Brilio.net - Wisata belanja memang bikin bahagia banget. Apalagi kalau dompetnya nggak pernah tipis. Ini nih, yang selalu menjadi idaman setiap orang. Tapi, belanja tidak perlu ke mal lho, apalagi sampai ke Singapura ala-ala gateway. Kamu bisa kok belanja di perahu, what? Tempat apa ini?

Jangan kaget dulu, namanya adalah pasar apung. Jadi, kamu belanjanya harus di perahu biar nggak tenggelam, apalagi barang belanjaanmu banyak. Iya kan?

Sebagai negara kelautan, Indonesia ternyata mempunyai banyak pasar apung. Salah satunya adalah dulu yang pernah dijadikan tempat syuting iklan RCTI, itu lho yang ada nenek mengacungkan jempol dari perahunya. Ingat kan?

Penasaran dengan pasar apung lainnya? Yuk, cek satu per satu sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (30/5). Sudah siap piknik? Lanjut!


1. Pasar Apung Nusantara, Jawa Timur.

pasar apung  © 2016 brilio.net

Di tempat ini kamu bisa mencicipi berbagai makanan nusantara. Lokasinya sendiri masih satu komplek dengan Museum Angkut, Malang, Jawa Timur. Tidak perlu mendayung untuk belanja di tempat ini. Jadi tidak perlu khawatir tenggelam ya!


2. Pasar Apung Lembang, Jawa Barat.

pasar apung  © 2016 brilio.net

Setelah dari Jawa Timur, yuk mendayung ke Jawa Barat. Pasar ini terletak di Lembang, Bandung Utara Jawa Barat. Selain memuaskan lidah kamu, pasar ini juga menyediakan fasilitas bermain alias hiburan lho. Jika kamu adalah orang yang kurang piknik, lokasi ini sangat pas buat kamu.


3. Pasar Ah Poong, Jawa Barat.

pasar apung  © 2016 brilio.net

Tidak hanya di Lembang, Kota Kembang ternyata mempunyai satu lagi pasar apung yang keren, Pasar Ah Poong. Lokasinya tidak jauh dengan Sungai Cikeas, Sentul, Bogor. Tenang, jika lidah kamu akrab dengan masakan western, pasar ini sangat cocok buat kamu.


4. Pasar Terapung Langkat, Sumatera Utara.

pasar apung  © 2016 brilio.net

Pasar ini masih lumayan baru sih karena diresmikan tujuh tahun yang lalu. Di tempat ini kamu bisa membeli ikan kerapu, hasil laut khas dari Kabupaten Langkat. Penasaran dengan jenis ikan ini? Segera pesan tiket ke Sumatera Utara, ya!


BACA JUGA: Bikin bingung, nasi pecel itu sebenarnya asalnya dari mana sih?


5. Pasar Siring Piere Tendean, Kalimantan Selatan.

pasar apung  © 2016 brilio.net

Pasar ini sebenarnya mulai tergilas dengan pasar modern loh. Tapi untung pemerintah setempat melakukan renovasi agar Pasar Siring Piere Tendean ini tetap eksis hingga kini. Jadi yang ngaku anak muda Indonesia, jangan gengsi ya untuk belanja di pasar apung tradisional.


6. Pasar Lok Baintan, Kalimantan Selatan.

pasar apung  © 2016 brilio.net

Selain Siring Pierre Tendean, Kalimantan Selatan juga punya pasar apung lainnya, Pasar Lok Baintan. Pasar yang satu ini sangat ramai di pagi hari mulai dari jam 06.00 - 07.00. Jadi, harus pagi ya untuk belanja di tempat ini. Lokasinya sendiri ada di Desa Look Baintan, Banjar.


7. Pasar Muara Kuin, Kalimantan Selatan.

pasar apung  © 2016 brilio.net

Ini nih pasar apung yang paling hits di Indonesia. Di atas sungai Kuin dan Barito, para pedagang dan pembeli melakukan transaksi. Wah, seru banget ya? Selain itu, pasar ini juga menyediakan makanan, hasil pertanian, dan kebutuhan lainnya. Siap-siap foto acungkan jempol di atas perahu ya?