Brilio.net - Liburan adalah waktu yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang mulai jenuh dengan pekerjaan atau rutinitas harian yang membuat stres. Liburan kerap kali digunakan sebagai momen refreshing dan menyegarkan pikiran saat bosan datang. Semua orang mulai dari karyawan, anak sekolah, anak kuliah, hingga pengusaha dan pejabat, semua butuh liburan untuk melarikan diri dari penatnya aktivitas harian mereka.

Berwisata ke luar kota adalah salah satu hal yang bisa dilakukan saat liburan tiba. Salah satu destinasi kota wisata yang populer dan banyak dikunjungi adalah Kota Malang dan Batu. Tempat wisata di Malang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik dan populer di Indonesia. Ketika berkunjung ke tempat wisata di Malang, kita seakan tak pernah kehabisan ide untuk menentukan destinasi wisata yang ingin kita kunjungi.

Wisata di Malang memang sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata moderen, sampai wisata kuliner. Hawa dingin dan sejuk Kota Malang pun akan membuat kamu makin betah untuk menghabiskan waktu liburan di sini.

Selain Kota Malang, di daerah tersebut juga ada sebuah Kota yang letaknya tak jauh dari Kota Malang yang tak kalah menarik untuk dijadikan tempat wisata. Batu sendiri adalah sebuah kotamadya di Jawa Timur. Kota ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan. Dan masih banyak lagi tempat wisata di Batu yang mungkin belum dieksplorasi dan masih jarang dikunjungi. Batu sendiri punya banyak spot objek wisata yang keren mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata untuk spot foto yang kekinian, sampai sejuknya air terjun yang membuat pikiran tenang.

Nah, untuk menambah referensi wisata liburan kamu, brilio.net (02/11) telah merangkum 50 tempat wisata di Malang yang siap kamu kunjungi saat musim liburan datang.

1. Pantai Balekambang

Wisata Malang Istimewa

foto: girlsreflection.wordpress.com

Kalau Bali terkenal dengan Tanah Lot, maka di Malang juga memiliki Pantai Balekambang. Seperti halnya Tanah Lot, di pantai Balekambang ini kamu juga bisa menemukan pura yang berada di tengah laut bernama Pura Amarta yang berdiri di atas batu karang raksasa.

Wisatawan juga bisa berkunjung di pura di Pulau Ismoyo ini dengan melewati jembatan sepanjang 100 meter yang terhubung dari pantai. Tempat wisata di Malang ini berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Batur, Kabupaten Malang. Kamu cukup mengeluarkan Rp 15.000 untuk masuk di lokasi wisata ini.

2. Mata Air Sumber Sirah

Wisata Malang Istimewa foto: pinterest


Tempat wisata di Malang ini sangat cocok bagi para penggemar instagram. Karena wisata ini memiliki banyak spot foto yang instagramable banget. Di tempat ini, kamu akan mendapati keberadaan sumber mata air yang alami dan sangat jernih. Masih banyak ganggang dan ikan yang bebas berenang di Mata Air Sumber Sirah ini. Kamu bisa memperoleh foto underwater yang keren abis. Tempat wisata di Malang ini berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Tiket masuknya hanya Rp 1000 saja.

3. Pantai Ngliyep

Wisata Malang Istimewa foto: kanalmalang.net


Pantai Ngliyep menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang sudah populer sejak tahun 1980. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah seperti adanya Karang Bolong yang berupa batu karang raksasa dengan lubang besar di bagian tengahnya. Selain itu, pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan lembut. Di Pantai Ngliyep kamu juga bisa menemukan hutan lindung dengan suasana yang rindang dan sejuk. Lokasi tempat wisata Malang ini ada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Kamu hanya cukup membayar Rp 15.000 untuk masuk di pantai ini.

