Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Jalan-Jalan
Logo brilio
+
(brl/tin)

23 Januari 2019 16:04

7 Cara nikmati pesona Adelaide, kota paling layak huni di dunia

Bisa menikmati naik trem yang beroperasi sejak 1894, lho..

7 Cara nikmati pesona Adelaide, kota paling layak huni di dunia

View Image

foto: adelaidehills.org.au; shutterstock.com

Brilio.net - Jika berbicara tentang Australia, pasti kamu akan langsung teringat dengan Sydney Opera House atau mungkin kangguru. Beberapa wilayah kota di Australia juga mungkin akan langsung terbesit di pikiranmu, seperti Melbourne dan Perth.

Namun, selain kota-kota tersebut, masih terdapat beberapa kota menarik lainnya di negara tetangga Indonesia ini. Satu di antaranya Adelaide.

Meski namanya masih terdengar asing bagi sebagian orang, Adelaide merupakan salah satu tempat terindah di Australia. Terletak di antara pantai pasir putih dan perbukitan berkelok-kelok, Adelaide adalah kota cantik yang ramah dengan bangunan batu pasir, gereja bersejarah dan lahan taman yang luas.

Tak heran jika Adelaide bisa menjadi salah satu tempat ternyaman di Australia untuk kamu yang ingin berkuliah di luar negeri. Bahkan, tahun 2017 dan 2018 kemarin, Adelaide berhasil masuk dalam jajaran 10 besar kota paling layak dihuni versi majalah ternama, The Economist.

Jadi makin penasaran dengan kota satu ini? Yuk simak tujuh cara menikmati pesona Adelaide yang sudah disarikan Brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (23/1).

1. Menikmati makanan segar di Adelaide Central Market.

pesona Adelaide South Australia Tourism Commission

foto: South Australian Tourism Commission

Kota terbesar di bagian Australia Selatan ini terkenal akan budaya anggur dan kulinernya. Tak mengherankan jika melihat melimpahnya kekayaan hasil bumi Adelaide yang bisa kamu temukan di Adelaide Central Market. Spot terkenal di Adelaide ini menyuguhkan beragam makanan segar, mulai dari buah dan sayur mayur segar pertanian hingga daging bebas hormon, keju artisan, daging asap dan hidangan laut.

Dengan lebih dari 70 pedagang, Adelaide Central Market merupakan salah satu pusat produsen makanan terbesar di wilayah Australia Selatan. Kamu juga bisa menikmati espresso atau kudapan di kafe-kafe sekitarnya. Lebih menariknya, kamu dapat bergabung dengan tur pagi-pagi bersama Food Tours Australia untuk menikmati pertunjukan lokal terbaik.

Makanan yang masih segar saat dikonsumsi memang akan terasa jauh lebih nikmat. Jika kamu ingin mencicipi bahan-bahan makanan segar secara langsung di Adelaide, kamu bisa terbang dengan maskapai penerima penghargaan terbanyak, Singapore Airlines.

Kabar bagusnya, sejak tanggal 17 Desember 2018 lalu, penerbangan rute ini sudah menggunakan pesawat baru, lho. Pesawat A350-900 jarak menengah (medium-haul) terbaru yang sudah resmi beroperasi ini dilengkapi dengan sistem hiburan dalam pesawat yaitu Thales AVANT dan myKrisWorld. Dengan fasilitas antarmuka terbaru, sistem hiburan ini menawarkan pengalaman pengguna yang lebih intuitif dan pilihan navigasi.

Jadi, kamu bisa memilih daftar pilihan lagu dari aplikasi mobile SingaporeAir sebelum melakukan penerbangan. Kamu juga akan menerima rekomendasi konten berdasarkan preferensi dan daftar riwayat pencarianmu sebelumnya. Asyiknya lagi, buat kamu anggota KrisFlyer dan pelanggan Bussiness Class berhak memiliki akses terhadap pilihan konten hiburan dalam pesawat lainnya.

