Brilio.net - Jalan-jalan ke pantai kurang lengkap rasanya kalau belum menikmati indahnya momen matahari tenggelam. Momen yang jadi favorit banyak orang ini paling pas dinikmati di kawasan wisata pegunungan atau pesisir pantai.

Pemandangan epik dari semburat matahari tenggelam yang berpadu dengan kumpulan awan seolah memberi ketenangan. Pesona sendunya warna senja menciptakan kesan romantis dan nuansa magis.

Sayang banget rasanya kalau momen ini berlalu begitu saja tanpa diabadikan. Namun, untuk mengabadikan keindahan sunset tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan untuk memotret sunset, terlebih jika kamu menggunakan kamera smartphone.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (25/3), berikut ini lima teknik antigagal untuk memotret sunset hanya bermodal smartphone.

1. Siapkan peralatan secara matang.

teknik anti gagal foto momen sunset © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Momen sunset biasanya tidak berlangsung lama. Karena itu, sebaiknya kamu sudah berada di lokasi minimal 30 menit sebelum matahari tenggelam.

Sambil menunggu, persiapkan segala sesuatu dengan matang. Mulai dari peralatan yang digunakan, berburu spot foto yang tepat, hingga mengatur setting kamera agar mendapat hasil foto yang maksimal.

2. Gunakan wide angle atau telefoto.

teknik anti gagal foto momen sunset © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kebanyakan smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan dua hingga empat kamera. Wide angle dan telefoto merupakan beberapa lensa yang sering ditemukan di berbagai smartphone. Kamu bisa memanfaatkan dua lensa kamera ini untuk menangkap momen sunset.

Lensa wide angle mampu mengambil foto dengan ruang pandang yang lebih luas. Hasilnya, foto akan terlihat lebih lebar dengan objek yang berada di tengah tampak lebih jauh.

Sementara, lensa telefoto memungkinkanmu memotret foto dari jarak jauh. Lensa ini memiliki focal length yang lebih panjang dibanding kamera biasa. Jadi, kamu bisa memotret objek kecil dan jauh dengan sangat detail serta tetap berkualitas.

3. Atur cahaya kamera jadi low exposure.

teknik anti gagal foto momen sunset © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Setting kamera smartphone yang tepat bisa membantu menghasilkan foto sunset memukau. Untuk mendapatkan foto matahari tenggelam, atur cahaya kamera menjadi low exposure. Caranya dengan menurunkan ISO serendah mungkin, memperkecil bukaan aperture (f), dan meninggikan kecepatan shutter.

Jika cahaya semakin minim, kamu dapat menaikkan shutter speed secara perlahan hingga mendapat komposisi yang sesuai keinginan. Lalu, saat matahari semakin tenggelam dan kondisi menjadi lebih gelap, ISO juga harus diubah menyesuaikan keadaan. Sebaiknya, besaran ISO maksimum hanya mencapai angka 400 karena di atas itu akan memicu noise.

Saat memotret sunset dengan kehadiran unsur manusia, manfaatkan fitur flash kamera agar wajah bisa terlihat tanpa merusak warna sunset.

4. Manfaatkan golden hour untuk foto portrait.

teknik anti gagal foto momen sunset © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Manfaatkan golden hour sebelum matahari tenggelam untuk mengambil foto diri atau portrait. Momen dengan cahaya jingga yang lembut dan tersebar itu akan memberi efek menawan pada hasil foto.

Golden hour jadi momen tepat untuk menciptakan foto portrait yang menawan. Jangan sampai melewatkan momen ini. Abadikan foto portrait lebih mudah dengan bantuan kamera canggih Oppo Reno7 5G.

teknik anti gagal foto momen sunset © 2022 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Oppo Reno7 5G mempunyai teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mampu membuat kedalaman bidang (depth of field). Teknologi ini memberi pengalaman layaknya saat mengambil foto menggunakan lensa DSLR dengan bukaan lebar. Fitur profesional ini memungkinkanmu untuk memotret dengan bukaan lebar mulai dari f 0.95 hingga f 0.16.

Foto dari fitur potrait bokeh ini dihasilkan sejumlah proses yang melibatkan prosesor pengolah grafis (NPU), sensor kamera, dan pengolah gambar yang didukung AI. Hasilnya, foto dengan efek blur atau bokeh yang mulus dan terkesan lebih alami.

teknik anti gagal foto momen sunset © 2022 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Kamera memang jadi keunggulan Oppo Reno7 5. Perangkat ini dibekali tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera bokeh 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Untuk selfie, Oppo Reno7 5G hadir dengan kamera 32 MP.

Ada juga fitur Selfie HDR & Portrait Retouching yang membuat foto dari kamera depan memiliki detail tajam serta jernih. Selain itu, fitur Portrait Retouching dengan tepat bisa mengenali titik spesifik pada wajah dan melakukan penghapusan noda seperti bekas jerawat.

Pada bagian baterai, smartphone ini disematkan 4.500 mAh di dalamnya. Ukuran baterai yang besar ini didukung pengisian daya super cepat 65W SUPERVOOC. Mengisi penuh baterai hanya diperlukan waktu 31 menit. Oppo Reno7 5G bisa menemani menjalani beragam aktivitas seharian penuh.

teknik anti gagal foto momen sunset © 2022 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Aktivitas streaming dan menjelajahi media sosial makin nyaman berkat layar AMOLED dan resolusi Full HD Plus sebesar 6,43 inci. Membawa prosesor Mediatek Dimensity 900, Oppo Reno7 5G jadi smartphone yang mumpuni untuk multitasking sehari-hari. Belum lagi, kapasitas penyimpanan luas sebesar RAM 8GB dengan teknologi ekspansi hingga 5GB dan penyimpanan internal 256GB.

Masih penasaran dengan spesifikasi Oppo Reno7 5G? Klik di sini untuk tahu lebih lengkap.

5. Foto berulang dan jangan lengah.

teknik anti gagal foto momen sunset © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Memotret matahari tenggelam memang seperti berkejaran dengan waktu. Untuk itu, jangan sampai lengah dan usahakan mengambil banyak foto dari berbagai angle dan posisi. Dengan begitu kamu akan memiliki beberapa opsi hasil foto yang bisa dipilih.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)