4. Pantai Tiga Warna

Wisata Malang Istimewa foto: kanalmalang.net

Pantai Tiga Warna ini adalah pantai yang masih terjaga benar kebersihannya. Pantai ini masuk dalam kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove. Selain itu, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang indah dan masih terjaga keasliannya. Pengelola memberlakukan peraturan yang ketat bagi pengunjung agar tak merusak keasrian Pantai Tiga Warna ini. Setiap pengunjung diharuskan membersihkan dan membawa sampah yang ia bawa sendiri. Lokasi tempat wisata di Malang ini ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Untuk masuk di pantai ini, kamu cukup membayar Rp 15.000 saja.

5. Pantai Goa Cina

Wisata Malang Istimewa foto: ngalam.co


Pantai Goa Cina merupakan wisata pantai yang memiliki pemandangan pasir putih yang bersih dan batu karang besar yang berlokasi beberapa meter di tepian pantai. Pantai ini memberikan pemandangan yang keren dan cocok untuk dijadikan spot foto bagi para penggemar fotografi karena di pantai ini kamu akan menemukan karang-karang yang bagus dan keren. Pantai ini berlokasi di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk masuk di wisata ini, kamu cukup merogoh kocek seharga Rp 4000 saja.

6. Pantai Sendang Biru

Wisata Malang Istimewa foto: ngalam.co


Di Pantai Sendang Biru, kamu bisa menggunakan layanan penyewaan perahu untuk menyeberang Pulau Sempu. Kamu bisa berkeliling di perairan sekitar pantai yang memiliki pasir putih yang cantk. Disini juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap seperti rumah makan dan toilet. Pantai Sendang Biru memang sudah terkenal sejak tahun 1970. Tempat wisata di Malang ini ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan tiket masuknya seharga Rp 10.000.

7. Pantai Bajul Mati

Wisata Malang Istimewa foto: malangtourguide.com


Pantai satu ini menjadi salah satu pantai yang bisa dikunjungi dengan mudah ketika menyusuri Jalan Lintas Selatan Pulau Jawa. Pasalnya, pantai ini hanya berada beberapa meter saja dari tepi jalan raya. Tak jauh dari pantai ini, terdapat sebuah jembatan yang menjadi tempat menarik berburu para fotografer. Pemandangan pantai disini pun tak kalah bagus, kamu bisa menemukan aliran muara sungai dengan air berwarna kehijauan tak jauh dari pantai. Hamparan pasir kecoklatan yang bersih juga membuat mata berdecak kagum. Tempat wisata di Malang ini terdapat di Kecamatan Gedangan. Kamu perlu mebayar Rp 4000 untuk masuk di pantai ini.

8. Alun-Alun Kota Malang

Wisata Malang Istimewa foto: ngalam.co


Alun-Alun Kota Malang bukan seperti alun-alun pada umumnya. Di sini kamu akan menemukan berbagai wahana permainan untuk semua usia. Ada area bermain untuk anak-anak, ada stand photobooth untuk mengabadikan momen bersama, ada pula gazebo untuk istirahat dan mengobrol santai, area skateboard, dan akses Wi-Fi gratis di tempat ini. Banyak juga penjual makanan ringan di sekitar sini yang bisa kamu nikmati jajanan khas Malang.

9. Waduk Selorejo

Wisata Malang Istimewa foto: ngalam.co


Waduk Selorejo ini adalah bendungan yang telah berdiri sejak tahun 1970 dan berada di ketinggian 600mdpl. Dengan ketinggian tersebut, lokasi di Waduk Selorejo ini menjadi sejuk dan segar. Ditambah, area di sekitar bendungan juga masih alami, dengan pepohonan yang rindang dan asri. Waduk ini juga memiliki perahu yang bisa kamu gunain untuk berkeliling waduk. Tempat wisata di Malang ini berada di Desa Selorejo, Kecamatan Ngantang. Untuk tiket masuk kamu cukup membayar Rp 10.000 saja.

10. Kebun Teh Wonosari

Wisata Malang Istimewa foto: pinterest

Kebun Teh Wonosari menjadi tempat wisata yang sangat sejuk seperti Puncak Bogornya Kabupaten Malang. Kebun teh ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda di tahun 1910. Kebun teh ini berada di ketinggian 950-1250 mdpl yang membuat udara dingin dan tenang dari suara bising kendaraan. Tempat wisata di Malang ini berada di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari. Untuk harga tiket, hari biasa adalah Rp 8.000 dan hari libur atau akhir pekan adalah Rp 12.000.

