot diving yang ada di pulau ini mempunyai keindahan biota laut yang tak kalah dari Raja Ampat.

Keindahan pulau ini sudah terbukti dengan banyaknya wisatawan asing yang mengunjunginya. Diving di sini akan berasa seperti liburan di pulau pribadi, lho.

Semua spot diving yang ada di atas bisa kamu jangkau dari kota-kota besar di Indonesia. Dari Jakarta, kamu bisa terbang langsung ke Sorong, Lombok, dan Semarang menggunakan AirAsia.

Ketiga rute baru ini mempunyai promo tiket murah yang menarik lho. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bagasi 15 kg secara gratis saat terbang bersama AirAsia.

Hemat di kantong, harga tiket AirAsia ke tiga destinasi ini sangat murah. Penerbangan Jakarta-Sorong mulai dari Rp 2,7 juta dengan frekuensi penerbangan 4x dalam seminggu. Sedangkan penerbangan Jakarta-Semarang bisa kamu tebus mulai dari Rp 341 ribu dengan frekuensi penerbangan 14x seminggu. Terakhir, tiket Jakarta-Lombok mulai Rp 600 ribuan dengan frekuensi penerbangan 14x seminggu.

Bagaimana, Sobat Brilio? Bersama AirAsia, liburan menjelajahi spot diving indah di Tanah Air sekarang bukan mimpi semata. Budget terbatas bukan alasan lagi untuk tidak liburan. Ambil langkah pertamamu menuju liburan impian dengan mendapatkan informasi lebih lanjut di sini.

 

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu

Tags

#BahagiaBersamaAirAsia Olahraga Diving Jalan-jalan Lombok Karimunjawa Raja Ampat Travelling Sponsored Content
Tulis Komentar
MORE