Brilio.net - Mungkin bagi sebagian orang, berlibur di Korea Utara (Korut) itu sama aja dengan cari mati. Ya memang benar sih, Korut memang negara yang tertutup dan bisa dibilang sangat banyak peraturannya. Bahkan warga negara Korea Utara sendiri aja banyak yang takut, gimana dengan turis coba?

Tapi ternyata Korea Utara sudah mulai terbuka dengan wisatawan asing lho. Tapi aturan yang diberlakukan juga seabrek! Kamu nggak bisa bebas  melakukan hal-hal sesuka hatimu seperti saat traveling di negara lain.

WAJIB JUGA DIBACA: 10 Foto ini tunjukkan keadaan di Korea Utara sekarang, miris banget!

Kamu tertarik? Tapi sebelumnya kamu harus lihat dulu 7 aturan yang wajib kamu patuhi di sana, seperti dilansir brilio.net dari emgn.com, Sabtu (2/4), agar saat pulang Indonesia nggak hanya tinggal nama! Hayo lho..


1. Hanya bisa menggunakan maskapai Koryo

traveling korut  © 2016 brilio.net

Semua wisatawan, kecuali berasal dari Amerika Serikat dan Israel boleh berkunjung ke Korut. Transportasinya dengan menggunakan pesawat Koryo via Beijing saja. Jadi kalau kamu ke Korut, wajib hukumnya transit di China.



2. Visa turis dengan aturan seabrek wajib diurus

traveling korut  © 2016 brilio.net

Pengajuan visa turis di Korut hanya bisa sekali. Jadi jika permohonan visa kamu diterima, maka kamu sudah mendapatkan paket lengkap termasuk akomodasi hotel, guide, paket makan dan biaya lainnya. Tapi dengan catatan negara tempat tinggal calon traveler ini punya hubungan diplomatik dengan Korea Utara yang ditandai dengan adanya Kedutaan Besar di negara tersebut.

Jadi satu-satunya jalan agar bisa sampai di daratan negara ini adalah dengan mendaftar paket wisata di agen-agen tur yang memang membuka paket wisata ke sana. Jadi kamu memang nggak bisa jalan-jalan sendirian.



3. Kemana-mana wajib didampingi tour guide resmi pemerintah

traveling korut  © 2016 brilio.net

Saat mendarat di Korut, kamu akan langsung mendapatkan guide resmi dari pemerintah. Ke mana saja kamu pergi, kamu wajib didampingi oleh mereka. Bahkan para guide ini juga akan memberitahukan kepada para wisatawan kapan harus bangun pagi!



4. Selalu meminta izin kalau mau ambil foto atau kamu akan menyesal seumur hidup!

traveling korut  © 2016 brilio.net

Sebenarnya kita bebas membawa kamera kemana-mana selama berada di Korut, tapi yang harus kamu tahu adalah tidak semua tempat boleh diambil gambarnya, ada beberapa tempat yang sangat privasi dan haram hukumnya untuk dipotret.

Bahkan sebelum kamu pergi meninggalkan Korut akan ada petugas yang mengecek foto-foto kamu. Kalau ada foto yang melanggar maka petugas akan menyita kameramu, bahkan bisa dipenjara!



5. Jangan pernah ngobrol soal politik dan agama di sana

traveling korut  © 2016 brilio.net

Berbicara politik dan agama di sana adalah haram hukumnya dan merupakan pelanggaran berat! Kalau ketahuan kamu bisa masuk penjara dengan hukuman yang mengerikan.



6. Sebelum menjelajah, hormat dulu pada sang penguasa

traveling korut  © 2016 brilio.net

Salah satu kegiatan wajib di sana kamu harus hormat dengan membungkukkan badan di hadapan patung raksasa Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il. Kalau kamu nggak mau, kamu bakal diusir paksa bahkan bisa dihukum berat. Dan lagi kalau kamu mau mengambil foto patung ini, harus utuh tanpa ada bagian tubuh patung yang terpotong!



7. Beli souvenir pun ada aturannya

traveling korut  © 2016 brilio.net

Biasanya jika mengunjungi sebuah negara tertentu, maka sudah jadi hal yang lazim bagi kita untuk membeli apa pun yang ditawarkan. Namun, hal tersebut tidak bisa dilakukan di Korea Utara. Ya, tidak semua barang bisa kita beli di sana meskipun aslinya dijual. Ada beberapa barang yang hanya boleh dibeli oleh penduduk Korut saja.

Gimana, tertantang untuk traveling ke sana nggak? Yakin berani?