11. Sengkaling

Wisata Malang Istimewa foto: amazingmalang.id


Taman Sengkaling merupakan destinasi wisata yang sudah ada sejak dulu. Tempat ini didirikan oleh pria Belanda bernama Mr. Coolman pada tahun 1950. Di tempat wisata ini, kamu bisa menemukan keberadaan telaga buatan dengan ukuran yang sangat luas. Kamu bisa berenang, berendam di pemandian alami, dan melihat aneka satwa di Taman Sengkaling. Lokasi wisata di Malang ini terletak di Jl. Raya Mulyoagung Nomor 188, Mulyoagung. Harga tiketnya adalah Rp 25.000.

12. Hawaii Waterpark

Wisata Malang Istimewa foto: hawaiwaterpark.com


Hawaii Waterpark Malang dikenal sebagai salah satu wahana hiburan air terbesar di Jawa Timur. Di Tempat ini kamu bisa berseluncur di rainbow fall dengan ketinggian 15 meter. Di sini juga ada racing slide zone yang memungkinkan kamu untuk mencoba balapan berseluncur. Sesuai namanya, wahana permainan di sini juga di desain seperti Hawaii. Kamu bisa menemukan 2 wahana utama, yaitu Hawai Waterhouse dan Waikiki Beach di Hawaii Waterpark. Tempat wisata di Malang ini terletak di perumahaan Graha Kencana Raya, Jl. Raya Karanglo. Harga tiket masuk wisata ini dihari biasa adalah Rp 75.000 dan di akhir pekan atau hari libur adalah Rp 100.000.

13. Kampung Warna Jodipan

Wisata Malang Istimewa foto: ngalam.co


Wisata ini cocok buat kamu yang ingin mendapatkan foto instagram-able. Banyak spot di kampung yang penuh warna ini. Jembatan kaca yang dikenal sebagai Jembatan Embong Brantas menjadi salah satu spot menarik di kampung wisata ini. Di jembatan ini, kamu bisa melihat seluruh kampung Jodipan yang penuh warna ini. Lokasi Kampung Jodipan adalah Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbung, Kota Malang. Dan kamu cukup membayar Rp 2.000 saja untuk parkir.

14. Coban Nirwana

Wisata Malang Istimewa foto: kanalmalang.net

Coban Nirwana adalah air terjun cantik yang merupakan andalan tempat wisata di Malang. Coban Nirwana sendiri memiliki 2 tingkat air terjun yang indah sesuai namanya. Di bagian bawah terdapat kolam yang bisa kamu pakai untuk berendam di dalamnya . Ditambah air di air terjun ini sangat jernih yang membuat kamu makin segar saja menikmati wisata disini. Lokasi wisata ini terletak di Desa Sumberbende, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, dan kamu tidak perlu membayar untuk masuk di wisata ini alias gratis.

15. Banyu Anjlok

Wisata Malang Istimewa foto: kanalmalang.net


Air terjun Banyu Anjlok ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter yang alirannya secara langsung menuju laut lepas. Kamu bisa berfoto di bawah air terjun, atau bersantai di tepian pantai. Disini, kamu bisa berkemah, berkeliling pantai dengan perahu, atau menyelam. Banyu Anjlok terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Kamu cukup membayar Rp 5.000 untuk tiket masuk di Banyu Anjlok.

16. Sumber Krabyakan

Wisata Malang Istimewa foto: ngalam.co


Tempat wisata di Malang ini cocok untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga. Di sini, kamu bisa menemukan kolam air dari sumber yang alami dengan pemandangan hamparan sawah di sekitarnya. Kamu bisa berenang di kolam atau bermain sepeda air. Di lokasi ini ada warung makan, fasilitas terapi ikan, atau mandi bola. Harga tiket masuk disini cukup terjangkau, yaitu Rp 2.000 saja. Lokasi wisata ini terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Lawang.