Tidak kalah menarik, pesawat terbaru milik maskapai yang berhasil meraih predikat “World’s Best Airline” tahun 2018 dari Skytrax ini juga menampilkan langit-langit pesawat yang lebih tinggi, jendela yang lebih besar dan badan pesawat yang lebih lebar untuk memberikan ruang dan kenyamanan lebih. Sehingga kabin pesawat akan terasa lebih seperti ruangan, dibanding tabung panjang.

2. Renang bersama lumba-lumba di pantai Adelaide.

pesona Adelaide South Australia Tourism Commission

foto: South Australian Tourism Commission

Ketika berkunjung ke Adelaide, jangan lewatkan kesempatan langka berenang bersama lumba-lumba secara langsung di habitat aslinya. Kamu hanya perlu mengunjungi Glenelg dengan jarak sekitar 20 menit dari pusat kota Adelaide.

Ya, selain menyusuri hiruk pikuk dermaga Glenelg, kamu juga bisa berenang bareng lumba-lumba jika mengikuti tur Temptation Sailing. Tur satu ini menawarkan perjalanan luar biasa di atas kapal pesiar untuk melihat secara langsung lumba-lumba yang sedang berenang di sekitar kapal dengan pemandangan garis pantai Australia Selatan yang memukau.

Sebelum berenang langsung bareng lumba-lumba, kamu bisa merencanakan dan membayangkannya terlebih dahulu dengan nyaman selama di dalam pesawat A350-900 jarak menengah (medium-haul) terbaru milik Singapore Airlines. Pasalnya, setiap kursi Bussiness Class dapat direbahkan langsung hingga 76’’ dan berubah menjadi tempat tidur yang sepenuhnya datar. Belum lagi pembatas pada kursi bagian tengah dapat disesuaikan, jadi privasimu nggak akan terganggu deh.

pesona Adelaide berbagai sumber

foto: Singapore Airlines

Maskapai yang sudah sering mendapat penghargaan bergengsi ini juga sangat memikirkan kenyamanan setiap penumpang di berbagai kelas, termasuk penumpang Economy Class. Setiap kursi Economy Class dalam pesawat A350-900 jarak menengah ini dilengkapi bantalan sandaran tulang punggung yang dirancang ergonomis dan sandaran kepala yang bisa disesuaikan ke enam arah. Nggak ada lagi deh kata pegel setelah terbang jauh.

 pesona Adelaide © 2019 brilio.net

foto: Singapore Airlines

Selain kursi yang nyaman, kedua kelas ini juga dilengkapi ruang penyimpanan untuk barang-barang pribadi, port USB, sumber daya listrik yang terintegrasi di kursi dan monitor layar sentuh personal dengan ukuran masing-masing 17" dan 11,6". Oh ya, buat kamu yang suka jetlag, nggak perlu khawatir lagi deh, soalnya pengaturan penerangan dalam pesawat ini dapat dirancang untuk mengurangi jetlag. Canggih kan?

Lebih canggihnya lagi, kamu bisa memesan makanan khusus paling lambat 24 jam sebelum melakukan penerbangan dengan Singapore Airlines untuk Bussiness Class. Jadi, kamu bisa menghindari beberapa makanan yang termasuk dalam pantanganmu dengan menggunakan layanan pesan koki. Ada juga menu Yummy! khusus anak-anak saat kamu bepergian dengan anak berusia 2 hingga 11 tahun.

3. Menjelajahi perkampungan Jerman klasik di Hahndorf.

pesona Adelaide South Australia Tourism Commission

foto: adelaidehills.org.au

Wilayah yang terletak di area Adelaide Hills ini merupakan perkampungan Jerman tertua di Australia yang masih bertahan hingga kini. Wilayah ini dipenuhi oleh migran Lutheran abad ke-19 yang melarikan diri dari penindasan agama di Prusia. Kamu bisa melihat arsitektur fachwerk tradisional, toko-toko barang antik, vintage dan pernak-pernik kuno di spot wisata yang berjarak 30 menit dari pusat kota Adelaide ini. Selain itu, kamu juga bisa belajar lebih dalam tentang budaya lokal warga setempat di Hahndorf Academy.

