Brilio.net - Raja Ampat terkenal di seluruh dunia sebagai surga tropis. Tempat wisata ini juga sangat terkenal dan dicintai para pencari petualangan serta penyelam scuba.

Raja Ampat terdiri dari ribuan pulau yang tertutup hutan, terbentang lebih dari 40 ribu km persegi. Keindahan alam yang belum terjamah banyak orang membuatnya dikagumi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Raja Ampat menawarkan panorama alam yang sangat beragam. Mulai dari air yang sangat jernih, laguna, hingga konstelasi karst dan hutan raksasa. Dengan menggunakan maskapai Air Asia, kamu bisa terbang ke Raja Ampat dan menikmati keindahan alamnya.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/2), enam tempat wisata terbaik yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Raja Ampat.

1. Mengunjungi Desa Pulau Arborek.

wisata terbaik di Raja Ampat © 2022 berbagai sumber

foto: Shutterstock/Superstar

Desa Pulau Arborek merupakan salah satu desa di Raja Ampat yang paling terkenal untuk dikunjungi wisatawan. Dengan jumlah penduduk hanya 197 jiwa, desa ini telah mempelopori konservasi laut berbasis masyarakat dan meraih juara pertama Lomba Desa Tingkat Provinsi 2015.

Para wanita di antara 40 keluarga yang tinggal di sini terkenal dengan kerajinan tangan mereka. Selain itu, desa ini menjadi hidup dengan adanya anak-anak yang berlarian dan bermain-main di perairan sekitar. Dermaga Arborek juga merupakan tempat yang bagus untuk snorkeling.

Sebagian besar wanita di sini sekarang membuat kerajinan untuk mencari nafkah dan ada juga penduduk desa dari muda hingga tua yang menampilkan tarian tradisional. Desa ini tidak terlalu besar dan hanya memiliki sekitar 40 keluarga. Berkunjung ke Desa Arborek jadi cara menyenangkan untuk mengenal sedikit tentang masyarakat dan budayanya.

2. Mengunjungi Air Terjun Batanta.

wisata terbaik di Raja Ampat © 2022 berbagai sumber

foto: Traveloka

Apakah ada yang masih asing dengan Air Terjun Batanta? Batanta adalah pulau terkecil dari empat raja (pulau utama) dengan hanya beberapa desa di pulau itu. Dengan begitu, berarti kamu bisa berenang atau snorkeling di teluk tanpa kehadiran orang lain.

Trekking untuk menemukan air terjun di sini sangat berharga, karena kamu tidak hanya menikmati air dingin segar tapi juga menjelajahi gua di belakang air terjun.

Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan kupu-kupu, burung, dan flora besar di sekitar air terjun. Kamu bisa menggunakan penerbangan Air Asia jika berada di luar Pulau Papua. Tentunya kamu juga harus menempuh perjalanan darat untuk sampai ke air terjun Batanta.

3. Mengunjungi Sungai Biru.

wisata terbaik di Raja Ampat © 2022 berbagai sumber

foto: Shutterstock/Trendsetter

Nama sungai biru berasal dari air yang dalam dan saluran sempit yang mengeluarkan air keruh dari hutan bakau. Area seperti 'Sungai Biru' menawarkan pencahayaan yang benar-benar akan membuat kamu terpesona. Kamu akan disambut oleh kolam air biru yang dingin menyegarkan saat disentuh, sembari tidur nyenyak di bawah kanopi hutan.

Banyak para pelancong yang biasanya lebih suka pergi di pagi hari. Pastikan untuk membawa uang tunai jika ingin membeli sesuatu dari toko lokal di desa tersebut. Jangan lupa juga siapkan sepatu hiking, semprotan nyamuk, dan handuk renang.

4. Mengunjungi Pasir Timbul.

wisata terbaik di Raja Ampat © 2022 berbagai sumber

foto: Shutterstock/Trendsetter

Hanya beberapa jam sehari, saat air surut, pulau kecil ini muncul dari lautan. Oleh karena itu, mereka menyebutnya Pasir Timbul.

Sangat menarik bukan? Mungkin bagi sebagian orang Pasir Timbul jadi hal baru yang dilihat untuk pertama kali. Ya, benar. Sejauh ini hanya Raja Ampat yang memiliki keajaiban tersebut. Datang dan nikmati keindahannya.

5. Mengunjungi Keindahan Pianemo.

wisata terbaik di Raja Ampat © 2022 berbagai sumber

foto: Traveloka

Pianemo merupakan salah satu lokasi paling apik di Raja Ampat dan terkenal sebagai spot Instagram. Hampir seluruh pelancong baik dari domestik maupun mancanegara mengunjungi Pianemo ketika berada di Raja Ampat. Bagi beberapa orang, Pianemo juga sudah dianggap sebagai icon Raja Ampat yang wajib dikunjungi.

Pendakian hanya membutuhkan 5-10 menit dengan menggunakan tangga dan cukup mudah untuk anak-anak atau orang tua. Kamu dapat menemukan rest station setelah 100 dan 200 anak tangga.

Pemandangan panorama yang ditawarkan benar-benar unik. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan Pianemo secara langsung yang ada di uang kertas Rp 100.000.

6. Pulau Hornbill.

wisata terbaik di Raja Ampat © 2022 berbagai sumber

foto: Shutterstock/Rising Star

Rangkong adalah salah satu spesies burung yang bisa dilihat di Raja Ampat. Melihat mereka di habitat asli jadi pemandangan yang sangat istimewa. Rangkong berkumpul di sebuah pulau kecil di lepas pantai Pulau Batanta dengan hutan bakau yang lebat dan sehat.

Pada sore hari menjelang matahari terbenam, burung Rangkong datang untuk bertengger di Pulau Hornbill. Kamu bisa melihat mereka terbang, hampir selalu berpasangan, dan menetap dengan kelompok.

Itu tadi enam tempat wisata terbaik di Raja Ampat yang wajib kamu kunjungi. Untuk terbang ke Raja Ampat, kamu bisa menggunakan maskapai Air Asia dan membeli tiketnya langsung di Traveloka. Hal ini berlaku bagi kamu yang tinggal di luar Pulau Papua.

Perlu diingat, untuk bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di atas, kamu perlu melalui perjalanan darat atau bahkan menyeberang dengan menggunakan kapal agar sampai ke tempat tujuan.