17. Pantai Kedung Celeng

Wisata Malang Istimewa foto: malangtourguide.com

Pantai Kedung Celeng memiliki suasana pantai yang masih alami. Di sini kamu bisa melihat perairan yang jernih dengan terumbu karang warna-warni yang masih terjaga keasliannya. Para pengunjung bisa menghabiskan waktunya untuk menyelam hingga kedalaman 20 meter dari tepi pantai menikmati keindahan bawah laut dan biota ikan-ikan cantik di sekitar pantai. Tempat wisata di Malang ini berada di Jl Raya Banjarejo, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. Kamu cukup mengeluarkan uang Rp 5.000 untuk tiket masuk Pantai Kedung Celeng.

18. Taman Wisata Wendit

Wisata Malang Istimewa foto: panwis.com

Taman Wisata ini dikenal sebagai pemandian yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Konon, pemandian ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Katanya, petinggi kerajaan Majapahit seperti Hayam Wuruk kerap menghabiskan waktu di pemandian ini. Tempat wisata Malang ini berada di Jl. Raya Wendit Timut, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis. Kamu cukup membayar Rp 15.000 untuk masuk di wisata ini.

19. Candi Singasari

Wisata Malang Istimewa

foto: malangkab.go.id

Candi Singasari dikenal sebagai candi peninggalan Kerajaan Singasari di Malang. Tak jauh dari sini, kamu bisa menemukan dua arca Dwapala yang berfungsi sebagai patung penjaga gerbang. Disini, banyak spot foto yang menarik dan cocok untuk wisata edukasi. Lokasi wisata ini ada di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Kamu cukup membayar Rp 5.000 untuk masuk ke tempat wisata Malang yang bersejarah ini.

20. Coban Jahe

Wisata Malang Istimewa foto: malang.guidance

Coban Jahe menjadi pilihan tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi di Kota Malang. Coban Jahe memiliki nama lain Air Terjun Begawan, air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 45 meter yang membuatnya terlihat menjulang dan megah. Namun, karena alasan keamanan, pengunjung tak diperbolehkan untuk mandi di bawah air terjun. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan river tubing di Sungai Jahe yang alirannya berasal dari Coban Jahe. Lokas wisata ini berada di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Dan kamu cukup membayar Rp 5.000 saja untuk masuk di lokasi wisata Malang yang sungguh asri.

21. Pantai Lenggoksono

Wisata Malang Istimewa foto: blog.darmawisataindonesia.co.id

Pantai yang satu ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang hobi memancing, Pantai Lenggoksono dikenal sebagai pantai yang menjadi rumah bagi bermacam-macam hewan laut, utamanya adalah udang, lobster, ikan dan cumi-cumi. Selain memancing, pantai ini juga menjadi lokasi berselancar yang asik. Pantai ini terletak di Dusun lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Untuk bisa masuk ke pantai ini, kamu cukup membayar Rp 5.000 saja.
 
22. Pemandian Kalireco

Wisata Malang Istimewa foto: amazingmalang.id

Untuk kamu yang ingin berendam menikmati air segar alami, kamu bisa berkunjung ke Pemandian Kalireco. Air disini sangat jernih dan bersih. Hanya saja, tetap jaga kebersihan ketika kamu akan berendam di kolam air ini agar tidak menganggu wisatawan lainnya. Tidak perlu membayar untuk masuk di tempat wisata di Malang yang akrab bagi sebagian besar warga ini. Pemandian Kalireco terletak di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

23. Coban Pelangi

Wisata Malang Istimewa foto: malang.guidance

Coban Pelangi menjadi destinasi wisata yang menyejukkan karena terletak di ketinggian 1.300 mdpl. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 110 meter dan di sekitarnya masih menjadi lingkungan yang alami. Karena air terjun ini masih berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Disini kamu juga bisa berkuda dan berkemah. Wisata ini terletak di Desa Gubug Klalah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Dan kamu cukup membayar Rp 10.000 untuk retribusi masuk di lokasi wisata di Malang yang sangat diandalkan ini.

