Brilio.net - Saat ini ada banyak sekali tempat nongkrong atau hangout, mulai dari mal sampai kafe. Tapi pernahkah terlintas di pikiranmu untuk mencoba hangout di perpustakaan? Yup, perpustakaan, bangunan yang selama ini identik jadi spot favorit para pecinta buku.

Eits, jangan menganggap remeh perpustakaan. Bangunan yang dipenuhi deretan rak berisi buku-buku itu ternyata juga bisa jadi alternatif spot nongkrong sama teman dekatmu lho. Bahkan, tempatnya bisa nggak kalah kece dari kafe-kafe hits. Selain sebagai tempat membaca dan mencari inspirasi, perpustakaan bisa menjadi tempat berkarya, berinteraksi dengan orang lain alias nambah teman baru, hingga belajar seni.

Di Indonesia, terdapat beberapa perpustakaan berkonsep unik. Mulai dari desain bangunan, tata ruang, koleksi bukunya hingga beragam kegiatan yang diselenggarakan di sana.

Kamu tertarik membaca buku sambil nongkrong di perpustakaan? Kamu bisa mengunjungi perpustakaan unik yang menawarkan suasana berbeda nih. Di mana aja tempatnya? Yuk langsung simak ulasan yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (3/9), berikut ini.

1. Perpustakaan terbuat dari sampah kotak es krim, microlibrary, Bandung.

7 Perpustakaan unik di dekat kota, nuansanya bikin betah seharian baca berbagai sumber

foto: archdaily.com

Di Bandung, terdapat sebuah perpustakaan yang terbuat dari limbah. Dinding perpustakaan bernama microlibrary ini terbuat dari susunan limbah wadah es krim sebanyak 2.000 buah. Tak cuma itu, dinding dari wadah es krim itu ternyata juga menyimpan pesan lho. Ribuan wadah es krim tersebut disusun sedemikian rupa sehingga membentuk kode binari dengan kalimat "Buku adalah jendela dunia" yang dapat dibaca dari kejauhan.

Perpustakaan seluas 160 meter persegi yang berdiri di Jalan Bima Nomor 100 B Bandung itu terdiri dari dua lantai. Ruang perpustakaannya sendiri berada di bagian atas. Kolongnya yang dibiarkan terbuka, menjadi ruang serba guna. Salah satunya digunakan untuk latihan tarian modern grup kabaret anak sekolah. Nah, kamu menikmati desain bangunan yang antimainstream ini sambil hangout sama teman segengmu nih.

2. Kamu bisa jalan-jalan di Perpustakaan Universitas Indonesia, Jakarta yang sangat luas.

7 Perpustakaan unik di dekat kota, nuansanya bikin betah seharian baca berbagai sumber

foto: uiupdate.ui.ac.id

Perpustakaan yang disebut sebagai crystal of knowledge ini merupakan perpustakaan pusat Universitas Indonesia (UI), Depok. Perpustakaan ini menyediakan 3 hingga 5 juta judul buku lho!

Dengan luas 2,5 hektare, perpustakaan ini konon disebut sebagai perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara lho. Menariknya, perpustakaan UI tersebut terbuka untuk umum. Jadi meskipun kamu bukan mahasiswa UI, kamu pun bisa memanfaatkan fasilitas di perpustakaan tersebut.

Makin lengkap, perpustakaan ini memiliki ruang terbuka hijau untuk menikmati pemandangan di sekitar danau Rektorat UI. Ada juga restoran, kafe, kedai kopi, dan lounge area. Bisa jadi spot yang cocok buat hangout sekaligus baca buku, deh.

3. Perpustakaan khusus buku anak-anak dan parenting di Rabbit Hole, Jakarta.

7 Perpustakaan unik di dekat kota, nuansanya bikin betah seharian baca berbagai sumber

foto: productivemamas.com

Berawal dari kegemarannya mengoleksi buku dan membuat buku anak, Psikolog Devi Raissa M.Psi menghadirkan perpustakaan Rabbit Hole.

Berbeda dengan perpustakaan pada umumnya, di sini hanya menyediakan buku khusus bertema parenting serta buku anak-anak. Bangunan perpustakaan mini yang berada di Jl. Bangka IID No. 5, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan ini sekaligus berfungsi sebagai pabrik buku.

Meski begitu, perpustakaan ini menerima kunjungan untuk umum atau kelompok kok. Sayangnya, pengunjung hanya diperkenankan membaca buku di tempat aja.

4. Membaca di tengah hutan di Perpustakaan PDTS Kebun Binatang Surabaya.

7 Perpustakaan unik di dekat kota, nuansanya bikin betah seharian baca berbagai sumber

foto: penbaypilot.com

Ingin membaca buku dengan suasana yang berbeda? Kamu bisa mengunjungi perpustakaan milik Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Surabaya. Keunikan perpustakaan ini adalah mengusung konsep hutan belantara. Bahkan rak-raknya berbentuk hewan-hewan dengan aneka warna. Di sini kamu bisa membaca buku dengan nuansa hutan yang hijau.

Di perpustakaan ini kamu bisa mengakses sekitar 1.500 buku dari berbagai jenis. Ada buku tentang fauna dan satwa, ada pula buku-buku pengetahuan umum. Selain itu ada juga buku-buku yang bisa dijadikan rujukan skripsi untuk mahasiswa.

