Brilio.net - Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran tahun ini. Tujuannya untuk meminimalisir penularan Covid-19. Kendati begitu, hasrat untuk mengunjungi sanak keluarga di kampung halaman tetap tinggi. Maklum, lebaran merupakan ritual tahunan untuk menjalin tali persaudaraan dan saling bermaafan. 

Meski sudah ada larangan mudik, namun pemerintah masih membolehkan masyarakat untuk mengunjungi keluarga di wilayah aglomerasi, tapi tetap mengedepankan protokol kesehatan.      

Buat mereka yang ingin bersilaturahmi dengan sanak saudara yang tinggal tak terlampau jauh, sepeda motor menjadi pilihan utama moda transportasi karena dianggap praktis.

Nah berikut lima tips aman berkendara untuk bersilaturahmi saat Lebaran ala Yamaha Indonesia.

1. Memakai perlengkapan berkendara yang sesuai

Meski jarak yang akan ditempuh tidak telalu jauh, tetap gunakan perlengkapan berkendaraa agar anggota keluarga aman dan nyaman terlindung dari cuaca seperti sinar matahari yang terik. Jadi selama perjalanan wajib menggunakan jaket, celana panjang, sarung tangan, sepatu dan helm standar SNI.

2. Mengatur posisi berkendara dengan baik

Jika membawa anak sangat disarankan agar si buah hati berada di belakang pengemudi. Posisi anak yang berada di depan pengemudi dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara. Selain itu apabila si anak berada di depan akan terkena langsung hembusan angin dan debu.

3. Mengemudi secara nyaman

Mengatur kecepatan kendaraan bermotor sesuai eco indicator akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Perlu diperhatikan juga kondisi berboncengan, pengemudi harus mengatur putaran gas secara konstan, menjaga akselerasi dan pengereman yang lembut akan membuat pembonceng merasa nyaman.

4. Mematuhi peraturan lalu lintas

Sebagai orang tua kita juga wajib memberian contoh yang baik kepada anak. Salah satunya dengan mematuhi rambu rambu dan peraturan lalu lintas yang berlaku. Hal ini juga penting untuk keselamatan kita selama perjalanan.

5. Pilih sepeda motor yang ramah untuk keluarga

Bagi yang ingin berkendara yang ramah untuk keluarga, gunakan motor dari keluarga generasi 125. Khususnya Yamaha GEAR 125 dapat menjadi salah satu pilihan ideal saat berkendara bersama anak.

Hal ini karena Yamaha GEAR 125 memiliki inovasi pijakan kaki anak sehingga membuat posisi kaki lebih nyaman. Yamaha GEAR juga memiliki 2 cantelan dan bagasi yang luas. Bisa digunakan untuk menyimpan sajadah yang digunakan setelah sholat Ied.