24. Pantai Selok

Wisata Malang Istimewa foto: pantainesia.com

Pantai ini memiliki ciri khas berupa gugusan batu karang alami yang besar dan tertata secara rapi. Selain itu, pantai ini memiliki hamparan pasir yang cukup luas, membuatnya jadi pilihan menarik sebagai tempat wisata di Malang. Disini juga cocok untuk melakukan sesi foto pre-wedding. Pantai ini terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Harga masuk di pantai ini adalah Rp 5.000 saja.

25. Coban Sewu

Air terjun ini terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang. Di air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 180 meter yang memiliki aliran yang deras. Dinamai Coban Sewu karena air terjun ini memiliki aliran air yang sangat banyak. Di sini suasananya sangat sejuk, bukan hanya air terjun yang alami, namun disini banyak sekali pepohonan yang rindang. Tempat wisata di Malang ini berada di Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Kamu cukup membayar Rp 5.000 saja untuk bisa masuk ke air terjun Coban Sewu.

26. Pantai Batu Bengkung

Wisata Malang Istimewa foto: malangchannel.com

Pantai Batu Bengkung adalah spot yang tepat bagi kamu yang ingin melihat sunset. Di sini, kamu akan menemukan batu karang yang terbentuk seperti kolam air alami yang bisa kamu pakai untuk bersantai. Namun, aktivitas ini hanya bisa dilakukan ketika air sedang surut. Di sini tidak boleh sembarangan untuk mandi di pantai, karena di Pantai Batu Bengkung memiliki ombak yang besar dan berbahaya. Kamu bisa saja berenang saat Tim SAR memberikan tanda aman untuk berenang. Tempat wisata Malang ini terletak di Jalur Lintas Selatan, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, dan tiket masuknya seharga Rp 7.500 saja.

27. Coban Gintung

Wisata Malang Istimewa foto: amazingmalang.id

Air terjun ini memiliki daya tarik lebih karena selain memiliki aliran air yang jernih. Di tempat wisata Malang yang diandalkan ini juga terdapat sebuah gua peninggalann zaman purba. Gua ini menjadi tempat bagi kelelawar hitam yang memiliki bau yang menyengat. Daya tarik air terjun ini adalah kolam air dengan warna kebiruan dibawah air terjun ini. Kamu bisa terjun dari atas menuju kolam air ini, tentunya akan sangat segar, bukan? Untuk bisa datang ke tempat ini  kamu cukup membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 saja.

28. Taman Kelinci

Untuk kamu yang ingin merasakan sensasi liburan di negeri dongeng, kamu bisa berkunjung ke Taman kelinci di Malang. Suasana Taman Kelinci ini seperti yang ada di film Lord of The Rings, banyak rumah-rumah mungil yang biasa dipakai tempat tinggal para hobbit. Disini, kamu bisa bermain dengan kelinci-kelinci yang berkeliaran di lokasi ini. Taman Kelinci terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Kamu cukup membayar Rp 15.000 untuk masuk ke Taman Kelinci.

29. Museum Malang Tempo Doeloe

Wisata Malang Istimewa foto: dolandolen.com


Bagi pecinta sejarah, Museum Malang Tempo Doeloe ini adalah pilihan yang tepat. Di tempat wisata Malang yang bersejarah ini kamu bisa memperoleh kesempatan untuk mempelajari sejarah Kota Malang secara runtut. Pasalnya, ada 3 area yang masing-masing memiliki koleksi di zaman yang berbeda. Yaitu Malang di zaman purbakala, Malang di zaman Kerajaan, dan Malang pada zaman masa penjajahan. Lokasi Museum ini berada di Jl. Gajahmada, Kidung Dalam, Klojen, Kota Malang.