5. Bekerja sambil membaca buku di C2O library & collabtive, Surabaya.

7 Perpustakaan unik di dekat kota, nuansanya bikin betah seharian baca berbagai sumber

foto: coworker.com

Perpustakaan yang didirikan pada tahun 2008 ini merupakan perpustakaan sekaligus ruang lab kolaboratif swadaya untuk belajar, berinteraksi dan berkarya. C2O Library & Collabtive ini terletak di Jalan Dr Cipto No 20 Surabaya.

Di sini kamu bisa menemukan lebih dari 5.000 buku dari berbagai genre. Mulai dari sastra, sejarah, kajian budaya, sosial, fotografi, desain grafis hingga buku-buku langka semacam kumpulan buku-buku Soekarno, Bung Hatta, dan lain-lainnya.

Sesuai dengan konsepnya, di sini kamu nggak cuma bisa baca buku, tapi juga bisa bekerja, berkarya, atau berinteraksi dengan berbagai komunitas. Selain itu, di sini juga punya beragam kegiatan yang menarik seperti lokakarya, diskusi buku, pemutaran film, juga pameran. Kece banget, kan?

6. Nikmati budaya Bali di perpustakaan Pondok Pekak Ubud, Bali.

7 Perpustakaan unik di dekat kota, nuansanya bikin betah seharian baca berbagai sumber

foto: baleudang.com

Pondok Pekak Ubud ini bukan sekadar perpustakaan biasa. Pondok Pekak Ubud ini awalnya digunakan sebagai perpustakaan yang memberikan pengetahuan tentang lingkungan. Seiring berjalannya waktu, Pondok Pekak Library di Ubud, menjadi salah satu tempat wisata di Ubud, dengan tujuan untuk mempromosikan pengetahuan alam, lingkungan dan budaya di Bali.

Yup, di perpustakaan ini pengunjung nggak cuma bisa membaca koleksi buku yang mencapai 30 ribu, tapi juga bisa belajar musik tradisional, tari tarian, gamelan, pembuatan topeng, hingga ukiran kayu khas tradisional Bali.

Perpustakan yang terletak di Jl. Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar ini bisa diakses orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dari penduduk lokal hingga wisatawan asing dan ekspatriat yang tinggal di Bali. Selain untuk tempat belajar, Pondok Pekak Ubud sering sebagai tempat berbagai pertunjukan, pembacaan puisi, hingga workshop.

7. Sensasi membaca di dalam kontainer di Kontainer Pustaka, Malang.

7 Perpustakaan unik di dekat kota, nuansanya bikin betah seharian baca berbagai sumber

foto: desainruangrumahku.blogspot.com

Sebuah perpustakaan di Jalan Sultan Agung, Malang, Jawa Timur secara kreatif dibangun dari tujuh kontainer bekas. Perpustakaan kontainer penuh warna tersebut memiliki 6.000 koleksi buku yang bisa dibaca oleh masyarakat setempat secara gratis. Tak cuma bahannya yang unik, bentuk bangunan perpustakaan yang dinamai Taman Baca dan Poligigi “Amin” ini menyerupai egrang, sebuah permainan tradisional yang terbuat dari bilah bambu.

Tempat duduk untuk membaca buku juga bertebaran di tiap-tiap kontainer. Kamu bisa duduk di sofa empuk dan nyaman atau juga duduk di kursi-kursi yang berada di kiri kanan rak buku yang berjajar rapi.

Nah, itu tadi deretan perpustakaan unik dekat kota yang bisa kamu jadikan alternatif tempat buat ngumpul sama teman dekatmu nih. Males dengan drama macetnya jalanan? Eits, kini kamu nggak perlu bingung menghadapi kemacetan saat ingin hangout di spot-spot yang ada di tengah kota. Kamu bisa mengandalkan sepeda motor yang aman, nyaman, dan tentu saja tetap trendy untuk menembus kemacetan. Seperti New Fino 125 Blue Core nih, Sobat Brilio. Kenapa harus New Fino 125 Blue Core? Soalnya, New Fino 125 Blue Core ini punya teknologi Blue Core.

Teknologi Blue Core yang dimiliki New Fino 125 Blue Core ini membuat konsumsi bahan bakar lebih irit 50% lho. New Fino 125 Blue Core dengan warna baru Luxury Red dijamin bikin penampilanmu terlihat berbeda dari yang lainnya. Perpaduan nuansa eksklusif dari corak warna merah yang anggun dan tampilan desain lampu depan LED yang elegan membuat New Fino 125 Blue Core terlihat berkelas.

7 Perpustakaan unik di dekat kota, nuansanya bikin betah seharian baca berbagai sumber

foto: Yamaha

Turut hadir juga berbagai teknologi mutakhir seperti Advance Key System. Sistem ini berfungsi ganda untuk menemukan lokasi sepeda motormu dan untuk membuka penutup kunci. Dengan New Fino 125 Blue Core, momen hangout bareng sahabat satu geng bisa jadi kenangan terindah yang tak akan terlupakan. Penasaran dengan keunggulan lain dari sepeda motor matic New Fino 125 Blue Core? Yuk cek di sini.