Brilio.net - Terlepas dari destinasi wisata yang dikunjungi, traveler dapat dibedakan berdasarkan jenis tas yang dibawa saat bepergian, yaitu wisatawan dengan tas ransel atau backpack dan wisatawan dengan koper.

Ransel diminati oleh banyak wisatawan karena kemudahan dan kepraktisannya, terutama bagi wisatawan dinamis dengan jiwa petualang yang suka menjelajahi destinasi-destinasi menantang. Lain halnya dengan wisatawan yang lebih suka membawa koper, kenyamanan merupakan poin terpenting ketika bepergian. Wisatawan jenis ini cenderung menyukai kegiatan berwisata yang terorganisir.

Bagi kamu yang sering bepergian, ransel atau koper adalah saksi bisu dan sekaligus menyimpan kenangan menarik kamu selama berwisata. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kualitas bahan dari ransel dan koper sangat diperlukan, sehingga kamu dapat terus membawa teman bepergian dalam waktu lama.

Seorang traveler sekaligus pemilik Pressto Indonesia yang merupakan penyedia layanan Laundry dan Bags Spa, Regiana Widjaja, mengatakan saat bepergian, koper bersentuhan langsung dengan berbagai hal dan berpotensi untuk tergores, kotor, bahkan rusak, sehingga diperlukan tindakan preventif dan perawatan setelah pemakaian untuk menjaga ketahanan dari koper tersebut.

Ia pun memiliki tips untuk merawat segala jenis ransel dan koper. Seperti dikutip dari siaran pers yang brilio.net terima, Rabu (17/10), berikut tips merawat tas dan koper agar tetap awet.

1. Gunakan pelindung koper dan ransel

Lindungi koper dan ransel kamu dengan kain atau plastik pelindung. Beberapa produsen koper dan ransel menyediakannya saat pembelian. Jika tidak ada, Anda dapat membelinya atau pun menggunakan layanan plastic wrapping di bandara. Untuk koper atau ransel berbahan kulit, kamu dapat menambahkan pelembab kulit khusus tas untuk menjaga kelembaban saat bepergian.

2. Hindari over-capacity

Jangan memasukkan barang-barang ke dalam ransel atau koper secara berlebihan yang dapat mengakibatkan kelebihan beban atau bahkan merusak bentuk dari tas tersebut. Susunlah barang bawaan kamu di dalam ransel atau koper secara rapi.

"Beban yang terlalu berat dapat merusak roda koper bahkan berpotensi merobek kain pada ransel yang Anda bawa. Oleh karena itu, cermatlah ketika melakukan packing," katanya.

3. Bersihkan langsung setelah penggunaan

Debu dan kotoran pasti akan melekat di bagian dalam dan luar koper dan ransel kamu, sehingga perlu langsung dibersihkan setelah digunakan.

"Kotoran yang terlalu lama dapat meresap ke dalam serat bahan koper dan ransel, sehingga menjadi noda permanen yang sulit untuk dibersihkan. Tidak ada noda bukan berarti bersih. Di Pressto, kami memastikan bahwa setiap tas yang kami tangani dibersihkan secara menyeluruh, termasuk menghilangkan bakteri dan kuman dengan teknologi mesin ultraviolet yang kami miliki," tambahnya.

4. Kembalikan pesona koper dan ransel dengan re-coloring

Banyak traveler yang kerap kali mengeluhkan kopernya yang tergores atau memudar karena sering digunakan. Solusi re-coloring atau pewarnaan kembali bisa menjadi jalan untuk mengembalikan kondisi koper dan ransel kamu. Bahkan, kamu juga dapat menggunakan layanan ini untuk mengganti warna koper favorit kamu, sehingga akan tampak seperti baru dan siap untuk melakukan perjalanan baru lagi.

5. Simpanlah ditempat yang sejuk dan kering

Penyimpanan menjadi langkah terpenting untuk menjaga kondisi koper dan ransel kamu, terutama untuk menghindari jamur dan bau apek yang mengganggu. Oleh karena itu, gunakan kain pelindung dan jauhkan koper dan ransel kamu dari tempat penyimpanan yang lembab.