30. Kampung Keramik Dinoyo

Wisata Malang Istimewa foto: ngalam.co

Kampung Keramik Dinoyo bisa menjadi salah satu tempat wisata Malang bagi kamu yang ingin memiliki koleksi keramik yang unik. Di tempat ini, kamu bisa memilih beragam bentuk dan jenis keramik khas buatan wara Dinoyo yang sudah berdiri sejak tahun 1957. Kerajinan keramik disini memiliki beragam bentuk, seperti cangkir, piring, vas bunga dan berbagai macam souvenir lainnya. Kampung Keramik Dinoyo terletak di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

31. Museum Brawijaya

Wisata Malang Istimewa foto: ngalam.co

Museum Brawijaya menjadi tempat yang menarik untuk menyaksikan beragam koleksi peralatan militer, Peralatan militer yang ditampilkan di museum ini juga beragam jenis, bentuk dan ukuran. Kamu bisa menemukan tank buatan Jepang yang dirampas oleh Arek Suroboyo pada masa penjajahan dulu. Disini juga memperlihatkan peninggalan masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Lokasi Museum ini berada di Jl. Ijen Nomor 2A, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Kamu cukup membayar Rp 3.000 untuk masuk ke salah satu andalan tempat wisata Malang ini.

32. Rimba Raya Bee Farm

Wisata Malang Istimewa foto: ngalam.co

Bagi kamu yang ingin berwisata edukasi bersama anak kecil, tempat ini bisa jadi pilihan kamu untuk liburan. Di tempat wisata Malang untuk keluarga ini, kamu bisa belajar cara pengembangbiakan lebah. Kamu juga bisa memanen madu asli langsung dari sarangnya. Untuk masuk ke sini, tidak membayar tiket masuk alias gratis. Tempat wisata ini terletak di Jl. Dr. Wahidin Nomor 8, Lawang, Malang.

33. Malang Night Paradise

Wisata Malang Istimewa foto: wisatakaka.com

Untuk tempat wisata di Malang khususnya malam hari, kamu bisa berkunjung ke Malang Night Paradise. Di sini kamu bisa menjumpai berbagai macam wahana hiburan seperti Taman Dinosaurus, Taman Lampion, Dragon Ridesm Twister Robotic dan masih banyak lagi. Lokasi Malang Night Paradise Jl. Graha Kencana Raya Nomor 66, Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Untuk masuk di wisata ini, kamu harus membayar Rp 25.000 di hari biasa, dan Rp 35.000 di akhir pekan.

34. Taman Dolan Batu

Wisata Malang Istimewa foto: ayopododolan.blogspot.com

Taman Dolan Batu adalah tempat wisata di Malang yang menjadi lokasi hiburan bagi anak-anak untuk bermain berbagai jenis permainan tradisional. Selain bermain, wisatawan juga bisa belajar memasak menggunakan peralatan masak tradisional ala Jawa. Selain itu, di sini ada pula kolam renang segar yang airnya berasal dari sumber mata air pegunungan. Taman Dolan Batu terletak Jl. Raya Pandanrejo Nomor 308, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Di sini, kamu cukup membayar Rp 5.000 saja.

35. Kampung Tridi

Wisata Malang Istimewa foto: jatimzone.com

Selain Jodipan, ada kampung unik yang bernama Kampung Tridi. Di sini, kamu bisa menyaksikan kampunng yang berhiaskan lukisan 3D yang unik. Kamu bisa berfoto dengan latar yang instagram-able yang kekinian banget. Lokasi kampung ini ada di Jl. Temenggunan Ledok, Kesatrian, Kecamatan, Blimbing, Kota Malang. Untuk berfoto di tempat wisata Malang ini, kamu perlu membayar dengan harga Rp 3.000 saja.

36. Predator Fun Park

Predator Fun Park menyediakan wahana edukasi dan permainan yang menyenangkan bagi anak-anak. Di sini, anak-anak bisa belajar sekaligus bermain. Disini kamu juga bisa mendapat pengetahuan tentang beragam jenis buaya yang ada di berbagai penjuru dunia. Di sini ada beragam permainan waterboom, croco train, galeri buaya, family fun housem saung angklung, extreme trampoline, dan banyak kegiatan outbond. Tempat wisata ini terletak di Jl. Raya Tlengkung, Nomor 315, Junrejo, Kota Batu. Biaya untuk masuk di lokasi wisata di Malang ini adalah Rp 30.000.

