Brilio.net -  Yogyakarta selain dikenal sebagai kota pelajar, juga popular sebagai daerah yang kaya ragam budaya otentik Jawa. Nggak heran jika di Kota Gudeg ini banyak ditemui berbagai destinasi wisata sejarah dan edukasi.

Wajar jika Jogja menjadi salah satu wilayah favorit untuk mereka yang gemar mempelajari sejarah masa lalu. Selain itu di kota ini juga banyak tempat menyenangkan untuk dikunjungi.

Nah jika Sobat Brilio berencana traveling ke Jogja, nggak ada salahnya mengunjungi lima tempat menarik ini. Selain kamu bisa belajar sejarah, tempat ini juga bisa banget lho untuk memberikan edukasi menarik untuk si buah hati.

1. Keraton Yogyakarta

Wisata Jogja © 2018 brilio.net (id.wikipedia.org)

Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika ingin belajar sejarah Jawa otentik. Di dalam bangunan yang sudah dibangun sejak ratusan tahun silam ini terdapat banyak sekali jejak sejarah di era zaman kerajaan. Kamu bisa menyaksikan barang peninggalan di museum, pertunjukan seni tradisional yang masih asli, kehidupan para abdi dalem, dan kemagisan istana Raja Jawa yang tidak bisa ditemukan di mana saja.

2. Candi Prambanan

Wisata Jogja © 2018 brilio.net (id.wikipedia.org)

Candi Prambanan memiliki dua daya tarik yang bisa kamu jadikan alasan untuk berkunjung ke sana. Pertama, candi ini memiliki relief yang indah dan bangunan yang sangat megah. Berkeliling saja bisa membuat kamu kagum dan enggan rasanya pulang tanpa berfoto.

Selanjutnya candi ini juga memiliki pertunjukan Sendratari Ramayana saat malam hari pada hari genap. Kamu bisa menyaksikan pertunjukan kolosal ini dengan latar belakang yang epik.

3. Taman Pintar

Wisata Jogja © 2018 brilio.net (tamanpintar.co.id)

Taman Pintar letaknya tidak jauh dari Malioboro. Taman ini memiliki keunikan karena berisi banyak sekali ilmu pengetahuan baru yang menarik untuk siapa saja tidak terkecuali kamu yang sudah dewasa.

Beberapa permainan di dalam Taman Pintar ada yang bisa dimainkan secara gratis. Namun, beberapa yang lain memiliki tarif tertentu yang tidak terlalu mahal untuk kantong anak muda atau pelajar.

4. Benteng Vredeburg

Wisata Jogja © 2018 brilio.net (id.wikipedia.org)

Benteng Vredeburg lokasinya tidak jauh dari Taman Pintar dan Nol Kilometer Jogja. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan benteng era kolonial yang masih terawat baik. Di benteng ini kamu bisa menjelajah di berbagai penjuru untuk melihat arsitektur kuno dan berburu foto.

5. Desa Wisata Wukirsari

Wisata Jogja © 2018 brilio.net (wukirsari.bantulkab.go.id)

Tradisi membuat wayang dari kulit sapi sudah ada di Desa Wukirsari sejak ratusan tahun silam. Tradisi ini tetap mengakar hingga sekarang dan dilanjutkan oleh generasi baru. Mereka tidak mau melupakan tradisi membuat wayang yang kulit dan jarang ditemui di daerah lain meski itu di Jogja. Di sini kamu bisa melihat pembuat wayang secara tradisional.  Selain itu di desa ini juga ada tempat untuk berwisata kuliner.

Nah jika kamu ke Jogja nggak seru tanpa menginap. Di kota ini banyak banget kok penginapan yang menawarkan harga bersahabat. Banyak hotel di Jogja yang siap menyambut kamu dengan fasilitasnya yang lengkap.

Salah satu hotel murah yang cukup direkomendasikan di Jogja adalah akomodasi dalam jaringan Airy. Hotel dalam jaringan ini menawarkan fasilitas berupa kamar mandi dalam lengkap dengan air hangat dan perlengkapannya. Selanjutnya ada televisi layar datar, pendingin ruangan AC, Wi-Fi, kasur yang bersih dan air mineral gratis.

Kamu bisa memesan hotel murah itu di website resminya atau melalui aplikasi yang ada pada ponsel Android dan iOS. Pastinya, dengan menyewa hotel dengan harga terjangkau di atas, kamu bisa menghemat bujet dan menikmati kenyamanan berwisata di Jogja. Selamat merencanakan liburan!