4. Menikmati perjalanan naik Horse Drawn Tram yang bersejarah.

pesona Adelaide South Australia Tourism Commission

foto: horsedrawntram.com.au

Saat kamu mengunjungi kota Victor Harbor di wilayah Semenanjung Fleurieu, jangan lupa untuk mencoba melakukan perjalanan menggunakan Horse Drawn Tram yang melintasi jalan lintas antara Victor Harbor, dan rumah Penguin Kecil di Pulau Granite. Trem bersejarah ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1894 dan kini menjadi salah satu dari dua yang tersisa di dunia yang masih terus beroperasi setiap hari.

Kuda yang menjalankan trem ini juga terlihat begitu terawat dan indah dimana per ekornya memiliki tiga shift setiap minggunya. Satu shift terdiri dari empat perjalanan dengan total sembilan jam seminggu. Selain mengendarai trem, kamu juga bisa sekaligus mempelajari lebih dalam tentang sejarah Tramway, The Causeway dan area lainnya.

5. Mengeksplorasi keindahan pantai sekitar Semenanjung Fleurieu.

pesona Adelaide South Australia Tourism Commission

foto: South Australian Tourism Commission

Salah satu spot wisata Adelaide lain yang tidak kalah menarik adalah Semenanjung Fleurieu. Di spot wisata ini ada banyak hal yang dapat kamu lakukan. Mulai dari pergi snorkeling di Leafy Seadragon yang terkenal, menunggang kuda hingga menonton ikan paus. Belum lagi dengan mengikuti Big Duck Boat Tour di Victor Harbor, kamu bisa melihat anjing laut bulu Selandia Baru, singa laut Australia, lumba-lumba, dan burung laut.

Kamu juga dapat melihat pemandangan langka burung air bermigrasi di Taman Nasional Coorong atau pergi trekking melalui lahan basah dan laguna yang terletak di Sungai Murray bagian bawah. Serunya, sebagian besar satwa liar di kawasan yang indah ini dapat terlihat hanya dengan mengikuti tur berjalan kaki. Benar-benar pengalaman yang menarik kan?

6. Menjelajahi kebun binatang tanpa pagar.

pesona Adelaide berbagai sumber

foto: South Australian Tourism Commission

Mau lebih dekat dengan satwa-satwa liar lainnya? Kamu bisa mengunjungi Pulau Kangaroo di Adelaide. Pulau satu ini dikenal sebagai kebun binatang tanpa pagar juga kandang. Lebih dari sepertiga pulau ini dilindungi kawasan cagar alam serta taman nasional. Pulau ini berada 112 km barat daya dari Adelaide.

Pulau yang juga dikenal dengan nama "KI" oleh penduduk setempat ini dipenuhi hewan asli yang kebanyakan tidak dapat ditemukan di belahan bumi lainnya. Tak heran jika Pulau Kangaroo menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan margasatwa asli Australia dari dekat.

7. Melepas penat di Mount Gambier.

pesona Adelaide South Australia Tourism Commission

foto: shutterstock.com

Daya tarik yang paling mengagumkan di Mount Gambier adalah The Sunken Garden. Spot wisata yang juga dikenal dengan nama Umpherston Sinkhole ini dulunya merupakan gua yang terbentuk akibat pecahan batu kapur. Namun kini berubah menjadi taman yang sangat indah. Selain The Sunken Garden, spot lain yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Mount Gambier adalah Danau Biru yang warnanya dapat berubah menjadi biru terang saat musim panas tiba.

RECOMMENDED BY EDITOR
 

Pilih Reaksi Kamu

Tags

Pesona Adelaide Jalan-jalan Travel Travelling Australia Tujuan Pariwisata Destinasi Pariwisata Dunia Promosi Pariwisata Sponsored Content
Tulis Komentar
MORE