37. Museum Angkut

Wisata Malang Istimewa foto: jtp.id

Museum Angkut menjadi salah satu destinasi favorit orang-orang ketika berkunjung ke Kota Batu. Di sini, kamu bisa melihat koleksi berbagai macam transportasi dari berbagai zaman. Di sini, kamu juga bisa mandapat area yang dibentuk dengan suasana dari berbagai benua di dunia. Tempat wisata ini tida jauh dari Kota Malang. Museum Angkut terletak di Jl. Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu.

38. Omah Kayu

Wisata Malang Istimewa foto: ngalam.co

Omah Kayu menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang cocok kalau kamu ingin foto-foto. Di sini banyak sekali spot foto yang bikin foto kamu makin instagram-able. Kamu akan diajak untuk berkunjung ke area rumah yang sengaja dibuat dari bahan kayu dengan lingkungan yang asri. Udara di sekitar sini juga sejuk karena berada di daerah tinggi di Kota Batu. Omah Kayu terletak di Jl. Gunung Banyak, Gunungsari, Kota Batu. Untuk masuk kesini, kamu harus membayar Rp 5.000

39. Batu Night Spectacular

Wisata Malang Istimewa foto: wisatamalang.com

Batu Night Spectacular atau BNS menjadi pilihan tempat wisata di Malang dan sekitarnya terutama saat Malam. Tempat ini menyediakan beragam wahana permainan yang membuat kamu akan betah berada disana hingga menjelang malam hari. Di BNS sendiri banyak wahana seperti rumah kaca, ice skatin, sepeda angin, galeri hantu, magic bouncem rodeo dan lainnya. Disini juga ada Lampion Garden yang cocok dijadikan spot foto terbaikmu. Terletak di Jl. Hayam Wuruk Nomor 1, Oro-Oro Ombo, Kota Batu. Harga tiketnya adalah Rp 24.000.

40. Taman Selecta

Wisata Malang Istimewa foto: malangchannel.com

Taman Selecta menjadi wisata favorit di Malang dan sekitarnya karena taman ini sudah ada sejak tahun 1930. Dan kini Taman Selecta memiliki fasilitas yang kian lengkap. Disini ada kolam renang dan taman bunga yang luas berhampar bunga warna warni yang memanjakan mata. Kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Arjuna dan Panderman di kejauhan. Taman Selecta berada di Jl Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Untuk masuk ke Taman Selecta, kamu harus membayar biaya sebesar Rp 30.000.

41. Coban Talun

Wisata Malang Istimewa foto: malangnews.com

Di sini kamu bisa menemukan pemandangan alami yang sejuk dengan air terjun yang indah serta pepohonan yang rindang. Kini, Coban Talun juga memiliki beberapa fasilitas penunjang yang disiapkan untuk membuat wisatawan lebih nyaman. Di Coba Talun juga terdapat taman bunga warna-warni yang cantik. Kamu juga berkesempatan untuk berkemah di daerah sekitar Coban Talun. Untuk lokasinya sendiri, Coban Talun berada di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Harga tiket masuknya senilai Rp 10.000

42. Goa Pinus

Wisata Malang Istimewa foto: dolanjatim.com

Seperti namanya, goa ini dikelilingi pohon pinus yang menjulang tinggi. Kamu harus menundukkan badan ketika masuk goa ini karena ketinggian goa ini hanya mencapai 1 meter saja. Selain wisata goa, hutan pinus di sekitar sini juga siap membuat kamu segar kembali. Saat ini juga sudah banyak gardu pandang untuk spot foto yang instagram-able banget. Terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kamu hanya membayar Rp 5.000 saja untuk masuk di kawasan Goa Pinus.

43. Alun-Alun Batu


Tak cuma Alun-Alun Malang saja, Alun-Alun Batu juga memiliki daya tarik wisata yang tak kalah keren. Di sini terdapat ferris wheel yang bisa kamu gunain untuk melihat pemandangan pusat Kota Batu dari ketinggian. Disini juga banyak penjual makanan tradisional yang melegenda di kawasan Kota Batu.

