Brilio.net - Kalau kamu pernah mengunjungi Madura, tentunya kamu tak akan absen untuk mengunjungi salah satu kabupaten di Madura yang satu ini. Namanya adalah Kabupaten Bangkalan. Kabupaten ini terletak di ujung paling barat Pulau Madura, berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Sampang di timur serta Selat Madura di selatan dan barat.

Sejak diresmikannya Jembatan Suramadu, Kabupaten Bangkalan ini menjadi gerbang utama Pulau Madura serta menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Jawa Timur, baik dari keindahan alamnya, budaya,serta wisata kulinernya.

Wisata kuliner? Yap! Siapa yang menyangka bila di Bangkalan, Madura ini terdapat surga kuliner yang aduhai. Tak percaya? Berikut adalah 7 destinasi kuliner di Bangkalan Madura yang tak boleh kamu lewatkan, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (15/2).

1. Soto Mata Sapi.

7 Pesona kuliner Bangkalan Madura ini menggoda lidah, cobain yuk... foto: sarimadu.com

Kalau kamu suka dengan kuliner yang ekstrem, maka kamu harus mencoba soto mata sapi yang ada di Bangkalan ini. Soto ini menggunakan mata sapi utuh yang masih terbalut tulang. Soto mata sapi ini dibuat dengan bumbu rahasia dan disajikan dengan kuah soto dan juga diberi irisan daging sapi.

Meskipun kelihatannya aneh dan mengerikan, namun rasanya enak. Soto ini sangat lezat dimakan ketika masih hangat dengan sambal yang pedas. Lokasi yang menjual Soto mata sapi yang ekstrem ini ada di Jalan Raya Burneh Bangkalan.

2. Tajin Sobih Bangkalan.

7 Pesona kuliner Bangkalan Madura ini menggoda lidah, cobain yuk...
foto: flickr.com


Makanan yang satu ini merupakan kuliner yang sajiannya hampir mirip dengan bubur. Namun, yang menjadikan kuliner ini berbeda adalah bubur yang disajikan ini memiliki rasa yang enak dan dominan manis. Lokasi yang pas untuk mencicipi kuliner ini adalah di Jl. RE. Martadinata 24 Bangkalan.

3. Topak Ladeh Bangkalan.

7 Pesona kuliner Bangkalan Madura ini menggoda lidah, cobain yuk... foto: bangkalankita.com

Makanan ini disajikan dengan kuah santan yang kental dan juga dengan rasa yang enak dan gurih. Biasanya Topak Ladeh ini disajikan dengan ditemani lontong ataupun ketupat yang sudah dipotong. Lokasi untuk menemukan topak ladeh yang enak ini ada di Pasar Senen Bangkalan.

4. Sate Madura.

7 Pesona kuliner Bangkalan Madura ini menggoda lidah, cobain yuk... foto: jendelakuliner.com

Untuk kuliner yang satu hampir di seluruh penjuru Indonesia sudah mengenalnya, namun jika kamu ingin mencoba di tempat asalnya sebaiknya mampir ke Alun-Alun Bangkalan. Di sana kamu akan menemukan penjual kuliner yang satu ini.

BACA JUGA: Ke Bandung tapi nggak mampir di 10 kuliner malam ini? Hmm rugi!

5. Nasi Serpang Bangkalan.

7 Pesona kuliner Bangkalan Madura ini menggoda lidah, cobain yuk... foto: bangkalankita.com

Nasi Serpang ini merupakan makanan yang lezat yang dimasak dengan perpaduan rempah sehingga rasanya unik. Nasi serpang ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk, seperti ikan laut hingga daging. Yang menjadikan menu ini khas adalah menu ini disajikan dengan ditambah kerupuk rambak bumbu rujak. Lokasinya yang menjual menu ini adalah di Jl. Panglima Sudirman, Bangkalan.

6. Bebek Sinjai.

7 Pesona kuliner Bangkalan Madura ini menggoda lidah, cobain yuk... foto: bearlittleworld.wordpress.com

Kuliner yang satu ini sudah menjadi incaran pecinta kuliner, khususnya pecinta kuliner bebek. Banyak pelanggan dari Surabaya yang rela menyeberang ke Madura hanya untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Bebek Sinjai dinikmati dengan nasi hangat dan sambel pencitnya pasti akan menggugah seleramu. Lokasinya sendiri ada di Jl. Raya Ketengen No. 45, Bangkalan.

7. Kaldu kokot.

7 Pesona kuliner Bangkalan Madura ini menggoda lidah, cobain yuk... foto: junantoherdiawan.com

Biasanya sop yang kita makan adalah yang berkuah segar dan berisi sayuran serta daging. Namun, di Bangkalan ada sop yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan bumbu rempah dan disajikan dengan potongan kikil. Dan yang membuat unik, menu ini dalam penyajiannya ditambah dengan bumbu petis dan kacang ulek. Kamu bisa menemukan kuliner yang satu ini di Jl. Arif Rahman No. 13, Bangkalan Timur.