44. Wisata Paralayang

Wisata Malang Istimewa foto: malang-merdeka.com

Buat kamu yang mengaku punya jiwa petualang, kamu bisa mencoba pengalaman paralayang di tempat wisata Malang dan sekitarnya yaitu Gunung Banyak. Di tempat ini, kamu bisa menikmati keindahan seluruh Kota Malang dan Batu dari ketinggian. Disini sudah ada instruktur bagi kamu yang baru pertama kali mencoba paralayang. Wisata ini terletak di Jl. Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Harga tiket masuknya senilai Rp 10.000, dan jika kamu ingin mencoba sensasi paralayang, kamu harus merogoh kocek lumayan dalam sekitar Rp 350.000 hingga Rp 500.000.

45. Jatim Park 1

Wisata Malang Istimewa foto: jtp.com

Beragam wahana permainan di Jatim Park 1 selalu menjadi pilihan tepat liburan bareng keluarga di Malang. Ada sekitar 53 wahana permainan yang bisa dimainkan bersama keluarga kamu. Lokasi Jatim Park 1 ada di Jl. Kartika, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.  Harga tiketnya adalah Rp 60.000

46. Jatim Park 2

Wisata Malang Istimewa foto: nolimitadventure.com


Jatim Park 2 menyediakan berbagai objek wisata yang terbagi menjadi 3 area. Yaitu ada museum satwa, secret zoo, dan eco green park. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan koleksi di Jatim Park 2 ini. Terletak di Jl. oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Harga tiket masuknya adalah Rp 72.000.

47. Masjid Tiban Turen

Wisata Malang Istimewa foto: ilovemalang.net

Masjid Tiban Turen selain menjadi tempat ibadah, masjid ini kerap digunakan sebagai wisata bagi kamu yang ingin punya foto keren berlatar belakang masjid ala Timur Tengah. Banyak mitos yang bilang bahwa pada masa pembangunannya, masjid ini dibantu oleh para jin. Namun kenyataannya, masjid ini dikelola oleh salah satu pondok pesantren disini. Jika kamu ingin mengunjungi masjid ini, kamu bisa ke Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

48. Wisata Petik Apel

Wisata Malang Istimewa foto: ongtravel.com

Apel memang menjadi buah khas Malang, serasa tidak lengkap jika wisata di Malang namun tidak membeli buah apel. Di Wisata Petik Apel, kamu bisa memetik apel langsung dari pohon pilihanmu sendiri bersama keluarga atau teman-teman kamu. Disini masih asri dan udaranya yang sejuk. Selain mmetik apel, kamu juga bisa melakukan kegiatan flying fox, ATV, outbond dan lainnya. Tempat wisata di Malang ini terletak di Jl. Pangeran Diponegoro Nomor 24, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Untuk tiket masuknya sendiri adalah Rp 30.000-Rp 50.000.

49. Museum Tubuh

Museum Tubuh menjadi wisata edukatif bagi anak-anak sekolah agar mengenal bagian-bagian tubuh. Ada 7 area yang bisa dikunjungi yaitu cadaver, teeth zone, eyes zone, heart zone, become a doctor, medichal check up gratis dan 3D cinema. Museum Tubuh berada di Jl. Kartika Nomor 2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Untuk masuk ke Museum Tubuh kamu harus bayar Rp 42.000 untuk tiket masuknya.

50. Wisata Tubing Wringinanom

Wisata Malang Istimewa foto: malang-merdeka.com

Disini kamu bisa merasakan river tubing yang seru dengan pemandangan yang masih asri. Terdapat 2 jalur river tubing yang disediakan, masing-masing memiliki panjang jalue 3km dan 5km. Wisata river tubing di Sungai Amprong ini memiliki aliran yang cukup deras, namun pengunjung diberikan perlengkapan keamanan selama kegiatan river tubing. Terletak di Desa Wringinanom, Poncokusumo, Malang dan biaya untuk melakukan tubing adalah Rp 85.000 - Rp 125.000.

mgg: Renno Hadi Ananta